Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA INSTAL APLIKASI SEB PPG KEMENAG TAHUN 2022

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

CARA INSTAL APLIKASI SEB PPG KEMENAG TAHUN 2022

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Sama halnya dengan seleksi pretest Kemdikbud, untuk seleksi pretest PPG Dalam Jabatan Kemenag pun menggunakan aplikasi Safe Exam Browser (SEB). Dan untuk pretest PPG Daljab Kemenag tahun 2022 ini menggunakan metode berbasis Domisili sehingga para peserta yang terjaring atau terundang untuk mengikuti seleksi PPG Daljab tahun 2022 melalui akun SIAGA PENDISnya masing-masing dapat mengikuti pretest ditempat ia sedang berada tanpa harus datang kesuatu tempat sebagai penyedia ruangan pretest.

Meskipun pretets PPG Kemenag tahun 2022 ini berbasis domisili, namun bagi para peserta tidak akan pernah dapat berbuat curang sebab saat kegiatan pretest berlangsung pengawas dapat mengawasi jalannya pretest meskipun melalui aplikasi zoom yang sebelumnya sudah terinstal di handphone masing-masing peserta.

Oleh sebab itu, syarat khusus yang harus dipenuhi oleh peserta pretest PPG Kemenag tahun 2022 ini diharuskan sudah menginstal aplikasi zoom pada handphone android masing-masing.

Dalam kesempatan kali ini mimin akan membagikan cara atau langkah dalam melakukan penginstalan aplikasi Safe Exam Browser (SEB) Kemenag yang nantinya akan digunakan saat kegiatan uji coba berlangsung dan saat kegiatan pretest yang sesungguhnya berlangsung. Maka dari itu bagi para peserta dapat berperan aktif dalam group whatsapp yang digunakan sebagai sarana informasi dari pengawas dalam kegiatan pretest PPG Daljab Kemenag tahun 2022.

Seharusnya aplikasi Safe Exam Browser (SEB) Kemenag ini sudah terinstal pada laptop masing-masing peserta sebelum tanggal 09 Mei 2022, hal ini dikarenakan pada tanggal 10 dan 11 Mei 2022 akan diadakan uji coba aplikasi untuk mengetahui kesiapan para peserta sebelum mengikuti kegiatan pretest yang sesungguhnya. Selain itu dengan adanya uji coba ini dapat dimanfaatkan untuk mengetahui apakah aplikasi SEB PPG Kemenag dapat berjalan dengan lancar atau tidak.

Dan bagi para peserta pretest PPG Daljab Kemenag tahun 2022 ini hendaknya memperhatikan spesifikasi minimal laptop yang akan digunakan untuk menginstal aplikasi Safe Exam Browser (SEB), diantaranya:

  1. Sistem operasi windows yang digunakan minimal windows 8 32 bit atau MacOS versi 10
  2. Memiliki RAM minimal 2 GB
  3. Memiliki minimal 10 GB Storage
  4. Dilengkapi audio yang berfungsi dengan baik
  5. Batrai dalam keadaan berfungsi dan masih baik
  6. Layar monitor minimal 10 inc

Sudah sangat jelas bahwa spesifikasi laptop yang digunakan oleh para peserta pretest PPG Daljab Kemenag tahun 2022 harus sesuai dengan yang telah mimin tuliskan diatas, jika para peserta misalnya menggunakan laptop dibawah standar spesifikasi (windows 7) maka bisa saja berakibat aplikasi tidak dapat berjalan dengan baik atau bahkan sering terjadi error.

Jadi, bagi para peserta yang laptopnya tidak sesuai dengan spesifikasi diatas dapat mencari atau meminjam dengan teman yang memiliki laptop sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan. Dan perlu diketahui bahwa aplikasi Safe Exam Browser (SEB) hanya dapat digunakan pada 1 akun di 1 laptop saja, dengan demikian kita tidak dapat menggunakan aplikasi SEB dengan 2 akun di laptop yang sama.

Setelah spesifikasi laptop anda terpenuhi, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menginstal aplikasinya dan berikut mimin tuliskan cara atau langkahnya.

CARA INSTAL APLIKASI SEB PPG KEMENAG TAHUN 2022

CARA INSTAL APLIKASI SEB PPG KEMENAG TAHUN 2022

Silahkan anda download aplikasi berikut:

1_SEB_SELEKSI_KEMENAG_WINDOWS.exe disini

2_MULAI_SELEKSI_KEMENAG.seb disini

Atau anda dapat mendownloadnya pada laman https://seleksippg.kemenag.go.id

Setelah kedua aplikasi tersebut berhasil didownload, langkah selanjutnya adalah:

  1. Install terlebih dahulu aplikasi 1_SEB_SELEKSI_KEMENAG_WINDOWS.exe dengan mengklik kanan lalu memilih Run as administrator
  2. Apabila muncul notifikasi  “Do you want to allow this app to make changes to your device?” klik tombol YES
  3. Pada notifikasi “Welcome to the Installshield Wizard for SafeExamBrowser” klik tombol NEXT
  4. Selanjutnya pilih opsi “I accept the term in the license agreement” dan klik tombol NEXT
  5. Pada notifikasi “Ready to Install the Program” klik tombol INSTAL  dan tunggu hingga proses instalasi selesai atau Finish

Apabila aplikasi 1_SEB_SELEKSI_KEMENAG_WINDOWS.exe telah berhasil diinstal hingga finish, maka otomatis aplikasi 2_MULAI_SELEKSI_KEMENAG.seb akan aktif dan silahkan klik kanan pada aplikasi tersebut lalu pilih Run as Administrator. Apabila diminta untuk memasukkan password, silahkan anda masukkan passwordnya seleksi dengan huruf kecil semua dan terakhir klik tombol OK.

Jika tampilan pada aplikasi 2_MULAI_SELEKSI_KEMENAG.seb dengan keterangan SELEKSI AKADEMIK PPG TAHUN 2022, maka sudah bisa dipastikan bahwa anda telah berhasil menginstal aplikasi yang akan digunakan untuk kegiatan pretest PPG Daljab Kemenag tahun 2022.

Catatan: untuk mencoba login pada aplikasi, silahkan anda pilih dan klik menu Login yang ada dipojok kanan atas. Silahkan anda masukkan username dan passwordnya sesuai dengan yang tertera pada Kartu Peserta Pretest PPG Kemenag tahun 2022. Dan perlu diingat bahwa username yang digunakan adalah nomor akun SIAGA Pendis guru yang bersangkutan. Dan bagi pengguna Windows 10 mimin sarankan untuk menon-aktifkan antivirusnya terlebih dahulu, hal ini dikarenakan aplikasi Safe Exam Browser rentan dianggapnya virus. Dan apabila dianggap sebagi virus maka proses instalasi aplikasi Safe Exam Browser (SEB) akan mengalami ERROR dan aplikasi gagal untuk diinstal.       

Download PAKTA INTEGRITAS SELEKSI AKADEMIK PPG DALJAB KEMENAG disini   

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai cara instal aplikasi Safe Exam Browser (SEB) PPG Kemenag Tahun 2022. Hal ini sangat penting dilakukan agar para peserta yang terpanngil untuk mengikuti pretest PPG Kemenag dapat mempersiapkan diri, terutama persiapan aplikasi yang akan digunakan dalam pretest yang harus sudah terinstal sebelum kegiatan uji coba berlangsung.

Bagi anda yang mengetahui tentang aplikasi Safe Exam Browser (SEB) PPG Kemenag tahun 2022 ini dapat berbagi dengan menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.

Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Post a Comment for "CARA INSTAL APLIKASI SEB PPG KEMENAG TAHUN 2022"