Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ CARA CEK DATA SISWA PENERIMA PIP TAHUN 2022

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

√ CARA CEK DATA SISWA PENERIMA PIP TAHUN 2022

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

PIP merupakan program bantuan dari Kemndikbud Ristek kepada siswa yang telah diusulkan oleh pihak sekolah untuk menerima bantuan melalui aplikasi dapodik yang digunakan.

Program PIP ini sejatinya adalah bantuan yang diberikan kepada siswa berupa uang tunai yang bisa dicarikan melalui Bank yang menjadi penyalur dana PIP, misalnya Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Untuk besaran dana PIP yang diterima oleh setiap siswa berbeda setiap tingkatnya, misalnya siswa yang berada ditingkat akhir Sekolah Dasar kelas 6 menerima dana PIP sekitar Rp 225.000 dan bagi siswa Sekolah Dasar kelas 1-5 yang menjadi penerima PIP mendapatkan sekitar Rp 450.000.

Dan dengan adanya dana PIP yang didapatkan oleh siswa diharapkan bisa dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan atau keperluan siswa dalam bersekolah.

Dan ditahun 2022 ini, lebih tepatnya disemester genap tahun pelajaran 2021/2022 setiap sekolah dapat melakukan pengecekan terhadap siswa yang berhak menerima dana PIP. Setelah mengetahui siswa penerima PIP 2022, pihak sekolah dapat membuatkan surat pengantar yang nantinya dibawa ke Bank sebagai syarat administrasi pencairan dana PIP. Selain membawa surat pengantar dari sekolah, siswa penerima PIP juga membawa fotokopi sampul rapor sebagai identitas diri siswa penerima PIP.

Bagi anda yang ingin melakukan pengecekan terhadap siswa penerima PIP tahun 2022, berikut mimin tuliskan cara atau langkah-langkahnya:

CARA CEK DATA SISWA PENERIMA PIP TAHUN 2022

√ CARA CEK DATA SISWA PENERIMA PIP TAHUN 2022

  1. Silahkan klik link berikut: https://pip.kemdikbud.go.id/session
  2. Lalu pilih tipe login PIP Enterprise sebagai Sekolah
  3. Maka akan muncul 2 pilihan login, yaitu 1) Login menggunakan NPSN (menggunakan NPSN dan Kode Registrasi Sekolah), dan 2) Login menggunakan SSO Dapodik (menggunakan username dan password dapodik)
  4. Setelah berhasil login, silahkan pilih menu “Siswa SK Pemberian” yang ada disebelah kanan
  5. Pilih tahun 2022, lalu “semua” tahap penerima PIP dan terakhir klik menu Filter, maka otomatis data siswa penerima PIP tahun 2022 akan dimunculkan. Disini tahap siswa penerima PIP tahun 2022 ada tahap 1 dan tahap 6.
  6. Silahkan klik tanda “+” untuk melihat detail informasi, dari tanggal pencairan PIP, Nomor Rekening, Kode Virtual Account dan sebagainya.
  7. Selanjutnya anda dapat mendownload langsung data siswa penerima PIP 2022 melalui menu download yang ada dibagian bawah.

Download Contoh Surat Pengantar Untuk Pencairan PIP Tahun 2022 Disini

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagika mengenai cara cek data siswa penerima PIP tahun 2022. Setelah mengetahui data siswa penerima PIP tahun 2022, selanjutnya pihak sekolah dapat melakukan tindakan lanjutan agar proses pencairan dana PIP dapat dilakukan oleh siswa itu sendiri dengan didampingi orangtuanya atau bisa saja pihak sekolah yang membantu mengambilkan dana PIP siswa terlebih dahulu secara kolektif, baru setelah itu menyerahkannya kepada siswa. Dan proses pencairan dana PIP siswa tahun 2022 ini paling cepat adalah tanggal 14 maret 2022.

Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.   

Posting Komentar untuk "√ CARA CEK DATA SISWA PENERIMA PIP TAHUN 2022"