Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SOLUSI UNTUK YANG LUPA KODE REGISTRASI DAPODIK VERSI 2023

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

SOLUSI UNTUK YANG LUPA KODE REGISTRASI DAPODIK VERSI 2023

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Solusi Bagi Yang Lupa Kode Registrasi Dapodik Versi 2023

Kode Registrasi menjadi hal yang sangat penting bagi setiap satuan Pendidikan yang ingin melakukan pengerjaan pada aplikasi dapodik. Kode Registrasi menjadi sebuah kunci yang memuat data-data milik sekolah yang nantinya akan digunakan saat pertama kali melakukan registrasi pada aplikasi dapodik, baik itu registrasi secara online maupun secara offline.

Selain berfungsi sebagai melakukan registrasi pada aplikasi dapodik, kode registrasi juga memiliki fungsi lainnya seperti halnya Untuk mendownload Prefill Aplikasi Dapodik jika ingin melakukan registrasi secara offline, Sebagai salah satu yang harus diisi ketika ingin melakukan pelaporan pada website Dana BOS Online dengan login secara alternatif dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kode Registrasi sekolah terdiri dari 10 digit dengan kombinasi huruf dan juga angka, kode registrasi sebagai pengenal untuk masing-masing satuan pendidikan. Untuk itu sebagai operator sekolah hendaknya kita memiliki dan menyimpan kode registrasi ini sebagai bahan untuk dipergunakan sesuai dengan keperluan.

Lantas bagaimana jika lupa kode registrasi saat ingin melakukan registrasi pada aplikasi dapodik, misalnya pada aplikasi dapodik yang baru saja dirilis beberapa waktu yang lalu dengan versi 2023. Memang wajar sebagai seorang manusia kita lupa terhadap sesuatu, misalnya lupa terhadap kode registrasi yang dimiliki lantaran tidak adanya catatan mengenai hal tersebut. Atau anda bertugas sebagai operator sekolah yang baru yang tidak diberikan kode registrasi aplikasi dapodik oleh operator sekolah terdahulu, sehingga keadaan tersebut membuat kita menjadi bingung dan juga was-was.

Bagi anda yang lupa atau tidak mengetahui kode registrasi aplikasi dapodik, berikut mimin akan berikan cara atau Langkah yang bisa dilakukan.

Solusi Bagi Yang Lupa Kode Registrasi Dapodik

Cara mudah untuk mengetahui Kode Registrasi Dapodik karena lupa adalah dengan menghubungi operator dinas pendidikan kabupaten/kota setempat untuk meminta kode registrasi sekolahnya, nantinya operator dinas pendidikan kabupaten/kota setempat akan melakukan reset kode registrasi yang baru dan bisa memberikannya kepada anda.

Namun, bagi anda yang tidak ingin repot-repot meminta kode registrasi kepada operator dinas pendidikan kabupaten/kota setempat, berikut mimin bagikan cara mengetahui kode registrasi sekolah secara langsung, yaitu:

  1. Syarat utama untuk mengetahui kode registrasi ini adalah dengan memastikan bahwa aplikasi dapodik terdahulu BELUM DI UNSTAL atau dilepaskan dari perangkat laptop/PC. Apabila sudah di Unstal aplikasi dapodik terdahulu, maka kode registrasi sekolah tidak dapat dilakukan pengecekan
  2. Apabila aplikasi dapodik terdahulu belum di unstal, silahkan lanjut pada poin nomor 2 ini. Silahkan anda pilih dan klik Local Disk (C:) dan pilih folder Program Files (X86) atau Folder Program Files
  3. Silahkan anda cek folder dengan nama Dapodik dan silahkan double klik pada folder tersebut
  4. Selanjutnya silahkan anda pilih dan klik folder dengan nama WEBSERVER
  5. Kemudian silahkan pilih dan klik folder dengan nama Logs
  6. Didalam folder LOGS tadi silahkan double klik pada ACCESS
  7. Maka akan muncul Text Docoment, tekan CTRL+F pada keyboard maka akan muncul jendala untuk melakuakn search. Silahkan anda ketik dengan kata kunci “registrasi” dan ENTER, maka anda secara otomatis akan diarahkan pada file dengan nama Registrasi, tinggal anda ketik atau catat kode registrasi yang terlihat, begitu juga dengan username dan password yang digunakan saat melakukan registrasi aplikasi dapodik terdahulu dapat anda catat dan simpan.   

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Solusi Bagi Yang Lupa Kode Registrasi Dapodik terlebih lagi untuk aplikasi dapdoik Versi 2023 yang baru-baru ini dirilis. Dengan mengetahui cara yang mimin bagikan tadi, maka seharusnya anda telah berhasil mengetahui kode registrasi yang dimiliki sekolah tanpa harus membuat laporan pada operator dinas Pendidikan kabupaten/kota setempat. 

Bagi anda yang mengetahui cara lain dalam mengetahui kode registrasi sekolah lantaran lupa, maka dapat sekiranya berbagi dengan menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya. 

Posting Komentar untuk "SOLUSI UNTUK YANG LUPA KODE REGISTRASI DAPODIK VERSI 2023 "