Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menautkan Akun Pembelajaran Dengan SIMPKB Tahun 2022

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Cara Menautkan Akun Pembelajaran Dengan SIMPKB Tahun 2022

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Berdasarkan informasi yang beredar dan berdasarkan Surat Edaran Dirjen GTK No. 0679/B.B5/GT.01.15/2022, seluruh guru dan tenaga kependidikan yang telah terdaftar pada SIMPKB agar menautkan akun belajar.id-nya pada data personal pengguna yang ada pada SIMPKB hingga paling lambat sampai tanggal 12 Maret 2022.

Jadi, berdasarkan edaran tersebut diharapkan setiap satuan pendidikan agar segera melakukan penautan antara akun belajar.id dengan SIMPKB, hal ini dilakukan agar pengaksesan pada website SIMPKB tidak hanya dilakukan dengan akun SIMPKB yang dimiliki, tetapi juga dapat diakses dengan dengan menggunakan akun belajar.id yang dimiliki.

Akun belajar.id atau sering juga disebut dengan akun pembelajaran merupakan akun elektronik dengan memuat nama akun (user ID) dan password yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan juga tenaga kependidikan sebagai akun yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk mengakses berbagai macam layanan pembelajaran bebrbasis website yang telah disediakan oleh pemerintah, khususnya Kemendikbud Ristek.

Tentunya syarat utama agar mendapatkan akun pembelajaran (belajar.id) ini, baik pendidik maupun tenaga kependidikan harus terdaftar terlebih dahulu pada aplikasi dapodik yang digunakan oleh setiap satuan pendidikan.

Untuk mendapatkan akun pembelajaran ini, operator sekolah dapat mendownloadnya pada laman website https://pd.data.kemdikbud.go.id dengan menggunakan akun operator sekolah yang sudah didaftarkan pada laman https://sdm.data.kemdikbud.go.id. Adapun cara downloadnya, adalah:

  1. Setelah berhasil login, pada laman utama silahkan isi nomor NPSN sekolah hingga muncul nama sekolah
  2. Apabila nama sekolah sudah muncul, silahkan di klik
  3. Lalu pilih menu PTK untuk mendownload akun pembelajarannya
  4. Dan setelah memiliki akun pembelajaran masing-masing, silahkan login pada laman GMAIL dengan menggunakan akun pembelajaran (belajar.id) tadi untuk mengganti password dengan karakter penulisan yang telah ditentukan dan mudah diingat
  5. Setelah berhasil merubah/mengganti password akun pembelajaran, maka sudah bisa dipastikan bahwa akun pembelajaran anda telah aktif.

Karena cara menautkan akun pembelajaran dengan SIMPKB ini terbilang masih baru, berikut mimin akan berikan langkah mudahnya untuk melakukan proses penautan dan tentunya bisa dilakukan secara mandiri tanpa bantuan operator sekolah.

Cara Menautkan Akun Pembelajaran Dengan SIMPKB Tahun 2022 

Perlu anda ketahui istilah menautkan itu memiliki makna dengan menghubungkan atau mengintegrasikan, antara akun SIMPKB yang dimiliki dengan akun Pembelajaran (belajar.id) yang dimiliki. Sehingga setelah berhasil menautkan antara keduanya, maka akun tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengakses laman SIMPKB. Apabila anda lupa username atau password akun SIMPKB yang mengakibatkan gagalnya untuk login, maka dapat menggunakan akun Pembelajaran yang telah ditautkan tersebut sebagai alternatif untuk login.

Adapun cara menautkan akun pembelajaran dengan SIMPKB, yaitu:

  1. Silahkan kunjungi website https://akun.simpkb.id
  2. Setelah berhasil login, silahkan pilih atau klik tombol Selengkapnya yang ada pada kolom Integrasi Layanan
  3. Pada laman kelola data integrasi layanan SIMPKB, silahkan pilih tombol TAUTKAN
  4. Maka sistem akan otomatis mengarahkan anda pada laman login akun pembelajaran, silahkan isikan username dan password sesuai dengan email akun pembelajaran yang anda miliki
  5. Setelah berhasil login, pada otomatis akan terdapat keterangan “TERTAUTKAN” yang menandakan bahwa akun pembelajaran anda telah tertaut atau terhubung dengan akun SIMPKB dan sudah bisa digunakan untuk login
  6. Dan silahkan pilih menu HAPUS apabila anda ingin melepas tautan antara akun pembelajaran dengan akun SIMPKB yang dimiliki.

Untuk lebih jelasnya, berikut mimin berikan langkah-langkahnya dalam bentuk gambar dari awal hingga akhir, yaitu:

Cara Menautkan Akun Pembelajaran Dengan SIMPKB Tahun 2022

Cara Menautkan Akun Pembelajaran Dengan SIMPKB Tahun 2022

Cara Menautkan Akun Pembelajaran Dengan SIMPKB Tahun 2022

Cara Menautkan Akun Pembelajaran Dengan SIMPKB Tahun 2022

Cara Menautkan Akun Pembelajaran Dengan SIMPKB Tahun 2022

Download panduan cara menautkan akun pembelajaran dengan SIMPKB disini

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan tentang Cara Menautkan Akun Pembelajaran Dengan SIMPKB Tahun 2022. Dan perlu diketahui bahwa menautkan akun pembelajaran dengan SIMPKB ini terbilang cara baru untuk bisa login pada laman SIMPKB masing-masing yang ada ditahun 2022. Maka dari itu, setiap sekolah diharuskan untuk menautkan akun pembelajaran yang dimilikinya pada SIMPKB masing-masing sebelum tanggal ketentuan berakhir. 

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami.

Posting Komentar untuk "Cara Menautkan Akun Pembelajaran Dengan SIMPKB Tahun 2022"