Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ DOWNLOAD DAN CARA INSTAL APLIKASI DAPODIK VERSI 2023 TERBARU

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

√ DOWNLOAD DAN CARA INSTAL APLIKASI DAPODIK VERSI 2023 TERBARU

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Download Dan Cara Instal Aplikasi Dapodik Versi 2023 Terbaru

Jika kemarin mimin telah membagikan informasi mengenai pembaruan yang ada pada aplikasi dapodik versi 2023 untuk semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023, dalam kesempatan kali ini mimin akan kembalikan cara download dan install aplikasi dapodik versi 2023 terbaru. Sebelum melakukan instalasi aplikasi dapodik versi 2023, ada baiknya anda terlebih dahulu mendownload installernya pada laman https://dapo.kemdikbud.go.id dengan memilih dan mengklik menu UNDUHAN atau bisa juga dengan memilih menu BERITA, lalu memilih Berita terbaru mengenai rilisnya aplikasi dapodik versi 2023 dan dibagian bawah BERITA tersebut terdapat beberapa link untuk download aplikasinya. Anda tinggal memilih dan mengkliknya saja lagi maka secara otomatis file aplikasi dapodik versi 2023 akan terdownload dengan ukuran sekitar 75-80 mb.

Setelah berhasil mendownload aplikasi dapodik versi 2023, silahkan anda unstal aplikasi dapodik terdahulu yaitu versi 2022 dengan memilih dan mengklik menu CONTROL PANEL pada laptop. Untuk lebih jelasnya cara install aplikasi dapodik versi 2023 ini, berikut mimin bagikan Langkah-langkahnya:

  1. Unstal aplikasi dapodik versi 2022 yang telah digunakan hingga selesai dan lakukan restart pada laptop
  2. Setelah laptop Kembali menyala, alangkah baiknya anda melakukan pengecekan pada LOCAL DISK: (C), lalu pilih folder dengan nama PROGRAM FILES atau PROGRAM FILES (X86) untuk melihat apakah ada folder dengan nama DAPODIK didalamnya. Jika tidak ada berarti aman dan lakukan tahap berikutnya, tetapi jika ada folder dengan nama DAPODIK silahkan anda CUT lalu pastekan di penyimpanan lain untuk nantinya dihapus, hal ini perlu dilakukan sebab jika dibiarkan maka akan berdampak errornya aplikasi dapodik saat ingin melakukan instalasi dengan keterang “aplikasi dapodik telah berhasil dipasang”
  3. Silahkan anda copy-pastekan aplikasi dapodik versi 2023 yang telah didwonload tadi pada LOCAL DISK: (C), selanjutnya silahkan klik kanan aplikasi dan pilih RUN AS ADMINISTRATOR. Lakukan penginstalan hingga selesai dan perlu diingat pada saat proses instalasi berlangsung jangan ada bagian yang di CANCEL
  4. Setelah berhasil menginstal hingga selesai, maka akan muncul 2 folder salah satu folder Bernama FOLDER_PREFILL, folder ini merupakan tempat untuk menyimpan PREFILL aplikasi dapodik yang nantinya diperlukan saat melakukan REGISTRASI seca OFFLINE. Sedangkan registrasi secara ONLINE tidak memerlukan PREFILL aplikasi dapodik, hanya perlu terhubung dengan jaringan internet saja. Untuk mendownload PREFILL dapodik, silahkan kunjungi laman https://dapo.kemdikbud.go.id lalu pilih menu UNDUH, pilih DATA PREFILLdan selanjutnya pilih provinsi tempat sekolah anda berada, masukkan username dapodik, password terbaru yang digunakan dan kode registrasi lalu terakhir pilih dan klik GENRATE. Apabila GENRATE sudah selasai, maka akan muncul menu download untuk Prefill dapodik.
  5. Silahkan copy-pastekan Prefill dapodik tadi pada folder yang muncul setelah install aplikasi dapodik versi 2023 dengan nama FOLDER_PREFILL dan lakukan REGISTRASI secara OFFLINE
  6. Jika berhasil maka progress registrasi akan berjalan dan terakhir akan terdapat nama sekolah, nama operator sekolah dan klik OK untuk mengakhirinya.
  7. Silahkan login dan mulai mengerjakan aplikasi dapodik versi 2023 dengan memperbaiki data yang INVALID.

Catatan: Prefill dapodik merupakan database dari hasil sinkronisasi pada aplikasi dapodik. Dan prefill ini sangat penting ketika ingin melakukan registrasi secara Offline.  

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Download Dan Cara Instal Aplikasi Dapodik Versi 2023 Terbaru. Yang mana ketika melakukan instalasi aplikasi dapodik versi 2023 ini pastikan tidak ada bagian yang di cancel dan tunggu proses instalasi hingga selesai. Jika ada bagian yang di cancel maka bisa saja tiba-tiba saat menggunakan aplikasi dapodik akan terjadi error dan harus dilakukan instalasi ulang. Setelah berhasil melakukan instalasi dengan benar, selanjutnya adalah melakukan Registrasi pada aplikasi dapodik versi 2023. Untuk registrasi ini dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu secara OFFLINE dan ONLINE.

Registrasi secara OFFLINE memerlukan yang namanya PREFILL DAPODIK yang bisa didownload pada laman https://dapo.kemdikbud.go.id. Sedangkan registrasi secara ONLINE dilakukan dengan menghubungkan laptop pada jaringan internet, agar proses registrasi ONLINE dapat berjalan secara lancar alangkah baiknya menggunakan jaringan wifi internet atau paket data dari handphone dengan sinyal yang kuat. Ketika jaringan buruk maka untuk registrasi aplikasi dapodik versi 2023 ini dapat terganggu dan bisa-bisa gagal untuk dilakukan, apabila registrasi telah gagal maka anda hanya bisa mengulang kembali mengunstal aplikasi dapodik yang ada lalu kemudian menginstalnya kembali dan melakukan registrasi ulang.  

Terakhir bagi anda yang berbagai pengetahuan atau pengalaman mengenai cara instal aplikasi dapodik versi 2023 ini agar dapat sekiranya menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "√ DOWNLOAD DAN CARA INSTAL APLIKASI DAPODIK VERSI 2023 TERBARU"