Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[UPLOAD] RPP BAGI CALON GURU PENGGERAK TAHUN 2022

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

[UPLOAD] RPP BAGI CALON GURU PENGGERAK TAHUN 2022

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Upload RPP Bagi Calon Guru Penggerak Tahun 2022

Bagi Calon Guru Penggerak yang dinyatakan LULUS pada tahap 1 akan melanjutkan ke tahap 2 dan ditahap ke 2 ini bagi peserta calon guru penggerak diharuskan untuk mengupload Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang akan digunakan sebagai acuan untuk melakukan simulasi mengajar tanpa murid.

Pada tahap ke 2 ini calon guru penggerak akan menghadapi tes simulasi mengajar tanpa murid dan juga tes wawancara, untuk batas waktu mengupload Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini dapat dilihat pada laman SIMPKB, lebih khususnya pada portal guru penggerak. Selain mengetahui batas akhir upload Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), bagi calon guru penggerak juga akan mengetahui kapan jadwal melakukan simulasi mengajar dan waktu pelaksanaannya.

Sebelum membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) hendaknya terlebih dahulu memilih topik sesuai dengan jenjang Pendidikan dan tugas yang diajarkan disekolah. Misalnya jika mengajar dikelas rendah sekolah dasar dapat memilih topik yang ada dikelas rendah, begitu juga jika mengajar dikelas tinggi sekolah dasar maka dapat memilih topik yang sesuai.

Setelah menentukan topik yang akan digunakan dalam simulasi mengajar, selanjutnya kita dapat Menyusun atau membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)nya sesuai dengan kurikulum yang digunakan pada satuan Pendidikan tersebut, misalnya untuk sekolah dasar menggunakan Kurikulum 2013 (K-13) maka topik pembelajarannya berupa TEMA dan didalam TEMA tersebut terdapat beberapa Subtema dan gabungan beberapa mata pelajaran. Jadi, untuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang digunakan sebagai acuan dalam simulasi mengajar calon guru penggerak dapat menyesuaikan dengan TEMA yang dipilih.

Tentunya sebagai seorang guru Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sudah tidak asing lagi sehingga dapat merancangnya sendiri sesuai dengan keperluan yang digunakan dalam mengajar dikelas.

Nah, bagi anda calon guru penggerak angkatan 7 tahun 2022 yang sudah memiliki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau sudah selesai membuatnya dan akan digunakan sebagai bahan dalam melakukan simulasi mengajar nanti maka dapat mengupload atau menambahkannya pada laman guru berbagi dan lakukan konfirmasi pada laman guru penggerak.

Dan yang perlu anda ketahui bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang diupload adalah jenis file PDF, sehingga ketika anda selesai membuatnya pada Microsoft word maka anda dapat menyimpannya dengan memilih SAVE AS dan memilih format file PDF dengan ukuran file tidak melebihi batas maksimalnya.

Berikut mimin bagikan Cara Upload RPP Tahap 2 Bagi Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Tahun 2022, yaitu:    

  1. Silahkan kunjungi laman https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/ 
  2. Silahkan pilih dan klik menu MASUK yang ada pada bagian pojok kanan atas 
  3. Gunakan akun SIMPKB atau akun belajar.id untuk login pada laman
  4. Setelah berhasil login dan pada dashboard laman, silahkan pilih dan klik menu Kelola RPP/ RPP Saya yang ada dibagian sebelah kiri
  5. Klik tanda plus (+) untuk mulai berbagi RPP
  6. Setelah masuk pada ruang berbagi RPP, silahkan anda pilih menu tanda KAMERA untuk memilih gambar/ilustrasi. Anda dapat membuat atau mendownload gamabar/ilustrasi yang sesuai dengan RPP yang telah dibuat, baru kemudian menguploadnya 
  7. Setelah mengupload gambar/ilustrasi, selanjutnya silahkan anda mengisi Judul, Jenis, dan Deskripsi RPP yang telah dibuat
  8. Kemudian memilih Jenjang, Tingkat/Kelas, dan Mata Pelajaran yang relevan sesuai dengan RPP yang telah dibuat
  9. Selanjutnya silahkan menambahkan tag dengan memilih RPP
  10. Silahkan mengupload dokumen RPP yang telah dibuat pada Lampiran Berkas (PDF)
  11. Setelah mengupload dokumen/file RPP, silahkan anda centang pernyataan yang ada pada laman tersebut sebagai tanda setuju terhadap ketentuan yang berlaku
  12. Terakhir silahkan pilih dan klik SIMPAN untuk menyelesaikan berbagi RPP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berhasil diupload akan terlihat keterangan TERBIT pada laman guru berbagi di menu RPP Saya, dan pada laman Guru Penggerak anda hanya perlu memilih SUDAH ADA RPP, lalu memilih judulnya sesuai yang anda buat dan lakukan KONFIRMASI terhadap kebenaran RPP anda.

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Cara Upload RPP Tahap 2 Bagi Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Tahun 2022. Yang mana upload RPP ini sangat penting dilakukan bagi Calon Guru Penggerak yang akan melakukan simulasi mengajar tanpa murid sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan pada laman SIMPKB lebih khusus lagi pada laman Guru Penggerak. Dan RPP yang anda upload inilah nantinya sebagai pedoman dalam melakukan simulasi dengan topik menyesuaikan pilihan yang ada.

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai cara upload Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bagi Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Tahun 2022 ini agar sekiranya menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya. 

Posting Komentar untuk "[UPLOAD] RPP BAGI CALON GURU PENGGERAK TAHUN 2022"