Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ CARA MENGERJAKAN DAN LOGIN SISPENA AGREDITASI TAHUN 2022

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

√ CARA MENGERJAKAN DAN LOGIN SISPENA AGREDITASI TAHUN 2022

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Cara Mengerjakan Dan Login SISPENA AGREDITASI Tahun 2022

Semester genap tahun pelajaran 2021/2022 sudah hampir selesai berjalan dan selanjutnya aka nada tahun pelajaran baru yaitu tahun 2022/2023 dengan ditandai adanya penerimaan peserta didik baru dimasing-masing jenjang Pendidikan, mulai dari jenjang TK/Sederajat, SD/Sederajat, SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat.

Tentunya masing-masing sekolah sudah memiliki AGREDITASInya, agreditasi merupakan penilaian yang dilakukan oleh asesor terhadap kesiapan sekolah dan tenaga pendidiknya dalam menjalankan Pendidikan disekolahnya sendiri. Tentunya nilai agreditasi terbaik yaitu dengan nilai A, sehingga bisa dikatakan sekolah yang memiliki nilai agreditasi A sudah memiliki sarana dan prasarana yang lengkap dalam menunjang pembelajaran disekolahnya.

Untuk penilaian agreditasi ini dilakukan setiap 5 tahun sekali, jadi bagi sekolah yang sudah hampir mendekati masa berakhirnya agreditasi yang dimiliki dapat mempersiapkan diri untuk melakukan perpanjangan agreditasi yang dimiliki, salah satu caranya adalah dengan mengisikan menu-menu yang ada di SISPENA.

Begitu juga sekolah yang belum memiliki nilai Agreditasi dapat melakukan pengerjaan pada laman SISPENA, namun sekolah tidak begitu saja melakukan pengisian sispena agreditasi. Untuk daftar sekolah yang akan mengikuti kegiatan agreditasi ini biasanya diberitahukan oleh dinas Pendidikan atau bisa juga melalui pengawas sekolah.

Berikut mimin bagikan cara mengerjakan dan login Agreditasi Sispena Tahun 2022

  1. Silahkan anda kunjungi laman https://bansm.kemdikbud.go.id/sispena2020/login
  2. Selanjutnya masukkan username berupa NPSN sekolah dan untuk passwordnya juga menggunakan NPSN. Untuk password ini dapat anda ganti setelah berhasil login pada dashboard SISPENA
  3. Setelah mengisikan username dan password, silahkan pilih SIGN IN
  4. Pada dashboard BANSM, silahkan pilih menu Data Isian AGreditasi (DIA) yang ada dipojok kiri
  5. Selanjutnya silahkan download terlebih dahulu surat pernyataan kepala sekolah. Untuk menu downloadnya ada dipojok kanan atas, silahkan dipilih dan diklik maka secara otomatis file akan terdownload. Selanjutnya silahkan anda isikan format yang ada tadi dengan sebenarnya dan memilih tingkat sekolah anda, dan terakhir silahkan kepala sekolah menandatangani surat pernyataan tersebut sebagai tanda sudah siap dalam mengikuti kegiatan agreditasi sekolah 
  6. Format yang sudah ditandatangani tersebut, selanjuntya discan dalam format PDF dan nantinya diupload Kembali pada laman SISPENA
  7. Setelah format pernyataan kepala sekolah diisikan dan ditandatangani oleh kepala sekolah, silahkan pilih menu choose file untuk mencari letak file format pernyataan kepala sekolah tadi dan jika sudah pilih SIMPAN
  8. Format surat pernyataan kepala sekolah yang sudah terdownload akan memiliki keterangan SUDAH TERUNGGAH
  9. Setelah selesai mengupload surat pernyataan kepala sekolah tadi, selanjutnya silahkan memulai pengerjaan dan pengisian agreditasi BAN S/M, Adapun daftar urutan pengisian untuk agreditasi seperti: 1) Pengisian Instrumen DIA, 2) Asesmen kecukupan dan maping visitasi, 3) Visitasi, 4) Verifikasi, dan 5) Pleno. Untuk Pleno ini bagian terakhir dari pengerjaan agreditasi sekolah dan menunggu file agreditasi SISPENA Sekolah terbit.

Download File Format Pernyataan Kepala Sekolah Untuk Agreditasi disini 

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai cara mengerjakan dan login Agreditasi Sispena Tahun 2022. Bagi sekolah yang memiliki masa aktif agreditasi sudah hampir habis atau baru memulai dalam pengerjaan agreditasi, dapat mempersiapkan diri untuk melakukan pengisian ulang pada menu yang ada di laman SISPENA. Agreditasi sekolah ini sangat penting untuk dimiliki, baik itu sekolah negeri maupun swasta lantaran sebagai tanda kinerja sekolah dalam memberikan pelayanan atau pengelolaan pembelajarannya.

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai Sispena Agreditasi tahun 2022, dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Post a Comment for "√ CARA MENGERJAKAN DAN LOGIN SISPENA AGREDITASI TAHUN 2022"