Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SOLUSI GAGAL SINKRONISASI DAPODIK VERSI 2023

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

SOLUSI GAGAL SINKRONISASI DAPODIK VERSI 2023

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Solusi Gagal Sinkronisasi Dapodik Versi 2023

Sinkronisasi merupakan bagian terakhir dari pengerjaan pada aplikasi dapodik seperti halnya dalam pengerjaan pada aplikasi dapodik versi 2023 untuk semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Proses sinkronisasi dapat dilakukan setelah tidak ada lagi INVALID pada data yang ada dalam aplikasi dapodik.

Proses sinkronisasi dapat dilakukan kapan pun kita mau selama itu ada data yang baru saja diperbaharui, dengan melakukan proses sinkronisasi maka kita sudah mengirimkan data sekolah untuk nantinya terbaca pada system yang ada pada server pusat.

Agar proses sinkronisasi ini dapat berjalan dengan lancar maka bisa dilakukan pada waktu yang tepat, misalnya diwaktu pagi hari saat tidak terjadi error pada system proses sinkronisasi yang dilakukan oleh sekolah lain atau bisa juga diwaktu malam hari agar proses sinkronisasi dapat berjalan dengan lancar.

Bagi anda yang sudah menggunakan aplikasi dapodik versi 2023 dan ingin melakukan sinkronisasi tetapi tiba-tiba mengalami kegagalan dengan keterangan “Anda Terdeteksi Menggunakan Prefill Lama!! Silahkan Generate Prefill Ulang”, tentunya ini bagi yang baru saja menjadi operator sekolah merasa khawatir tidak bisa melakukan sinkronisasi dapodik dengan keterangan menggunakan prefill lama, padahal saat pertama kali melakukan registrasi sudah mendownload dan menggunakan prefill terbaru.

Bagi anda yang mengalami hal tersebut, jangan khawatir berikut mimin bagikan solusi untuk mengatasinya dan semoga bermanfaat.

Solusi Gagal Sinkronisasi Dapodik Versi 2023

Untuk mengatasi gagalnya sinkronisasi pada aplikasi dapodik versi 2023 ini, ada beberapa Langkah mudah yang bisa anda lakukan daintaranya:

  1. Silahkan hubungkan internet dengan laptop anda
  2. Selanjutnya login pada aplikasi dapodik dengan menggunakan username
  3. Silahkan lakukan validasi
  4. Terakhir pilih dan klik TARIK DATA dan biarkan prosenya berjalan hingga selesai
  5. Setelah proses TARIK DATA telah selesai dilakukan, selanjutnya coba Kembali melakukan sinkronisasi

Proses TARIK DATA ini perlu dilakukan terlebih lagi untuk aplikasi dapodik terbaru versi 2023 yang baru saja dirilis, dalam proses TARIK DATA kita hanya mengambil data lokal saja tidak mengirim data yang ada pada server pusat. 

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Solusi Gagal Sinkronisasi Dapodik Versi 2023 dengan keterangan karena terdeteksi menggunakan prefill lama dan harus generate ulang. Anda tidak perlu download ulang prefill dan melakukan registrasi dapodik Kembali dari awal supaya bisa melakukan sinkronisasi pada aplikasi dapodik yang digunakan. Yang harus anda lakukan adalah cukup TARIK DATA terlebih dahulu, baru kemudian melakukan sinrkonisasi aplikasi dapodik seperti biasa dilakukan. 

Bagi anda yang mengetahui cara lain dalam mengatasi gagal melakukan sinkronisasi pada aplikasi dapodik, maka dapat sekiranya berbagi dengan menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "SOLUSI GAGAL SINKRONISASI DAPODIK VERSI 2023"