Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[TERBARU] CARA RESET PASSWORD AKUN BELAJAR GURU

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

[TERBARU] CARA RESET PASSWORD AKUN BELAJAR GURU

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Setiap PTK (guru) yang terdaftar pada aplikasi dapodik berhak untuk mendapatkan akun Belajar yang mana akun Belajar ini memiliki beragam manfaat untuk kegiatan pembelajaran.

Akun Belajar yang dimiliki oleh guru diberikan langsung oleh Kemendikbud dan dengan akun tersebut guru dapat mengakses berbagai macam kegiatan yang telah disediakan oleh Kemendikbud. Mulai dari media-media untuk pembelajaran, hingga untuk mengikuti berbagai macam pelatihan yang tentunya sangat berguna bagi guru tersebut.

Akun Belajar yang dimiliki harus diupdate passwordnya setelah login pada https://gmail.com untuk pertama kalinya. Untuk password baru yang digunakan mengandung beberapa karakter tulisan, seperti mengandung huruf kapital, huruf kecil, dan mengandung tanda baca (!, @, #, $).

Lantas apa jadinya jika password yang telah dibuat lupa tulisannya? Tentu ini menjadi permasalahan banyak orang yaitu lupa password akun Belajar.id yang dimiiki. Apakah ada solusi untuk mengatasi bagi yang lupa password akun Belajar?

[TERBARU] CARA RESET PASSWORD AKUN BELAJAR GURU

[TERBARU] CARA RESET PASSWORD AKUN BELAJAR GURU

[TERBARU] CARA RESET PASSWORD AKUN BELAJAR GURU

[TERBARU] CARA RESET PASSWORD AKUN BELAJAR GURU

Jawabanya tentu ada solusi untuk mengatasi yang lupa password akun Belajar, berikut mimin tuliskan langkah atau cara reset password akun belajar yang dimiliki guru, yaitu:

  1. Silahkan login pada laman https://gmail.com dengan menggunakan akun admin
  2. Setelah berhasil login, silahkan anda pilih tanda titik-titik yang ada dipojok atas sebelah kanan
  3. Selanjutnya silahkan pilih menu dengan nama “ADMIN” dan langsung di klik
  4. Pada menu ADMIN, silahkan anda pilih menu Users (Add or manage users)
  5. Selanjutnya silahkan anda cari nama guru yang akan di reset password akun Belajarnya dan agar lebih mudah anda dapat memanfaatkan menu “SEARCH” yang ada dibagian atas dengan menuliskan nama guru yang bersangkutan
  6. Setelah menuliskan nama guru secara benar, maka akan muncul data guru tersebut lengkap dengan akun Belajar yang dimilikinya. Silahkan anda klik nama guru yang bersangkutan lalu pilih RESET PASSWORD
  7. Kemudian akan muncul keterangan reset password, silahkan anda pilih “automatically generate a password” dan pilih RESET
  8. Setelah itu akan muncul tampilan dengan keterangan “Reset password successful”
  9. Untuk mengetahui password barunya, silahkan anda klik tanda mata yang ada disampingnya dan silahkan di copy kesuatu file atau silahkan dicatat agar mudah diingat
  10. Terakhir silahkan pilih DONE untuk kembali kehalaman berikutnya

Catatan: Khusus untuk akun Belajar guru hanya dapat direset dengan menggunakan akun admin dan yang bertindak sebagai admin adalah kepala sekolah. Jadi, selama akun admin masih bisa diakses maka proses untuk reset password bagi yang lupa tetap bisa dilakukan. Tetapi, jika akun admin lupa tentu ini akan terasa sulit untuk reset password bagi seoarang guru dan akun admini tersebut harus direset oleh Kemendikbud. Dan setelah berhasil reset password selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengganti atau mengupdate password tersebut dengan yang baru dan yang mudah kita ingat. Kemudian anda juga dapat mengirimkan hasil RESET Password tadi pada email aktif yang digunakan untuk disimpan.        

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagika mengenai cara reset password akun belajar guru. Yang mana untuk reset password ini dapat dilakukan melalui akun admin atau akun kepala sekolah, dan anda bisa saja meminta bantuan kepala sekolah untuk meresetkan password akun belajar yang dimiliki lantaran lupa.

Bagi anda yang mengetahui cara lain untuk melakukan reset password pada akun belajar, maka agar sekiranya berkenan untuk berbagi dengan menuliskannya dikolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.

Dan semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.   

Posting Komentar untuk "[TERBARU] CARA RESET PASSWORD AKUN BELAJAR GURU"