Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DOWNLOAD SURAT AKTIF BELAJAR UNTUK SISWA YANG TERCATAT GANDA PADA VERVAL PD

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

DOWNLOAD SURAT AKTIF BELAJAR UNTUK SISWA YANG TERCATAT GANDA PADA VERVAL PD

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Download Surat Aktif Belajar Untuk Siswa Yang Tercatat Ganda Pada Verval PD

Data siswa yang sudah masuk pada aplikasi dapodik akan terlihat nantinya hasilnya di laman Verval PD, yang mana pada laman Verval PD ini data siswa akan diketahui kesalahannya meskipun pada aplikasi dapodik dirasa sudah benar. Pada laman Verval PD terdapat menu RESIDU yang mana pada menu RESIDU ini akan terlihat sangat jelas data siswa yang invalid dengan tanda silang merah.

Sebagai seorang operator sekolah tidak hanya melakukan proses input data dan sinkronisasi aplikasi dapodik saja, tetapi juga melakukan validasi dan verifikasi terhadap data hasil inputan pada aplikasi dapodik melalui laman Verval PD. 

Di menu RESIDU dan khususnya pada menu QUALITY CONTROL akan terlihat permasalahan data siswa, mulai dari NIK, NPSN Ganda, Siswa Tercatat Ganda dan sebagainya. Bagi siswa yang bermasalah adalah NIK, maka dapat di cek isian NIK pada aplikasi dapodik. Apabila NIK yang diiput pada aplikasi dapodik memang benar adanya sesuai dengan Kartu Keluarga (KK) maka perbaikan selanjutnya bisa dilakukan melalui DUKCAPIL setempat.

Dan bagi siswa yang masalahnya adalah NISN Ganda atau siswa aktif yang tercatat ganda maka diperbaiki dengan memilih menu Siswa Dikeluarkan Karena Ganda pada laman Verval Pd. NISN dan siswa ganda ini diakibatkan karena adanya siswa yang tercatat lebih dari 1 sekolah, misalnya pada kasus siswa baru yang tidak terdeteksi datanya pada sekolah asal Ketika diinputkan secara manual pada aplikasi dapodik lalu dilakukan sinkronisasi maka data siswa tersebut bisa saja terdeteksi ganda dan berstatus sama-sama aktif.

Untuk itu agar siswa yang terdeteksi ganda tersebut bisa di keluarkan salah satunya, maka yang harus dilakukan operator sekolah adalah mengupload Surat Keterangan AKTIF BELAJAR bagi siswa yang terdeteksi ganda. Setelah mengupload Surat Keterangan AKTIF BELAJAR dan disetujui oleh admin, maka nantinya data siswa disekolah asal akan dihilangkan dengan keterangan sudah LULUS dan di menu Residu pun siswa tersebut akan hilang datanya.

Berikut contoh Surat Keterangan AKTIF BELAJAR siswa:

 

Download Surat Keterangan AKTIF BELAJAR Siswa disini 

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Download Surat Aktif Belajar Untuk Siswa Yang Tercatat Ganda Pada Verval PD. Siswa yang tercatat ganda ini diketahui melalui menu RESIDU pada bagian Quality Control, terdapat silang merah pada kolom bagian NISN dengan alasan karena NISN dipakai lebih dari 1 siswa dan siswa tersebut sama-sama aktif dimasing-masing sekolahnya. Untuk itu cara mengatasi siswa yang ganda dengan dirinya sendiri dan tercatat aktif disekolah asal dengan yang sekolah yang baru dapat dilakukan melalui menu PENGELUARAN SISWA (tercatat ganda). Pada menu tersebut nantinya anda akan memasukkan NPSN Sekolah asal, NISN siswa, nama siswa sama persis dengan yang ada disekolah asal dan nama ibu kandungnya, silahkan isi keterangan dengan alasan LULUS dan upload Surat Keterangan Aktif Belajar siswa tersebut disekolahnya yang baru, nantinya admin akan menyetujuinya dan siswa pun tidak lagi tercatat ganda.

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai penyebab siswa terdeteksi ganda agar dapat sekiranya menuliskannya dikolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "DOWNLOAD SURAT AKTIF BELAJAR UNTUK SISWA YANG TERCATAT GANDA PADA VERVAL PD"