Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MENARIK DATA SISWA PINDAHAN ATAU MUTASI SECARA ONLINE TAHUN 2022

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

CARA MENARIK DATA SISWA PINDAHAN ATAU MUTASI SECARA ONLINE TAHUN 2022

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Cara Menarik Data Siswa Pindahan Atau Mutasi Secara Online Tahun 2022

Siswa pindah atau mutase ini sudah menjadi hal yang lumrah dalam dunia Pendidikan, terlebih lagi saat semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 sering dijumpai adanya siswa yang pindah atau mutasi dari sekolah awal kesekolah berikutnya.

Siswa yang pindah atau mutasi ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya:

  1. Mengikuti orangtua yang berpindah domisili
  2. Orangtua yang berpindah tempat kerja, sehingga tidak memungkinkan siswa untuk bersekolah disekolah asal
  3. Orangtua yang sedang bekerja ditempat yang jauh, sehingga siswa yang bersangkutan tinggal dengan wali nya
  4. Terjadinya hubungan yang tidak harmonis antar sesama siswa lainnya, sehingga siswa tersebut ingin pindah kesekolah lain

Anda dapat menuliskan penyebab lain mengapa siswa harus pindah atau mutasi pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel. 

Data siswa yang pindah atau mutasi ini dapat ditarik secara online selama sekolah asal siswa dibawah naungan yang sama. Misalnya siswa yang sekolah asalnya dari SD dan tujuan sekolah berikutnya adalah SD juga, maka datanya dapat ditarik secara online. Hal ini dikarenakan antara sekolah asal dengan sekolah tujuan sama-sama berada dibawah naungan Kemendikbud Ristek dan sama-sama menggunakan yang namanya aplikasi dapodik. 

Namun, apabila siswa yang bersangkutan berasal dari sekolah lain atau dibawah naungan Kemenag seperti sekolah Madrasah atau pondok pesantren, maka data siswa itu tidak bisa ditarik secara langsung tetapi hanya bisa ditambahkan melalui menu input Data siswa MUTASI pada laman manajemen dapodik.

Dan dalam kesempatan kali ini mimin akan membagikan cara menarik data siswa pindahan atau mutase secara online dengan catatan bahwa antara sekolah asal dengan sekolah yang dituju sama-sama sekolah yang berada dibawah naungan Kemendikbud Ristek, seperti contohnya Sekolah Dasar (SD).

Cara Menarik Data Siswa Pindahan Atau Mutasi Secara Online Tahun 2022

Sebelum menarik data siswa pindahan atau mutasi hal yang harus anda miliki adalah data dukung siswa tersebut seperti halnya:

AKTA Lahir siswa tersebut

Kartu Keluarga (KK)

Surat Mutasi dari sekolah asal ke sekolah yang baru

Formular isian sesuai dengan keperluan sekolah

Pastikan data siswa tersebut sudah dikeluarkan dari dapodik sekolah asal

Jika data dukung sudah siap maka hal selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah menarik data siswa tersebut secara online, berikut cara atau langkahnya:

  1. Silahkan anda kunjungi laman https://sp.datadik.kemdikbud.go.id
  2. Login dengan menggunakan akun dapodik sekolah
  3. Setelah berhasil login, dibagian atas akan terdapat beberapa macam menu pilihan seperti: Data Pokok, Aplikasi dan Dokumen
  4. Silahkan anda pilih dan klik menu Aplikasi, maka akan muncul beberapa menu utama seperti: PD Baru, Mutasi dan PTK
  5. Silahkan pilih dan klik menu Mutasi, pilih dapodik apabila siswa berasal dari sekolah dengan jenjang yang sama (SD) dan pilih Non Dapodik apabila siswa berasal dari sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Pondok Pesantren
  6. Selanjutnya silahkan isikan nama Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Nama Sekolah, pilih Rombel Tujuan siswa, lalu pilih Tampilkan. Maka akan muncul daftar nama siswa disekolah tersebut, silahkan anda pilih nama siswa yang pindah atau mutase kesekolah anda, beri tanda centang dan dibagian bawah silahkan pilih menu DAFTARKAN
  7. Apabila sudah memilih dan mengklik menu DAFTARKAN, silahkan anda TARIK DATA pada aplikasi dapodik untuk menurunkan data siswa pindahan atau mutasi tersebut
  8. Setelah data siswa masuk pada aplikasi dapodik, selanjutnya anda perbaiki data siswa tersebut apabila terdapat kesalahan dan lakukan registrasi siswa dengan mengisikan nomor NIPD, tanggal masuk sekolah, nama sekolah asal dan asal usul siswa pilih PINDAHAN. Untuk status siswa pada menu rombel kelas tujuan “NAIK KELAS” abaikan saja, yang penting pada menu REGISTRASI sudah disesuaikan kevalidannya
  9. Langkah terakhir lakukan sinkronisasi apabila isian pada aplikasi dapodik sudah selesai dikerjakan.  

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Cara Menarik Data Siswa Pindahan Atau Mutasi Secara Online Tahun 2022. Jadi, bagi anda yang mendapatkan adanya siswa yang pindah atau mutasi dari sekolah lain kesekolah anda dengan jenjang yang sama dan dibawah naungan yang sama seperti halnya Sekolah Dasar (SD) dapat memanfaatkan menu Tarik data siswa secara online pada laman Manajemen Dapodik untuk mempermudahkan kita dalam mendata daftar siswa yang ada. Selain itu, manfaat dari Tarik data siswa secara online ini juga bertujuan untuk melanjutkan data siswa pada jenjang yang sama, tanpa harus mengisikan biodata siswa dari awal. 

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai Cara Menarik Data Siswa Pindahan Atau Mutasi Secara Online Tahun 2022 agar dapat sekiranya menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "CARA MENARIK DATA SISWA PINDAHAN ATAU MUTASI SECARA ONLINE TAHUN 2022"