Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ CARA UPDATE APLIKASI DAPODIK KE VERSI 2023.a

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

√ CARA UPDATE APLIKASI DAPODIK KE VERSI 2023.a

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Cara Update Aplikasi Dapodik Ke Versi 2023.a

Setelah beberapa waktu yang lalu dirilis aplikasi dapodik versi 2023 untuk digunakan pada sekolah jenjang Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah maka pada tanggal 22 Juli 2022 melalui laman situs https://dapo.kemdikbud.go.id telah dirilis aplikasi dapodik versi 2023.a.

Dapodik versi 2023.a ini sejatinya untuk sekolah jenjang SMK yang memang dari awal rilisnya aplikasi dapodik telah diberitahukan bahwa pada tanggal 22 Juli 2022 akan dirilis aplikasi dapodik untuk jenjang SMK. Meskipun digunakan untuk jenjang SMK, tetapi pada laman berita https://dapo.kemdikbud.go.id juga disebutkan untuk sekolah Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah juga diharapkan agar bisa mengupdate aplikasi dapodik yang sedang digunakan ke versi 2023.a yang baru saja dirilis beberapa waktu yang lalu.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa pembaruan yang penting yang ada pada dapodik versi 2023.a ini, antara lain:

  1. Pembaruan pada menu sarana dan prasarana terkait kondisi kerusakan bangunan yang dijadikan satu pada komponen nilai akhir.
  2. Penambahan pengisian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).
  3. Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Semua perubahan dan pembaruan ini merupakan upaya untuk menyelaraskan prosedur dan mekanisme pendataan Dapodik. Berdasarkan Permendikbudristek No. 2 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini, Bantuan Operasional Sekolah, Dan Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan, disampaikan bahwa Satuan Pendidikan harus mengisi dan melakukan pemutakhiran Dapodik sesuai dengan kondisi riil di Satuan Pendidikan paling lambat tanggal 31 Agustus anggaran sebelumnya. 

Berikut adalah daftar perubahan pada Aplikasi Dapodik versi 2023.a:

  1. [Pembaruan] Pemindahan atribut Jenis PTK yang sebelumnya berada di formulir PTK berpindah ke formulir penugasan PTK
  2. [Pembaruan] Penambahan atribut berkebutuhan khusus pada formulir PTK
  3. [Pembaruan] Penambahan atribut Kelas Orang Tua pada data rinci sekolah khusus jenjang PAUD
  4. [Pembaruan] Penambahan end point pada web service dapodik guna keperluan terkait aplikasi e-Rapor
  5. [Pembaruan] Penambahan pengisian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) khusus untuk sekolah penggerak penyelenggara Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)
  6. [Pembaruan] Penambahan sub menu baru Mata Pelajaran Pilihan pada menu Rombongan Belajar khusus untuk sekolah penggerak
  7. [Pembaruan] Penambahan instrumen terkait implementasi Insersi Pendidikan Anti Korups
  8. [Pembaruan] Penambahan validasi sekolah negeri diwajibkan mengisikan NPWP dan nama wajib Pajak
  9. [Pembaruan] Penambahan validasi jumlah jam mata pelajaran yang dapat diajarkan lebih dari satu guru agar jam/minggu tidak lebih dari struktur kurikulum
  10. [Pembaruan] Penambahan validasi mata pelajaran pilihan yang diambil oleh peserta didik yang berada di fase F pada kurikulum merdeka Belajar
  11. [Pembaruan] Penambahan validasi rasio rombongan belajar terhadap peserta didik bagi rombel dengan mata pelajaran pilihan
  12. [Pembaruan] penambahan validasi no handphone untuk GTK menjadi warnin
  13. [Perbaikan] Penutupan pengisian tingkat kerusakan pada Bangunan.
  14. [Perbaikan] Perubahan bisnis proses pengisian tingkat kerusakan pada ruang
  15. [Perbaikan] Penutupan atribut NPWP dan nama wajib pajak pada pengisian formulir sekolah (pengisian melalui BOS/BOP Salur)
  16. [Perbaikan] Perubahan validasi antara data dinamis dan data sarpras menjadi invalid
  17. [Perbaikan] Perbaikan bugs validasi pada kelas tingkat 3,6,9,12 bagi sekolah penggerak
  18. [Perbaikan] Perbaikan bugs validasi pada saat pengecekan data dinamis dan agregasi sarpras
  19. [Perbaikan] Perbaikan bugs pada registrasi peserta didik kolom program pengajaran bagi sekolah penggerak
  20. [Perbaikan] Perbaikan bugs pada saat melakukan sinkronisasi
  21. [Perbaikan] Perbaikan bugs pada saat mengunduh formulir PTK
  22. [Perbaikan] Perbaikan bugs pada saat menginput Luas Tapak Bangunan di menu Bangunan
  23. [Perbaikan] Perbaikan referensi mata pelajaran bagi sekolah penggerak
  24. [Perbaikan] Perbaikan referensi variabel pada data dinamis.

Adapun bagi anda yang ada pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menegah yang sudah menginstal aplikasi dapodik versi 2023, lalu ingin mengupdate ke versi terbaru yaitu 2023.a berikut mimin bagikan cara atau langkahnya:

  1. Silahkan anda hubungkan laptop dengan jaringan internet
  2. Selanjutnya login pada aplikasi dapodik versi 2023 dengan menggunakan akun yang sudah diregistrasikan
  3. Silahkan pilih dan klik menu pengaturan yang ada dibagian bawah, lalu pilih CEK PEMBARUAN
  4. Saat melakukan CEK PEMBARUAN akan terdapat keterangan tersedia aplikasi dapodik versi 2023.a, kemudian silahkan lanjutkan dan tunggu hingga proses pembaruan selesai dilakukan
  5. Pastikan pada dashboard aplikasi dapodik sudah terlihat versi 2023.a, apbila belum terlihat versi 2023.a silahkan refrest (ctrl+f5)
  6. Logout pada aplikasi dapodik dan silahkan login Kembali, apabila sudah terlihat versi 2023.a itu berarti anda telah sukses melakukan update aplikasi dapodik dan bisa kembali menyelesaikan pekerjaan menginput data sesuai dengan keadaan riil dilapangan

Catatan: Untuk update aplikasi dapodik versi 2023.a ini tidak perlu mengunstal aplikasi dapodik yang ada dan mendownload installernya, sebab installer aplikasi dapodik versi 2023.a diperuntukkan untuk sekolah jenjang SMK. Sedangkan untuk yang jenjang PAUD, Sekolah Dasar dan Menengah langsung saja update dengan mengikuti cara atau Langkah yang telah mimin bagikan diatas.

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Cara Update Aplikasi Dapodik Ke Versi 2023.a. Update aplikasi dapodik ini sangat penting dilakukan agar dapat mengatasi bugs yang ada pada aplikasi dapodik sebelumnya. Selain itu, update aplikasi dapodik ini juga untuk memudahkan melakukan proses sinkronisasi.

Proses sinkronisasi merupakan bagian terakhir dalam mengerjakan aplikasi dapodik dan proses sinkronisasi ini bisa saja tidak bisa dilakukan lantaran tidak dilakukannya update pada aplikasi dapodik yang digunakan. 

Bagi anda yang ingin berbagi pengetahuan mengenai aplikasi dapodik, agar sekiranya bersedia untuk menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terkahir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya. 

Posting Komentar untuk "√ CARA UPDATE APLIKASI DAPODIK KE VERSI 2023.a"