Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ CARA INPUT DATA UKG PADA APLIKASI DAPODIK 2022

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

√ CARA INPUT DATA UKG PADA APLIKASI DAPODIK 2022

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Apakah anda pernah mengikuti Ujian Kompetensi Guru atau yang sering disebut dengan UKG? Bagi anda yang sudah memiliki Nomor UKG tentunya pernah mengikuti ujian kompetensi guru tersebut. Dan bagi yang belum memiliki nomor UKG tentunya tidak bisa mengikuti ujian kompetensi guru.

Ujian Kompetensi Guru (UKG) beberapa tahun terakhir ini sudah tidak ada lagi dilaksanakan, padahal dulu nilai dari UKG menjadi patokan bagi seorang guru baik itu PNS maupun Non-PNS yang belum memiliki Sertifikat Pendidik agar bisa mengikuti pembelajaran guna mendapatkan Sertifikat Pendidik apabila dinyatakan LULUS dalam PLPG. 

Namun untuk sekarang ini syarat khusus agar bisa mendapatkan Sertifikat Pendidik adalah harus LULUS dalam kegiatan pembelajaran PPG dan bagi peserta PPG didapatkan dari hasil pelaksanaan pretest akademik. Apabila dinyatakan LULUS pretest akademik maka tinggal menunggu saja lagi undangan untuk mengikuti pembelajaran PPG Dalam Jabatan.

Untuk UKG dilaksanakan sesuai dengan bidang gurunya masing-masing, jika guru atau PTK dengan ijazah keserjanaannya adalah PGSD maka soal yang diberikan berupa materi seputar pembelajaran yang ada disekolah dasar. Begitu juga bagi guru atau PTK yang memiliki ijazah keserjanaan Bahasa Inggris, meskipun bertugas mengajar di sekolah dasar maka untuk soal UKGnya tetap mengenai pembelajaran dalam bahasa inggris.

Bagi anda yang pernah mengikuti UKG diwaktu lalu maka dapat menginputkan data UKG tersebut pada aplikasi dapodik yang digunakan oleh setiap satuan pendidikan. Dilansir dari situs Dapodikdasmen terkait input data UKG dalam aplikasi dapodik lantaran beberapa hal berikut ini:

  1. Bertujuan untuk digunakan dalam proses integrasi SIMTUN dan SIMPKB
  2. Belum 100% guru yang memiliki NUPTK, sehingga ada data yang tidak match antara SIMTUN dengan SIMPKB
  3. Untuk memudahkan proses integrasi sehingga dibutuhkan nomor peserta UKG
  4. Nomor peserta UKG diambil untuk mengidentifikasi data individu antara 2 sistem, khususnya bagi PTK yang belum memiliki NUPTK
  5. Nilai UKG tidak wajib diinput pada aplikasi dapodik. Apabila nilai UKG tidak diketahui, maka untuk sementara dapat diisi dengan angka 0 (nol).

Jadi, berdasarkan keterangan diatas kita sebagai guru yang sudah pernah mengikuti UKG dapat menginputkan data UKG pada aplikasi dapodik yang sedang digunakan. Misalnya, untuk sekarang ini aplikasi dapodik yang digunakan adalah dapodik versi 2022 dan kita belum pernah samasekali input data UKG di aplikasi dapodik maka input data UKG dapat dilakukan sekarang juga. Dengan meminta bantuan operator sekolah untuk proses input data UKG pada aplikasi dapodik yang digunakan dan bagi anda yang sudah menginputkan data UKG pada aplikasi dapodik, maka tidak perlu lagi menginputkannya kembali.

Bagi anda yang ingin menginputkan data UKG pada aplikasi dapodik yang digunakan, berikut mimin bagikan cara atau langkahnya.

PERTAMA, Silahkan login pada aplikasi dapodik yang digunakan dengan menggunakan akun sekolah

KEDUA, Pilih menu GTK, lalu pilih Guru/PTK dan silahkan klik nama guru/PTK yang akan diinputkan data UKGnya

KETIGA, Setelah memilih nama Guru/PTK yang bersangkutan, silahkan pilih menu EDIT PTK yang ada dibagian atas dan silahkan scroll kebawah hingga menemukan menu NILAI TEST

KEEMPAT, Pada menu NILAI TEST silahkan pilih tambah, lalu isikan data UKGnya seperti berikut:

  • Jenis TEST: UKG
  • Nama Guru: ……………..
  • Penyelenggara: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  • Tahun: Isi sesuai dengan tahun mengikuti UKG
  • Skor Nilai: Silahkan diisi apabila mengetahui skorn nilaiyang didapatkan
  • Nomor Peserta: Diisi dengan nomor UKG guru/PTK yang bersangkutan

KELIMA, Apabila data tersebut sudah diiskan, silahkan pilih dan klik tombol SIMPAN.

Catatan: Apabila menu NILAI TEST tidak bisa ditambahkan secara langsung maka anda dapat menggunakan menu PENGATURAN, lalu pilih TUKAR PENGGUNA pada aplikasi dapodik, dan pilih nama Guru/PTKnya dan silahkan lakukan seperti yang telah mimin tuliskan diatas. 

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai cara input data UKG pada aplikasi dapodik 2022. Mungkin berita mengenai input Data UKG ini sudah sangat lama beredar, namun bagi kita yang baru saja mengetahui informasi mengenai input data UKG pada aplikasi dapodik tidak salahnya untuk melakukannya, yaitu dengan cara menginputkan data UKG pada aplikasi dapodik untuk memperbaharui data individu yang tercatat pada sistem melalui aplikasi dapodik dan sebagai tanda bahwa kita pernah mengikuti yang namanya UJI KOMPETENSI GURU (UKG).

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai input data UKG pada aplikasi dapodik ini dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "√ CARA INPUT DATA UKG PADA APLIKASI DAPODIK 2022"