Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ CARA MEMBUAT QR BARCODE UNTUK INSTANSI SEKOLAH

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

√ CARA MEMBUAT QR BARCODE UNTUK INSTANSI SEKOLAH

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Siapa yang tidak kenal dengan yang namanya QR BARCODE? Mungkin masih ada yang tidak kenal dengan QR BARCODE ini, padahal setiap hari kita sering melihat logo QR BARCODE baik itu pada browser, aplikasi via android, produk makanan, produk minuman, instansi kantor-kantor, Surat-menyurat dan lain sebaginya.

QR BARCODE memberikan beragam informasi yang diinginkan sesuai dengan keperluan setiaporang, misalnya sebuah produk yang memiliki label Barcode akan menampilkan tanggal kadaluarsa, kode dan nomor identitas produk tersebut setalah kita lakukan scanner.

Lantas bagaimana jika instansi sekolah ingin membuat QR BARCODE nya sendiri? Jawabannya tentu saja bisa, kita dapat membuat QR BARCODE sekolah sendiri untuk dipergunakan sesuai dengan keperluan. Ketika instansi sekolah membuat QR BARCODE nya sendiri maka setelah seseorang melakukan scanner akan tampil informasi mengenai sekolah tersebut, sepeti halnya alamat lengkap sekola, rute menuju lokasi sekolah, gambaran depan sekolah dan sebagainya.

Hanya saja untuk dapat melihat infomasi dariQR BARCODE ini seorang pengguna handphone android harus menginstal aplikasi scannernya pada google play store dengan katakunci “QR CODE BARCODE”. Untuk aplikasi yang ditampilkan silahkan dipilih sesuai dengan keinginan anda sendiri.

Nah, kita kembali pada topik yang ingin dibahas tadi mengenai instansi sekolah yang ingin membuat QR BARCODE nya sendiri, berikut mimin bagikan cara membuat QR BARCODE:

  1. Silahkan ambil laptop/komputer anda lalu hubungkan ke internet
  2. Buka laman https://barcode-generator.org/ 
  3. Selanjutnya silahkan anda tambah jendela browser baru lalu laman https://google.com/maps
  4. Pada laman google maps tersebut silahkan isikan nama sekolah anda pada kolom search dan apabila sudah muncul nama sekolahnya silahkan diklik lalu enter
  5. Selanjutnya pada bagian bawah pilih dan klik menu Share untuk mengcopy link alamat sekolah anda dan paste kan pada website (URL) https://barcode-generator.org/
  6. Setelah link tadi di pastekan silahkan anda pilih menu Create QR Code, maka QR BARCODE nya akan muncul disebelah kanan
  7. Untuk QR BARCODE yang sudah jadi tinggal anda download saja lagi dalam bentuk JPG, EPS, dan SVG
  8. Setalah anda mendownload QR BARCODE yang sudah jadi tadi, selanjutnya dapat dipergunakan sesuai dengan keperluan. Misalnya dilampirkan pada surat keluar, atau langsung di share via WhatsApp dan sebaginya.    

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagika mengenai cara membuat QR BARCODE untuk instansi sekolah. Dengan adanya QR BARCODE ini dapat mepermudah orang lain untuk menemukan informasi mengenai alamat sekolah, rute menuju sekolah dan keadaan sekolahnya. Selain itu, dengan menggunakan QR BARCODE membuat kesan bagus tentunya dijaman digital seperti sekarang ini.

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai pembuatan QR BARCODE ini  agar dapat sekiranya berkenan untuk menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Post a Comment for "√ CARA MEMBUAT QR BARCODE UNTUK INSTANSI SEKOLAH"