Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ CARA INPUT NOMOR REGISTRASI AKTA KELAHIRAN PADA DAPODIK 2022

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

√ CARA INPUT NOMOR REGISTRASI AKTA KELAHIRAN PADA DAPODIK 2022

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Cara Input Nomor Registrasi Akta Kelahiran Pada Dapodik 2022

Akta kelahiran merupakan salah satu dokumen yang harus dimiliki oleh setiap anak yang baru saja lahir, hal ini dikarenakan akta menjadi bukti penting bagi seorang anak tentang data dirinya sendiri yang termuat dalam selembar kertas Bernama AKTA KELAHIRAN. Akta Kelahiran menjadi salah satu persyaratan yang penting untuk mendaftar sekolah, hal ini dilakukan karena akta menjadi dokumen penting sebagai acuan untuk segala macam yang berhubungan dengan siswa tersebut, misalnya jika siswa sudah berada dikelas 6 sekolah dasar dan sudah dinyatakan LULUS maka untuk penulisan ijazahnya berdasarkan pada data yang ada di AKTA KELAHIRAN, baik itu nama siswa, nama orang tua, tempat dan tanggal lahir dan begitu juga dengan nomor registrasi akta.

Biasanya dalam sebuah akta lahir terdiri atas pencantuman, diantaranya:

Nama anak

Tempat dan Tanggal kelahiran anak

Jenis kelamin anak

Nama kedua orang tua dari seorang anak

Nomor registrasi akta

Tanggal pencatatan pendaftaran kelahiran

Dan tanda tangan pejabat yang berwenang

Perlu diketahui bahwa model akta kelahiran yang dikeluarkan oleh instansi setempat mengalami perubahan, mulai dari warna hingga susunan data yang terdapat di dalamnya.

Untuk akta kelahiran dengan model lama berwarna kekuningan dengan Nomor Registrasi Akta berada tepat di bawah KUTIPAN AKTA KELAHIRAN. Dan untuk nomor registrasi aktanya pun hanya terdiri 4 digit angka/1 huruf kapital/tahun terbit.

Sedangkan untuk nomor Registrasi pada Akta Kelahiran Model Baru terdapat setelah kalimat BERDASARKAN AKTA KELAHIRAN NOMOR yang berada di bagian atas sesuai pada bagian paragraf pertama 

Apabila sudah mengetahui yang mana nomor registrasi akta kelahiran, maka selanjutnya anda dapat mengisikan nomor registrasi akta kelahiran tersebut pada aplikasi dapodik yang digunakan oleh satuan Pendidikan. Hal ini dilakukan untuk melangkapi kevalidan data pribadi siswa, yaitu salah satunya adalah dengan melengkapi kolom isian Nomor Registrasi Akta Kelahiran.

Dan untuk menginput nomor registrasi akta kelahiran ini dilakukan oleh operator sekolah sebagai seorang pemegang dan pengakses aplikasi dapodik, dan bagi anda yang baru saj menjadi operator sekolah mungkin belum mengetahui tentang kolom isian Nomor Registrasi Akta Kelahiran ini.

Dalam kesempatan kali ini mimin kan berbagi mengenai Cara Input Nomor Registrasi Akta Kelahiran Pada Dapodik 2022, berikut cara atau langkahnya:  

  1. Login pada aplikasi Dapodik 2022 dengan menggunakan akun sekolah
  2. Klik menu Peserta Didik
  3. Untuk memudahkan mencari siswa yang akan diisikan nomor akta kelahirannya, silahkan anda pilih menu Filter dibagian atas dan cari kelas tempat siswa tersebut belajar. Jika sudah, silahkan pilih nama siwa lalu pilih menu Ubah yang ada dibagian atas
  4. Selanjutnya silahkan scroll kebagian bawah, dan cari kolom Nomor Registrasi Akta Lahir
  5. Silahkan anda masukkan nomor registrasi akta kelahirannya peserta didik yang bersangkutan. 
  6. Jika pada point nomor 5 diatas sudah dilakukan, selanjutnya silahkan pilih menu SIMPAN dan jangan lupa lakukan sinkronisasi untuk memperbaharui data sekolah.

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Cara Input Nomor Registrasi Akta Kelahiran Pada Dapodik 2022.  Yang mana input nomor registrasi akta kelahiran siswa ini cukup penting untuk dilakukan sebagai bahan validasi data pribadi yang dimiliki oleh siswa.

Bagi anda yang mengetahui cara input nomor registrasi akta kelahiran diatas diluar dari yang telah mimin sebutkan tadi, maka agar sekiranya anda berkenan untuk menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "√ CARA INPUT NOMOR REGISTRASI AKTA KELAHIRAN PADA DAPODIK 2022"