Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[NEW] CARA INPUT NILAI SISWA PADA SIAGA PENDIS SEMESTER GANJIL TAHUN 2022

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

[NEW] CARA INPUT NILAI SISWA PADA SIAGA PENDIS SEMESTER GANJIL TAHUN 2022

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Cara Input Nilai Siswa Pada SIAGA PENDIS Semester Ganjil Tahun 2022

Siaga Pendis untuk semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 sudah bisa diakses oleh Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) baik dari sekolah swasta maupun negeri, baik yang sudah PNS maupun yang masih berstatus Non-ASN.

Sebagai seorang Guru Pendidikan Agama Islam yang ada disekolah dasar maupun menengah hendaknya berstatus aktif pada laman Siaga Pendis, hal ini dikarenakan sebagai salah satu syarat dibayarnya Tunjangan Profesi Guru adalah aktifkannya akun Siaga Pendis yang dimiliki. Selain itu, keaktifan pada akun Siaga Pendis ini bertujuan untuk mengikuti pretest PPG bagi yang belum terpanggil dan belum memiliki Sertifikat Pendidik (Sertifikasi).

Agar status pada Siaga Pendis “Sudah Aktif” maka para Guru hendaknya mengisikan atau memperbaiki menu Portofolio terlebih dahulu, lalu meminta agar verval pada menu Portofolio disetujui oleh admin depag kabupaten/kota. Selain memperbaiki data pada menu portofolio, guru yang bersangkutan juga harus membuat jadwal dan tugas mengajar agar nantinya status pada Siaga Pendis “Sudah Aktif”.

Pada semester ganjil tahun 2022 ini dilaman Siaga Pendis terdapat menu baru yaitu NILAI SISWA, yang mana menu NILAI SISWA ini mengharuskan gurunya untuk mengisikan nilai-nilai yang diperoleh siswa dari kelas 1 hingga kelas 6 pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Dan menu Input Nilai ini wajib diisi supaya nantinya kita dapat melanjutkan  untuk membuat jadwal dan tuagas mengajar semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023.

Perlu diketahui bahwa cara input nilai siswa ini dapat dilakukan melalui 2 cara, yaitu dengan cara manual menambahkan langsung nama dan nilai siswanya atau bisa juga dengan melakukan copy-paste nama dan nilai siswa pada template_nilai_siswa yang sebelumnya sudah didownload pada laman Siaga Pendis.

Untuk lebih jelasnya berikut mimin bagikan cara atau langkah mudah input nilai siswa pada laman Siaga Pendis.

Cara Input Nilai Siswa Pada SIAGA PENDIS Semester Ganjil Tahun 2022

[NEW] CARA INPUT NILAI SISWA PADA SIAGA PENDIS SEMESTER GANJIL TAHUN 2022

[NEW] CARA INPUT NILAI SISWA PADA SIAGA PENDIS SEMESTER GANJIL TAHUN 2022

Sebelum menginput nilai siswa pada laman Siaga Pendis ada baiknya anda mempersiapkan file atau catatan mengenai nilai siswa dimasing-masing kelas pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Anda dapat mengambil nilai siswa yang ada di buku Rapor sebagai acuan dalam menginput nilai siswa pada laman Siaga Pendis, hal ini dikarenakan nilai Rapor tersebut merupakan nilai akhir yang diperoleh siswa setelah sebelumnya beberapa nilai siswa diinputkan kan aplikasi Rapor yang digunakan oleh sekolah.

Jika file atau catatan sudah dipersiapkan baru Langkah selanjutnya adalah menginputkan nilai siswa, berikut cara atau langkahnya:

  1. Silahkan kunjungi laman https://siagapendis.com
  2. Masukkan username dan password akun siaga pendis yang dimiliki
  3. Setelah berhasil login, silahkan anda lengkapi terlebih dahulu menu PORTOFOLIO lalu kemudian meminta vervalkan kepada admin Depag/kemenag
  4. Setelah menu PORTOFOLIO disetujui, barulah anda dapat melanjutkan tahap berikutnya menginput NILAI SISWA pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022
  5. Silahkan pilih dan klik menu NILAI SISWA, maka akan muncul 3 menu pilihan seperti: 1) TAMBAH NILAI, 2) TEMPLATE NILAI, dan 3) IMPORT NILAI SISWA. Anda dapat memilih TAMBAH NILAI siswa lalu menuliskan nama siswa satu persatu beserta dengan nilainya, jika jumlah siswanya sedikit mungkin masih bisa menggunakan menu TAMBAH NILAI ini secara langsung tetapi jika jumlah siswanya sangat banyak tentunya membuat kita kelelahan dan memakan banyak waktu. Oleh sebab itu, untuk menghemat waktu anda dapat memilih menu TEMPLATE NILAI maka file otomatis terdownload. Anda hanya perlu copy-paste nama-nama dan nilai siswa pada TEMPLATE NILAI yang sudah tersedia dan menyimpannya. Selanjutnya anda pilih menu IMPORT NILAI SISWA, lalu mencari tempat file template nilai tadi tersimpan dan menguploadnya maka secara otomatis system akan memunculkan nama dan nilai siswa pada SIAGA PENDIS
  6. Setelah selesai mengupload nilai siswa, selanjutnya anda dapat membuat jadwal dan tugas mengajar pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Anda haya perlu menambhkannya lalu memilih mata pelajaran (Pendidikan Agama Islam atau Muatan Lokal), jumlah rombel, jumlah siswa pada rombel dna jumlah jam mengajar dan terakhir memilih Save. Baru selanjutnya anda dapat mendownload jadwal yang telah dibuat tersebut, lalu kemudian menguploadnya Kembali setelah diberi tanda tangan dan stempel basah oleh kepala sekolah.

CATATAN: Untuk template nilai tersebut hendaknya diletakkan pada satu folder dengan diberi nama masing-masing kelas untuk nantinya mempermudah kita dalam melakukan import file nilai siswa. Dan bagi anda yang memiliki jumlah siswa cukup banyak dapat mendownload dan memanfaatkan file template nilai, baru selanjutnya diimport atau diupload pada laman SIAGA PENDIS.   

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Cara Input Nilai Siswa Pada SIAGA PENDIS Semester Ganjil Tahun 2022. Yang mana INPUT NILAI ini wajib dilakukan oleh guru agama islam baik yang PNS maupun yang Non-PNS, agar nantinya dapat melanjutkannya untuk membuat jadwal pelajaran sesuai dengan SK Pembagian Tugas yang dimiliki. Setelah semuanya selesai dikerjakan maka status pada laman SIAGA PENDIS akan berubah menjadi “SUDAH AKTIF”.

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai SIAGA PENDIS khususnya tentang input nialai dan sebagainya, maka agar sekiranya  dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "[NEW] CARA INPUT NILAI SISWA PADA SIAGA PENDIS SEMESTER GANJIL TAHUN 2022"