Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA INPUT PEMBELAJARAN BAGI PTK PADA APLIKASI DAPODIK 2023

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

CARA INPUT PEMBELAJARAN BAGI PTK PADA APLIKASI DAPODIK 2023

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Cara Input Pembelajaran Bagi PTK Pada Aplikasi Dapodik 2023

Salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh operator sekolah adalah menginput pembelajaran bagi para PTK pada aplikasi dapodik yang digunakan, yaitu dapodik versi 2023 yang sedang digunakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023.

Penginputan pembelajaran ini tentunya menyesuaikan satuan pendidikannya masing-masing, misalnya untuk sekolah dasar maka setiap kelasnya dipimpin oleh seorang guru kelas SD/MI dengan total jam mengajar per minggunya adalah 24 jam. Sedangkan untuk guru Pendidikan agama dan juga Pendidikan jasmani, olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada satuan Pendidikan sekolah dasar bisa diinputkan minimal 4 jam per kelasnya, jika ada 6 buah rombel kelas maka jumlah jam mengajarnya adalah 24 jam. Adapun untuk sekolah menengah pertama, maka penginputan jam pembelajaran ini menyesuaikan dengan mata pelajaran yang diajarkan oleh gurunya pada setiap rombel. Jika jumlah jam mengajarnya tidak mencukupi 24 jam, maka hal yang bisa dilakukan oleh guru yang berangkutan adalah dengan menambah jam pembelajaran pada sekolah lain.

Selain itu, hal penting mengapa pembelajaran ini sangat penting untuk dilakukan adalah untuk mendapatkan kelayakan menerima Tunjangan Profesi Guru (TPG) bagi yang sudah memiliki sertifikat pendidik. Salah satu persyaratan dibayarkannya TPG bagi guru yang sudah sertifikasi adalah memiliki jam mengajar setidaknya 24 jam per minggu.

Sebelum melakukan penginputan pembelajaran pada aplikasi dapodik, yang harus dipersiapkan oleh operator sekolah adalah SK Pembagian Tugas dari sekolah yang ditandatangani oleh kepala sekolah. Dari SK Pembagian Tugas sekolah ini nantinya akan terlihat tugas masing-masing guru/PTK pada setiap rombelnya, lalu ada nomor suratnya dan tanggal diterbitkannya surat yang nantinya akan diinputkan pada aplikasi dapodik.

Cara Input Pembelajaran Bagi PTK Pada Aplikasi Dapodik 2023

Berikut cara atau langkah input pembelajaran yang bisa dilakukan oleh operator sekolah, yaitu:

  1. Login pada aplikasi dapodik yang digunakan menggunakan username dan password yang sudah diregistrasikan
  2. Silahkan pilih dan klik menu ROMBONGAN BELAJAR, lalu pilih REGULER
  3. Maka akan muncul jumlah rombel yang ada disekolah tersebut, misalnya untuk satuan Pendidikan sekolah dasar dapat memilih rombel kelas 1 sampai kelas 6 untuk diinputkan jam pembelajarannya
  4. Misalnya pilih kelas 1, lalu pilih menu PEMBELAJARAN yang ada dibagian atas
  5. Akan muncul isian berbagai macam jenis pembelajaran, misalnya pembelajaran agama, guru kelas, guru maple, guru PJOK beserta dengan jumlah maksimal jam pembelajarannya. Apabila ingin menginput pembelajaran untuk guru agama islam, silahkan pilih maple Pendidikan Agama Islam, lalu pilih PTK yang bertugas, input nomor surat sesuai dengan SK Pembagian Tugas Mengajar dan Tanggal SK Pembagian Tugas Mengajar yang sudah diterbitkan
  6. Apabila sudah terinput dengan benar, silahkan akhiri proses penginputan dengan memilih dan mengklik tombol SIMPAN
  7. Jangan lupa untuk mengatur jadwal pembelajarannya di menu JADWAL
  8. Dan terakhir lakukan sinkronisasi  

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Cara Input Pembelajaran Bagi PTK Pada Aplikasi Dapodik 2023. Yang mana penginputan jam pembelajaran ini adalah sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam mendapatkan kelayakan TPG bagi guru yang sudah sertifikasi. Proses penginputan pembelajaran sesuai dengan SK Pembagian Tugas Mengajar yang diterbitkan oleh sekolah dengan ditandatangani oleh kepala sekolah.

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai penginputan pembelajaran bagi guru/PTK pada aplikasi dapodik yang digunakan agar dapat sekiranya menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "CARA INPUT PEMBELAJARAN BAGI PTK PADA APLIKASI DAPODIK 2023"