Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ CARA INPUT NOMOR REGISTRASI GURU (NRG) PADA APLIKASI DAPODIK 2022

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

√ CARA INPUT NOMOR REGISTRASI GURU (NRG) PADA APLIKASI DAPODIK 2022

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Bagi bapak/ibu guru baik yang PNS maupun Non-PNS yang sudah mengikuti kegiatan Program Profesi Guru (PPG) tahun 2021 dan telah dinyatakan LULUS dapat melakukan pengecekan pada laman INFO GTK tahun 2022 untuk mengetahui Nomor Registrasi Guru (NRG).

Atau bagi anda yang sudah dinyatakan LULUS PPG dan ingin menginputkan data Nomor Registrasi Guru (NRG) pada aplikasi dapodik 2022 juga bisa dilakukan, hanya saja untuk nomor NRG nya dikosongi apabila belum keluar dan kalau memang sudah ada nomor NRGnya maka bisa langsung diinput pada aplikasi dapodik yang sedang digunakan oleh sekolah.

Nomor Registrasi Guru atau yang disebut dengan NRG merupakan nomor identitas guru yang sudah memiliki sertifikat pendidik. Dan tentunya kita semua mengetahui bahwa sertifikat pendidik diberikan kepada guru PNS maupun Non-PNS yang telah LULUS dalam kegiatan pembelajaran Program Profesi Guru (PPG). 

Adapun manfaat dari Nomor Registrasi Guru (NRG) itu sendiri, diantaranya:

  1. Sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan tunjangan profesi guru (sertifikasi)
  2. Sebagai persyaratan untuk dikeluarkannya SK yaitu Tunjangan Profesi Pendidik (TPP)
  3. Sebagai sarana untuk mengetahui tugas fungsional seorang guru

Cara Input Nomor Registrasi Guru Pada Aplikasi Dapodik 2022

Nomor Registrasi Guru (NRG) ini biasanya keluarnya akan dengan bersamaan Sertifikat Pendidik oleh LPTK pada lokasi PPG guru yang bersangkutan. Untuk guru yang telah lulus PPG ditahun sebelumnya yang sudah memiliki NUPTK, bisa mendapatkan informasi mengenai NRG melalui dinas pendidikan kabupaten/kota setempat.

Adapun cara input Nomor Registrasi Guru pada aplikasi Dapodik 2022, yaitu:

  1. Silahkan login pada aplikasi dapodik sekolah
  2. Selanjutnya pilih menu pengaturan dan pilih menu tukar pengguna
  3. Masukkan kode registrasi sekolah dan pilih nama PTK yang akan diisikan nomor NRG nya
  4. Setelah berhasil tukar pengguna, silahkan pilih menu GTK lalu pilih nama PTK dan pilih menu UBAH yang ada dibagian atas
  5. Selanjutnya silahkan scroll kebawah hingga menemukan menu Rwy. Sertifikasi
  6. Pada menu Rwy.Sertifikasi silahkan dipilih menu Tambah dan isikan data mulai dari: 1) Kode Lembaga Sertifikasi (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan), 2) Bidang Studi (silahkan cari GURU KELAS apabila PTK yang bersangkutan guru kelas, dan piliha nama mapel apabila PTK yang bersangkutan guru mapel), 3) Jenis Sertifikasi (pilih Sertifikat Pendidik), 4) Tgl Mulai Berlaku (sesuai dengan SK sertifikat pendidikditerbitkan), 5) Tgl Habis Berlaku (kosongi), 6) Nomor Sertifikat (dilihat pada sertifikat pendidik yang diterima), 7) Nomor Registrasi (diisi apabila sudah memiliki dan silahkan dikosongi apabila belum mengetahui nomor registrasinya), 8) Nomor Peserta (dilihat pada sertifikat pendidik), 9) Kualifikasi (bisa diisi dengan S1 PGSD/S1 seuai dengan ijazah)
  7. Apabila pada point nomor 6 diatas sudah selesai diisi, silahkan pilih dan klik menu SIMPAN.
  8. Jangan lupa untuk melakukan SINKRONISASI pada aplikasi dapodik

Catatan: Untuk Nomor Registrasi Guru (NRG) itu sendiri dapat dilihat pada laman INFO GTK apabila sudah terbit, dan silahkan diisikan pada aplikasi dapodik kembali secara manual. Atau anda dapat berkoordinasi dengan admin Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat mengenai perihal penerbitan Nomor Registrasi Guru (NRG) tersebut, apabila sudah memiliki silahkan inputkan pada aplikasi dapodik dan jangan lupa lakukan sinkronisasi kembali.

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai cara input Nomor Registrasi Guru (NRG) pada aplikasi dapodik 2022. Yang mana NRG itu sendiri merupakan sebuah identitas bagi guru baik PNS maupun Non-PNS yang telah berhasil LULUS mengikuti pembelajaran Program Profesi Guru (PPG) hingga selesai dan telah memiliki Sertifikat Pendidi. Selain itu, NRG menjadi salah satu syarat penerbitan SK Tunjangan Profesi Pendidik (TPP) dan untuk mendapatkan tunjangan profesi guru (sertifikasi).  

Dan bagi anda yang ingin berbagi mengenai Nomor Registrasi Guru (NRG) dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini, mungkin saja anda mengetahui banyak hal tentang manfaat dari NRG, cara mengetahui NRG dan sebagainya. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.

2 komentar untuk "√ CARA INPUT NOMOR REGISTRASI GURU (NRG) PADA APLIKASI DAPODIK 2022"

  1. Apakah guru yang sudah mempunyai NRG boleh menuliskan NRG dibawah namanua seperti halnya TNI dan POLRI menuliskan NRP dibawah namanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mampir ke website ini, sebaiknya tidak perlu menuliskan NRG dibawah namanya seorang guru. Alangkah lebih bagusnya mending menuliskan NIP/NIPPPK dibawah nama guru apabila sudah memilikinya.

      Hapus