Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Instal Aplikasi ARKAS Versi 3.3 Di Laptop Yang Baru

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Cara Instal Aplikasi ARKAS Versi 3.3 Di Laptop Yang Baru

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

RKAS atau yang biasa juga disebut dengan ARKAS merupakan suatu aplikasi dari Kemendikbud yang dirancang untuk membuat rencana belanja sekolah dari total Dana BOS yang diterima selama satu tahun.

Semua kegiatan belanja yang ada didalam aplikasi ARKAS sangatlah lengkap sesuai dengan 8 standar yang telah ditetapkan dalam pengelolaan Dana BOS sekolah. Untuk mengetahui berapa jumlah dana BOS yang diterima oleh sekolah, maka dapat dihitung berdasarkan jumlah siswa yang tertera pada aplikasi dapodik dikali 960.000 untuk per siswanya.

Dan aplikasi ARKAS ini pun bisa mengalami perubahan sesuai dengan jumlah data siswa terbaru yang ada di aplikasi dapodik per 31 AGUSTUS 2022. Untuk pengerjaan ARKAS ini tentu hal utama yang harus dilakukan adalah membuat kertas kerja dan membiarkan server mengambil data siswa berdasarkan sinkronisasi dapodik per 31 Agustus 2021 kemarin.

Perlu diketahui bahwa Aplikasi RKAS atau ARKAS telah merilis versi terbarunya untuk tahun 2022 ini, yaitu ARKAS versi 3.3. Jadi, bagi satuan pendidikan yang belum mendownload ARKAS versi terbaru, bisa mendownloadnya terlebih dahulu pada website https://rkas.kemdikbud.go.ig/unduhan

Oh ya, untuk aplikasi ARKAS ini tidak perlu mendownload ulang aplikasinya apabila dilaptop anda telah terinstal aplikasi ARKAS versi sebelumnya. Anda tinggal membuka aplikasi ARKAS terdahulu, hubungkan laptop dengan internet, dan tunggu hingga proses updaternya selesai. Namun, yang menjadi permasalahan adalah bagaimana jika aplikasi ARKAS harus diinstal di laptop terbaru yang belum ada apalikasi ARKASNYA? Apa yang harus dilakukan dan bagaimana caranya?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut berikut mimin akan tulisan langkah-langkah untuk mengatasinya:

Cara Instal Aplikasi ARKAS Versi 3.3 Di Laptop Yang Baru

Berikut langkah yang harus dilakukan untuk menginstal aplikasi ARKAS terbaru versi 3.3 dilatop yang baru. Yaitu:

  1. Silahkan download aplikasi ARKAS/RKAS versi 3.3 https://rkas.kemdikbud.go.ig/unduhan
  2. Lakukan penginstalan terhadap aplikasi ARKAS versi 3.3 yang telah anda downdload tadi hingga prosesnya selesai
  3. Setelah proses instalasi selesai dilakukan, selanjutnya lakukan restore database ARKAS sebelumnya. Untuk langkah restore ini akan mimin tuliskan dibagian bawah
  4. Setelah proses restore berhasil dilakukan, silahkan buka kembali aplikasi ARKAS versi 3.3 yang tadi diinstal
  5. Maka akan muncul NAMA SEKOLAH, NPSN dan KODE AKTIVASI. Nah, untuk kode aktivasi ini bisa diminta kepada dinas pendidikan yang menjadi admin untuk permasalahan ARKAS/RKAS
  6. Setelah proses input KODE AKTIVASI dilakukan, silahkan pilih OK hingga muncul keterangan “Aplikasi ARKAS/RKAS berhasil terpasang”
  7. Selanjutnya silahkan anda Login pada aplikasi ARKAS yang ada dengan memasukkan username dan password sesuai dengan ARKAS terdahulu, dan jangan lupa untuk tahun anggarananya yang dipilih adalah tahun 2022.

Catatan: Cara restore database ARKAS, misalkan Aplikasi ARKAS lama telah terpasang di laptop yang lama, dan Aplikasi ARKAS baru telah terpasang pada laptop yang baru. Pada laptop yang lama silahkan pilih menu “SEARCH” yang ada dibagian sebelah kiri bawah bagi pengguna Windows 10 dan tuliskan %appdata% lalau kemudian tekan ENTER. Pilih folder ArtTech, double klik maka akan terlihat folder dengan nama RKAS, itulah yang dinamakan database ARKAS/RKAS. SARAN DARI MIMIN, SEBELUM INSTAL APLIKASI ARKAS TERBARU DI LAPTOP YANG BARU, TERLEBIH DAHULU UPDATE APLIKASI ARKAS DI LAPTOP YANG LAMA AGAR NANTINYA MENDAPATKAN DATABASE ARKAS/RKAS YANG TERBARU. Untuk RESTORE DATABASE tinggal ganti aja lagi folder RKAS yang ada dilaptop terbaru dengan yang telah dicopy dari laptop yang lama tadi, dengan cara yang sama: pilih menu SEARCH, tuliskan %appdata%, pilih folder ArtTech, double klik, dan folder RKAS silahkan dipindahkan kepenyimpanan lain, lalu PASTE kan folder RKAS dari laptop yang lama tadi. Dan satu lagi untuk memulai install aplikasi ARKAS ini jangan lupa untuk menghubungkan dengan internet atau secara online. 

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan tentang Cara Instal Aplikasi ARKAS Versi 3.3 Di Laptop Yang Baru. Bagi anda yang mengetahui cara lain untuk melakukan instalasi aplikasi RKAS/ARKAS dilaptop yang baru, maka agar sekiranya bersedia untuk berbagi dengan menuliskannya di kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.

Mungkin itu saja yang dapat mimin tuliskan, semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami.


Posting Komentar untuk "Cara Instal Aplikasi ARKAS Versi 3.3 Di Laptop Yang Baru"