Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[TERBARU] Cara Memeriksa Aktivasi Akun Belajar.id Yang Dimiliki

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

[TERBARU] Cara Memeriksa Aktivasi Akun Belajar.id Yang Dimiliki

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Siapa yang tidak mengenal akun Belajar.id? Tentu bagi setiap satuan pendidikan tidak asing lagi dengan yang namanya akun Belajar.id ini. Akun Belajar.id atau bisa juga disebut dengan akun pembelajaran merupakan email khusus yang diberikan oleh Kemendikbud guna untuk dapat membantu peserta didik dan juga tenaga kependidikan dalam memberikan materi pembelajaran.

Berbagai macam platform telah disediakan setelah melakukan aktivasi akun Belajar.id. Dan bagi tenaga kependidikan (guru) platform ini sangat bermanfaat dalam membantu proses belajar-mengajar, terlebih lagi seperti diera digital sekarang ini.

Untuk mengetahui akun Belajar.id yang dimiliki kita dapat mendownloadnya pada laman https://pd.data.kemdikbud.go.id login dengan menggunakan akun yang digunakan untuk aplikasi dapodik. Setelah berhasil login, silahkan pilih menu unduhan untuk mendownload file akun Belajar.id milik peserta didik dan juga milik Tenaga Kependidikan (Guru/PTK) masing-masing sesuai dengan yang terdaftar pada aplikasi dapodik.

Setalah akun Belajar.id dimiliki, maka tahap selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengaktifkannya agar semua platform yang telah disediakan dapat dimanfaatkan oleh orang yang memiliki akun Belajar.id tersebut.

Cara Mengaktifkan Akun Belajar.id

Berikut mimin tuliskan kembali cara mudah untuk mengaktifkan akun Belajar.id yang dimiliki, yaitu:

  1. Setelah memiliki akun Belajar.id, selanjutnya silahkan login pada laman Gmail.com
  2. Kemudian untuk username silahkan isikan dengan alamat akun Belajar.id yang dimiliki, misalnya xxxxx@guru.sd.belajar.id dan passwordnya
  3. Setelah berhasil login, maka anda akan dimintanya untuk melakukan perubahan password yang dimiliki dengan menggunakan karakter yang telah ditetapkan, seperti adanya huruf kapital, huruf kecil, angka dan juga tanda baca (!, @, $, #)
  4. Setelah anda berhasil merubah passwordnya, maka secara otomatis akun Belajar.id yang dimiliki anda telah aktif dan dapat dipergunakan untuk memanfaatkan berbagai macam platform yang telah disediakan.

Catatan: INGAT apabila anda merubah password akun Belajar.id yang lama dengan yang baru, maka INGATLAH untuk mencatatnya agar nanti ketika ingin login pada laman Belajar.id anda tidak pusing mencari password yang telah digunakan.

Lantas setelah melakukan aktifasi akun Belajar.id, apa yang selanjutnya harus dilakukan bagi pemilik akun?

Menurut mimin yang dapat anda lakukan adalah melakukan pemeriksaan terhadap akun Belajar.id yang dimiliki, apakah statusnya “SUDAH AKTIF” atau “BELUM AKTIF”.

Cara Memeriksa Aktivasi Akun Belajar.id Yang Dimiliki 

[TERBARU] Cara Memeriksa Aktivasi Akun Belajar.id Yang Dimiliki

Berikut cara untuk memeriksa aktivasi akun Belajar.id yang telah anda miliki dan telah anda aktifkan tadi, yaitu:

  1. Silahkan login pada laman https://belajar.id
  2. Pada bagian beranda akan terdapat kolom isian, seperti: Nama Isian Sesuai Dapodik, Nama Ibu Kandung, Tipe Pengguna (Peserta Didik atau Tenaga Kependidikan), Tanggal Lahir dan terakhir NPSN Sekolah.
  3. Setelah semua kolom terisi dengan benar, selanjutnya silahkan pilih “Periksa Akun Pembelajaran”
  4. Maka akan muncul nama anda, akun Belajar.id yang dimiliki, lalu statusnya “SUDAH AKTIF” apabila akun Belajar.id yang dimiliki telah melakukan aktivasi seperti yang telah mimin tuliskan diatas
  5. Apbila statusnya “SUDAH AKTIF” maka sudah bisa dipastikan bahwa akun Belajar.id yang anda gunakan benar-benar telah aktif dan layak dipergunakan untuk mengakses berbagai macam platform yang telah disediakan.   

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan tentang Cara Memeriksa Aktivasi Akun Belajar.id Yang Dimiliki. Dan bagi anda yang telah memiliki akun Belajar.id dan telah melakukan aktifasi, maka agar sekiranya dapat melakukan pemeriksaan terhadap akun Belajar.id yang dimiliki seperti langkah yang telah mimin tuliskan diatas. 

Terakhir Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami.

Posting Komentar untuk "[TERBARU] Cara Memeriksa Aktivasi Akun Belajar.id Yang Dimiliki "