Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ CARA VERVAL DATA SISWA SECARA MANDIRI TAHUN 2022

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

√ CARA VERVAL DATA SISWA SECARA MANDIRI TAHUN 2022

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Selain guru, verval juga bisa bisa dilakukan untuk siswa dengan tujuan memastikasn data individu siswa sudah sesuai dengan data yang ada di DUKCAPIL. Proses verval siswa dilakukan untuk melakukan pengecekan data siswa, seperti data orang tua, tempat tanggal lahir siswa, NIK siswa maupun data individu siswa yang lainnya.

Kemudian verval data siswa ini dapat dilakukan secara madniri oleh siswa itu sendiri melaluilaman https://nisn.data.kemdikbud.go.id. Verval data dilakukan oleh siswa dengan memeriksa kebenaran Data, seperti Nama Siswa, NIK Siswa, Tempat dan Tanggal Lahir, Serta Data Orang Tua. Untuk melakukan verval, siswa dapat menyiapkan Kartu Keluarga (KK) maupun AKTA LAHIR sebagai pembanding dari data yang ditampilkan.

CARA VERVAL DATA SISWA SECARA MANDIRI TAHUN 2022

Berikut cara atau langkah verval data siswa tahun 2022 yang dilakukan secara mandiri, yaitu:

  1. Kunjungi laman website berikut https://nisn.data.kemdikbud.go.id 
  2. Pada kolom isian silahkan Ketik NISN dan Nama Ibu sesuai dengan yang ada di Kartu Keluarga (KK) maupun AKTA LAHIR. Kemudian Klik Captcha, dan Klik Cari Data. Apabila terdapat kolom yang berwarna MERAH itu menandakan bahwa isian pada kolom ada yang keliru penulisannya atau tidak sesuai dengan data yang terdapat pada aplikasi dapodik, untuk itu perbaikan data dapat dilakukan terlebih dahulu pada aplikasi dapodik yang digunakan oleh sekolah atau melakukan koordinasi dengan operator sekolah sebagai petugas pendataan sekolah
  3. Setelah tampil isian yang muncul, silahkan anda cek Nama, Tempat Lahir, Tangga Lahir, dan Jenis Kelamin.
  4. Untuk melakukan proses validas, ketik NPSN sekolah, Ketik Tanggal Lahir, Ketik NIK, klik pada Captcha yang Muncul, dan Klik Lihat Data
  5. Isikan data NIK ayah, Nama Ayah, NIK Ibu, Nama Ibu, Lokasi Lintang dan Bujur Rumah. Lalu Klik "Disini untuk Validasi Data"

Catatan: Untuk Data Wali dapat diisi apabila siswa yang bersangkutan tinggal terpisah dengan orangtuanya. Data Wali diisikan sesuai dengan yang tertera pada Kartu Keluarga (KK) yang bersangkutan, apabila data wali terdapat perbedaan maka hal yang bisa dilakukan adalah dengan menanyakan secara langsung datan mana yang akan digunakan dan diisikanuntuk siswa.

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagika mengenai cara melakukan verval data siswa secara mandiri tahun 2022. Verval verval juga bisa bisa dilakukan untuk siswa dengan tujuan memastikasn data individu siswa sudah sesuai dengan data yang ada di DUKCAPIL.

Verval data siswa ini sangat penting untuk dilakukan agar data siswa yang terekam benar-benar valid kebenarannya dan apabila terdapat kesalahan atau kekeliruan maka dapat segera diperbaiki dengan melaporkannya pada operator sekolah. Selain itu yang perlu anda ketahui adalah sekarang aplikasi dapodikyang digunakan oleh sekolah sudah terhubung dengan DUKCAPIL, sehingga apabila data siswa ada yang invalid maka dapat langsung memperbaikinya melalui DUKCAPIL setempat. Misalnya, NIK siswa yang terekam ganda atau invalid sedangkan yang diinputkan telah sesuai dengan Kartu Keluarga, maka orangtua siswa dapat menanyakan dan berkonsultasi dengan pihak DUKCAPIL.

Bagi anda yang ingin menambahkan cara verval data siswaagar dapat sekiranya menuliskannya dikolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai cara verval data siswa secara mandiri tahun 2022, semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.

Posting Komentar untuk "√ CARA VERVAL DATA SISWA SECARA MANDIRI TAHUN 2022"