Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ CARA UPDATE DAPODIK VERSI 2022.d* (ADA BINTANGNYA)

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

√ CARA UPDATE DAPODIK VERSI 2022.d* (ADA BINTANGNYA)

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Untuk kali ini ada yang berbeda dari hasil update aplikasi dapodik versi terbaru, yaitu terdapat tanda bintang diatasnya sehingga versi dapodik yang digunakan adalah 2022.d*

Berdasarkan laman https://dapo.kemdikbud.go.id/berita/ diketahui bahwa terdapat updater mengenai aplikasi dapodik yang digunakan oleh satuan pendidikan untuk sekarang ini. Update aplikasi dapodik versi 2022.d* (ada bintangnya) ini dirilis untuk dapat mendownload prefill rapor dapodik, terlebih khusus lagi untuk satuan pendidikan menengah atas.

Dan perlu diketahui bahwa update dapodik versi 2022.d* (ada bintangnya) ini dirilis tidak dalam bentuk patch, sehingga untuk mengupdatenya kita harus mengaksesnya melalui aplikasi dapodik itu sendiri.

Bagi anda yang masih belum mengetahui cara update dapodik melalui aplikasi, berikut mimin tuliskan langkah-langkahnya. 

CARA UPDATE DAPODIK VERSI 2022.d* (ADA BINTANGNYA)

Perlu diingat bahwa aplikasi dapodik yang digunakan untuk sekarang ini yang memiliki tanda bintang diatasnya, jadi apabila versi dapodik anda masih belum ada tanda bintangnya maka segeralah untuk melakukan update aplikasi.

Sebelum mengupdate aplikasi dapodik versi 2022.d* hendaknya aktifkan terlebih dahulu jaringan internet yang ada dilaptop, hal ini dikarenakan untuk proses updating aplikasi dapodik tanpa aplikasi PATCH diharuskan menggunakan jaringan internet yang stabil agar prosenya dapat berjalan dengan lancar.

√ CARA UPDATE DAPODIK VERSI 2022.d* (ADA BINTANGNYA)

√ CARA UPDATE DAPODIK VERSI 2022.d* (ADA BINTANGNYA)

Berikut cara atau langkah mengupdate aplikasi dapodik versi 2022.d*, yaitu:

  1. Silahkan login pada aplikasi dapodik yang digunakan
  2. Selanjutnya pilih menu pengaturan
  3. Kemudian pilih menu “Cek Pembaruan”, maka otomatis aplikasi akan melakukan pembaruan. Adapun proses pemberuan itu sendiri meliputi “Mengunduh File Updater”, “Memproses Pembaruan Aplikasi”, dan “Finalisasi Pembaruan”. Pastikan ketigia proses pembaruan tersebut statusnya BERHASIL
  4. Setelah ketiga proses pembaruan pada point nomor 3 diatas statusnya BERHASIL, silahkan anda pilih dan klik “Muat Ulang Halaman Sekarang”
  5. Pastikan pada dashboard utama aplikasi dapodik versi 2022.d*
  6. Jika versinya belum berubah (2022.d), silahkan anda tekan tombol ctrl+f5 pada keyboard atau bisa juga dengan logout pada aplikasi dapodik, lalu kemudian login kembali.
  7. Apabila versi dapodik sudah 2022.d* (ada bintangnya) maka bisa dikatakan anda telah berhasil mengupdate aplikasi dapodik yang digunakan.

Catatan: Perlu diingat kembali adalah sebelum melakukan update aplikasi dapodik versi 2022.d terlebih dahulu hubungkan jaringan internet ke laptop yang anda gunakan, sebab untuk proses updating ini dilakukan secara online.

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagika mengenai cara update dapodik versi 2022.d* (ada bintangnya). Updating ini perlu dilakukan agar proses sinkronisasi data pada aplikasi dapodik dapat berjalan dengan lancar, selain itu dengan adanya updating tersebut maka proses download prefill rapor dapodik dapat dilakukan guna pengisian nilai hasil belajar siswa melalui aplikasi dapodik terlebih lagi bagi sekolah lanjutan atas.

Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.   

Posting Komentar untuk "√ CARA UPDATE DAPODIK VERSI 2022.d* (ADA BINTANGNYA)"