Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BATAS AKHIR SINKRONISASI DAPODIK 2022 SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021/2022

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

BATAS AKHIR SINKRONISASI DAPODIK 2022 SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021/2022

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Batas Akhir Sinkronisasi Dapodik 2022 Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022

Tahun Ajaran 2021/2022 semester genap ini sudah hampir berakhir, hal ini berdasarkan pada kegiatan Ujian Akhir Sekolah yang sudah selesai dilaksanakan beberapa waktu kemarin dan menunggu pembagian hasil belajar saja lagi.

Untuk tingkat dasar siswa akhir yang ada dikelas 6 akan LULUS sekolah dan siswa kelas 1 – 5 akan naik kelas, kemudian akan ada siswa baru dikelas 1 untuk tahun ajaran baru 2022/2023. Karena tahun ajaran semester genap akan berakhir, maka untuk aplikasi dapodik yang digunakan oleh satuan Pendidikan pun juga akan habis masa aktifnya.

Untuk aplikasi dapodik yang digunakan oleh sekolah ada 2 kemungkinan yang akan terjadi, yaitu:

Pertama, aplikasi dapodik akan rilis patch (update)nya dari dapodik versi 2022.d* yang digunakan untuk sekarang ini ke versi berikutnya.

Kedua, aplikasi dapodik akan rilis versi terbaru berupa installernya dan jika yang rilis versi installernya maka bagi setiap satuan Pendidikan diharuskan untuk mengunstal aplikasi dapodik yang telah ada dan menginstal aplikasi dapodik versi terbarunya.

Untuk itu kita sebagai operator sekolah masih menunggu informasi terbaru mengenai aplikasi dapodik yang akan digunakan pada semester ganjil tahun ajaran baru 2022/2023.

Dan untuk aplikasi dapodik versi 2022.d* yang sekarang ini digunakan, proses sinkronisasi akan berakhir pada tanggal 30 Juni 2022 pukul 00.00, untuk itu masih ada beberapa waktu lagi untuk melakukan perbaikan dan melakukan proses sinkronisasi aplikasi dapodik.

Adapun perbaikan yang bisa dilakukan sekarang ini sebelum proses sinkronisasi aplikasi dapodik 2022.d* berakhir diantaranya:

  1. Validasi terhadap data siswa kelas akhir, misalnya pada satuan Pendidikan jenjang sekolah dasar agar bisa melakukan pengecekan Kembali terhadap data pribadi siswa yang ada dikelas akhir (kelas 6). Hal ini perlu dilakukan sebab siswa kelas 6 akan mendapatkan ijazah sekolah dasar dan akan masuk kesekolah lanjutan pertama, sehingga data individu yang tercatat pada aplikasi dapodik hendaknya memang benar sesuai dengan yang tertera pada akta kelahiran dan kartu keluarga (KK). Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga (KK) menjadi acuan dalam validasi data individu siswa, sebab untuk sekarang ini validasi data siswa sudah terhubung dengan DUKCAPIL setempat, dengan demikian data yang ada di dapodik/verval PD harus sesuai dengan yang terdaftar pada DUKCAPIL.
  2. Melakukan pengecekan pada laman https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id, khususnya pada menu RESIDU. Apabila terdapat siswa yang data individunya masuk dalam menu RESIDU segera lakukan perbaikan sesuai dengan kesalahan yang terjadi, misalnya kesalahan NIK siswa, Nama Siswa, Nama Orangtua Siswa, NISN Ganda dan sebagainya. Pastikan pada menu RESIDU yang ada di Verval PD sudah kosong, hal ini dikarenakan dapat mempengaruhi terhadap jumlah Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang akan diterima oleh sekolah setiap tahunnya.
  3. Membuat usulan untuk siswa yang berhak menerima bantuan PIP, pihak sekolah melalui operator sekolah dapat membuat usulan siswa mana saja yang diusulkan guna menerima bantuan PIP tahun 2022 ini sesuai dengan keadaan siswnya sekarang ini.
  4. Melakukan pengecekan terhadap data Sarpras, apakah isian yang diberikan sudah valid sesudai dengan keadaan sebenarnya atau masih belum ada perbaikan yang dilakukan pada menu sarpras di aplikasi dapodik.
  5. Melakukan pengecekan terhadap data Guru/PTK dan Tendik, mungkin saja ada salah satu guru yang baru saja mendapatkan kenaikan gajih berkala, kenaikan pangkat/golongan dan sebagainya, dapat dilakukan penginputan melalui aplikasi dapodik yang digunakan untuk sekarang ini dan lakukan sinkronisasi sebelum batas waktu yang telah ditentukan.

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Batas Akhir Sinkronisasi Dapodik 2022 Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022. Dengan diketahuinya batas akhir proses sinkronisasi pada aplikasi dapodik ini, maka kita sebagai operator sekolah dapat melakukan validasi terhadap data yang ada di aplikasi dapodik. Misalnya melakukan data individu siswa yang berada ditingkat akhir (kelas 6), jika terdapat kesalahan berupa Nama, Nama Orang tua, NIK, NISN dan sebagainya dapat segera melakukan perbaikan melalui laman https://vervalpd.kemdikbud.go.id secepat mungkin sebelum batas akhir sinkronisasi dapodik berakhir.

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai data yang harus divalidasi sebelum proses sinkronisasi berakhir, dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Post a Comment for "BATAS AKHIR SINKRONISASI DAPODIK 2022 SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021/2022"