Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ CARA MUDAH MEMBERSIHKAN FILE SAMPAH DI KOMPUTER ATAU LAPTOP

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

√ CARA MUDAH MEMBERSIHKAN FILE SAMPAH DI KOMPUTER ATAU LAPTOP

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Cara Mudah Membersihkan File Sampah di Komputer atau Laptop

Saat kita menggunakan perangkat komputer atau laptop untuk mengkases internet tentunya akan ada file sampah yang ikut masuk pada perangkat yang digunakan. File sampah ini sering disebut sebagai cache, seiring berjalannya waktu dan file sampah ini tidak dibersihkan maka memory penyimpanan bisa saja penuh terisi dan dampak yang ditimbulkan adalah komputer atau laptop bisa saja sering terjadi Not Responding atau menjadikannya loading sangat lama.

Jadi, file sampah atau cache ini perlu dibersihkan agar tidak terjadi penumpukan yang dapat menggangu respond dari komputer atau laptop yang digunakan. Dan disini mimin akan membagikan 2 cara untuk membersihkan file sampah sisa dari melakukan browser pada perangkat anda, 2 cara ini masing-masing dengan menggunakan perangkat tambahan yaitu harus menginstal sebuah aplikasi dan tanpa menggunakan aplikasi.

Pertama, yang akan mimin bagikan adalah cara membersihkan file sampah atau cache dengan menggunakan aplikasi dan aplikasi yang digunakan Bernama CCLeaner.

CCleaner merupakan aplikasi yang sangat ampuh dan mudah digunakan untuk membersihkan file sampah atau cache hasil dari melakukan browsing diinternet. Berikut cara membersihkan file sampah di komputer atau laptop dengan CCleaner:

  1. Silahkan download dan install aplikasi CCleaner untuk windows
  2. Setelah aplikasi berhasil didwonload dan install, silahkan jalankan aplikasinya
  3. Pada aplikasi CCleaner centang pada bagian-bagian yang ingin dibersihkan
  4. Klik dan pilih tombol Analyze untuk melakukan analisis.
  5. Setelah selesai menganalisis file-file di harddisk, klik tombol Run Cleaner untuk menghapusnya
  6. Tunggu hingga file-file sampah atau cache selesai dibersihkan

Anda dapat melakukan pembersihan file-file sampah ini dengan menggunakan aplikasi CCleaner secara rutin atau setelah melakukan browser diinternet. Tujuan penggunaan aplikasi CCleaner ini adalah supaya komputer atau laptop anda terbebas dari file sampah atau cache yang dapat mengakibatkan komputer atau laptop lemot dalam merespon atau saat digunakan.

Selanjutnya anda dapat membersihkan file sampah atau cache tanpa menggunakan aplikasi, yaitu dengan menggunakan RUN yang ada pada komputer atau laptop, Adapun caranya yaitu:

  1. Silahkan membuka RUN dengan cara menekan tombol Windows+R pada keyboard secara bersama-sama
  2. Maka akan muncul jendela RUN, pada jendela RUN silahkan anda tekan atau tuliskan %temp% dan klik ENTER atau pilih tombol OK
  3. Selanjutnya akan muncul file-file temporary pada aplikasi yang tersimpan tersimpan, silahkan anda hapus file-file tersebut
  4. Mungkin ada beberapa file atau folder yang tidak bisa dihapus, lantaran adanya proses beberapa aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang dan anda dapat memilih skip saja
  5. Setelah menghapus file temporary aplikasi, selanjutnya kita juga perlu menghapus file temporary Windows
  6. Caranya buka Run lagi, ketikkan temp dan tekan Enter atau Ok
  7. Setelah itu kita akan dibawa ke direktori temporary Windows, hapus semua file yang ada didalamnya dan keluar jika sudah
  8. File-file temporary yang telah kita hapus sebelumnya tidak langsung terhapus, melainkan akan dipindahkan ke Recycle Bin atau tempat sampah.
  9. Silakan bersihkan Recycle Bin-nya dengan cara klik kanan Recycle Bin, lalu pilih Empty Recycle Bin, maka otomatis file sampah yang ada didalamnya akan terhapus

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai cara Cara Mudah Membersihkan File Sampah di Komputer atau Laptop, yang mana tujuan dari membersihkan file sampah ini supaya komputer atau laptop yang anda miliki mudah digunakan dan tidak sering terjari Not Responding lantaran banyaknya file sampah atau cache yang menumpuk karena tidak pernah dibersihkan. Selain itu file sampah atau cache siswa browsing juga memakai banyak penyimpanan, sehingga harus dibersihkan guna untuk memberikan ruang penyimpanan yang banyak untuk keperluan komputer atau laptop anda.

Bagi anda yang mengetahui cara lain untuk membersihkan file sampah atau cache pada komputer atau laptop agar sekiranya bersedia berbagi dengan menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Post a Comment for "√ CARA MUDAH MEMBERSIHKAN FILE SAMPAH DI KOMPUTER ATAU LAPTOP"