Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Verifikasi Data ANBK Tahun 2021

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Cara Verifikasi Data ANBK Tahun 2021

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Berdasarkan surat edaran tertanggal 28 Januari 2022 dengan nomor surat 0047/H4/PG.00.02/2022 perihal Verifikasi Data ANBK 2021, maka diharapkan agar setiap satuan pendidikan segera melakukan konfirmasi terhadap keikut sertaan siswanya dalam kegiatan ANBK, kemudian melengkapi data siswa yang masih kurang lengkap, melakukan konfirmasi Kepsek dan Pendidik, dan juga mengenai hasil dari Survei Lingkungan Belajar yang telah diisikan pada waktu lalu.

Mengenai Survei Lingkungan Belajar ini, bagi Kepala Sekolahdan Guru yang telah mengisikan kuesioner Survei Lingkungan Belajar kemarin tingkat pengisiannya kurang dari 80% maka akan melakukan pengisian Survei Lingkungan Belajar susulan. Dan bagi yang tingkat pengisian kuesioner Survei Lingkungan Belajarnya 80% atau bahkan lebih maka besar kemungkinan tidak lagi mengisikan kuesioner.

Adapun bagi satuan pendidikan diharapkan segera melakukan konfirmasi kelengkapan data keikutsertaan AN pada kolom konfirmasi bagi moda online dan moda semi online.

Bagi yang menggunakan moda online, maka dapat melakukan konfirmasi sebagai berikut:

  • Tidak hadir (jika siswa TIDAK HADIR saat pelaksanaan AN)
  • Tidak melaksanakan (jika satuan pendidikan TIDAK MELAKSANAKAN AN)
  • Melaksanakan (jika satuan pendidikan melaksanakan AN)

Adapun yang menggunakan moda Semi Online, maka dapat melakukan konfirmasi sebagai berikut:

  • Belum upload/upload ulang (jika belum upload atau sudah upload tetapi datanya masih kurang – akses upload data dibuka pada tanggal 31 Januari – 12 Februari 2022)
  • Tidak Hadir (jika siswa TIDAK HADIR pada saat pelaksanaan AN)
  • Tidak Melaksanakan (jika satuan pendidikan TIDAK MELAKSANAKAN AN)

Adapun cara melakukan verifikasi data ANBK Tahun 2021, berikut akan mimin tuliskan langkah-langkahnya.

Cara Verifikasi Data ANBK Tahun 2021

  1. Untuk melakukan verifikasi data ANBK 2021, silahkan kunjungi website https://anbk.kemdikbud.go.id, login dengan menggunakan akun lembaga atau satuan pendidikan yang dimiliki
  2. Setelah berhasil login, silahkan lakukan verifikasi data peserta didik dengan memilih menu Konfirmasi Peserta Didik yang ada disebalah kiri. Dan untuk lebih detailnya mengenai menu Konfirmasi Peserta Didik ini, kita dapat terlebih dahulu memilih menu Penjelasan agar nantinya tidak terdapat kekeliruan saat melakukan konfirmasi.
  3. Selanjutnya lakukan verifikasi data Kepala Sekolah dan Pendidik pada menu konfirmasi Kepala Sekolah dan Pendidik yang ada disebalah kiri atau lebih tepatnya dibawah menu konfirmasi peserta didik. Dan untuk lebih detailnya mengenai menu Konfirmasi Peserta Didik ini, kita dapat terlebih dahulu memilih menu Penjelasan agar nantinya tidak terdapat kekeliruan saat melakukan konfirmasi.
  4. Setelah menu konfirmasi peserta didik, kepala sekolah dan pendidik telah di verifikasi (dicek kebenaran datanya), selanjutnya melengkapi data AN dengan langkah sebagai berikut:

  • Mengunggah kekurangan data peserta didik sesuai dengan petunjuk yang telah ada di website https://anbk.kemdikbud.go.id. Adapun waktu untuk mengunggah data akan dibuka mulai tanggal 31 Januari hingga tanggal 12 Februari 2022
  • Mengisi instrument (kuesioner) Survei Lingkungan Belajar bagi Kepala Satuan Pendidikan dan Pendidik yang tingkat pengisiannya dibawah dari 80%. Adapun waktu untuk mengikuti pengisian Survei Lingkungan Belajar susulan dimulai pada tanggal 7 – 18 Februari tahun 2022. 

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan tentang Cara Verifikasi Data ANBK Tahun 2021. Verifikasi ini bertujuan untuk memastikan kebenaran data hasil dari kegiatan ANBK yang telah dilakukan kemarin dan sebagai bahan untuk mendapatkan Rapor Pendidikan, khususnya pada bagian Literasi dan Numerasi. Dan untuk informasi yang lebih jelasnya dapat diakses melalui laman https://anbk.kemdikbud.go.id

Mungkin itu saja yang dapat mimin tuliskan, semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami.

Posting Komentar untuk "Cara Verifikasi Data ANBK Tahun 2021"