Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ CARA HAPUS DATA RUANGAN DI DAPODIK 2022

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

√ CARA HAPUS DATA RUANGAN DI DAPODIK 2022

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Mungkin sering menjadi pertanyaan diantara para operator sekolah mengenai cara hapus data ruangan yang ada didapodik dikarenakan ruangan tersebut benar-benar tidak dimiliki oleh sekolah.

Misalnya didalam aplikasi dapodik terdapat nama ruangan UKS atau ruangan Laboratorium, padahal sekolah yang bersangkutan tidak memiliki kedua ruangan tersebut. Lantas bagaimana cara menghapusnya? Inilah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para operator sekolah untuk mengatasi hal tersebut.

Sebelum melakukan penghapusan terlebih dahulu pihak sekolah agar dapat melakukan pengecekan terhadap data yang diinputkan pada aplikasidapodik dan tentunya sesuai dengan keadaan riil dilapangan, bukan dari data hasil isian secara sembarangan. Jika memang tidak memiliki ruangan seperti laboratorium atau ruangan UKS, maka isikan dengan tidak memilikinya. Dan bagi sekolah yang terlanjur sudah pernah mengisikan jenis ruangan dengan nama UKS atau laboratorium maka dapat melakukan penghapusan.

Penghapusan ruangan ini tidak bisa dilakukan secara langsung seperti halnya menghapus jenis alat-alat yang ada di dapodik, untuk menghapus jenis ruangan maka kita harus membuat nama samara dari sebuah bangunan. Berikut mimin tuliskan cara hapus data ruangan di dapodik 2022 yang sedang digunakan ini.

CARA HAPUS DATA RUANGAN DI DAPODIK 2022

√ CARA HAPUS DATA RUANGAN DI DAPODIK 2022

  1. Silahkan pilih menu tanah dan bangunan
  2. Klik menu tanah, agar menu bangunan yang ada dibagian bawah bisa aktif
  3. Selanjutnya silahkan pilih menu “TAMBAH” yang ada dibagian bangunan
  4. Silahkan isi Jenis Prasarana dengan memilih “Bangunan”, kolom nama bisa diisikan dengan “Data Dummy, Data Salah atau sesuai keinginan anda”, tahun dibangun silahkan diisikan sesuai keinginan misalnya tahun 2021 atau tahun 2022 atau sesuai dengan kondisi banguanan anda, dan terakhir isikan Tgl SK Pemakaian. Apabila sudah diisikan klik menu SIMPAN, maka otomatis data banguan akan muncul ditampilan
  5. Setelah data bangunan muncul, selanjutnya pilih menu “Ruangan”, pilih Ruangan yang akan dihapus, misalnya Ruangan Laboratorium atau Ruangan UKS, silahkan diklik dan pilih menu UBAH
  6. Setelah memilih menu UBAH pada poin nomor 5 diatas, selanjutnya silahkan pilih kolom Bangunan sesuai dengan yang diulah tadi, misalnya “Data Dummy atau Data Salah”, apabila sudah silahkan klik menu SIMPAN, maka secara otomatis data Ruagan Laboratorium dan UKS akan masuk kedalam data bangunan dummy atau data slah yang telah anda buat tadi
  7. Selanjutnya silahkan anda kembali ke menu tanah dan bangunan, lalu dibagian bawah pada menu bangunan silahkan pilih dan klik nama bangunan yang telah ditambahkan tadi (data dummy atau data salah), lalu pilih menu “HAPUS PEMBUKUAN” yang ada dibagian atas, maka akan muncul menu isian alasan penghapusan.
  8. Pada menu isian penghapusan silahkan anda geser kebagian bawah hingga menu “HAPUS BUKU”, pada menu HAPUS BUKU isikan dengan memilih KOREKSI DATA dan untuk tanggal hapus buku pilih tanggal sekarang. Terakhir pilih SIMPAN
  9. Setelah anda memilih SIMPAN pada poin nomor 8 diatas, maka secara otomatis data bangunan yang baru saja ditambahkan tadi akan hilang dan begitu juga dengan nama ruangan yang telah dipilih untuk dihapuskan akan hilang. 

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagika mengenai cara hapus data ruangan di dapodik 2022. Bagi anda yang ingin menghapus ruangan yang ada didapodik 2022 lantaran memang tidak memiliki jenis ruangan tersebut, maka dapat mengikuti cara atau langkah-langkah yang telah mimin tuliskan diatas. Dan bagi anda yang ingin berbagai mengenai cara menghapus ruangan didapodik 2022, maka dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. 

Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.   

Posting Komentar untuk "√ CARA HAPUS DATA RUANGAN DI DAPODIK 2022"