Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ SYARAT DAN WAKTU PENDAFTARAN SELEKSI AKADEMIK PPG MADRASAH TAHUN 2022

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

√ SYARAT DAN WAKTU PENDAFTARAN SELEKSI AKADEMIK PPG MADRASAH TAHUN 2022

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Syarat Dan Waktu Pendaftaran Seleksi Akademik PPG Madrasah Tahun 2022

Kabar gembira tentunya bagi guru-guru madrasah yang belum memiliki Sertifikat Pendidik, pasalnya berdasarkan surat edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor B-476/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/07/2022 tertanggal 29 Juli 2022 dengan pokok surat Pembukaan Pendaftaran Pelaksanaan Seleksi Akademik PPG bagi Guru Madrasah ini ditandatangi oleh Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah, Muhammad Zain, atas nama Direktur Jenderal. Membuka Kembali seleksi akademik PPG bagi guru-guru madrasah ditahun 2022 ini.

Adapun tujuan dari seleksi akademik PPG ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada guru-guru yang ada disekolah madrasah dibawah naungan Kementerian Agama untuk bisa mendapatkan sertifikat Pendidik melalui program PPG tahun 2022. Adapun guru-guru disekolah madrasah yang dimaksud antara lain, Guru kelas Madrasah Ibtidaiyah (MI), Guru Kelas Raudhatul Athfal (RA), Rumpun agama (Alqur’an Hadist, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam, Akidah Akhlak, dan Bahasa Arab) maupun guru mata pelajaran umum.

Dan berdasarkan surat edaran tersebut dapat diketahui bahwa untuk mengikuti seleksi akademik PPG ini tidak hanya untuk guru RA atau MI saja, tetapi bisa diikuti oleh guru madrasah ditingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).

Sebelum melakukan pendaftaran seleksi akademik, ada beberapa poin penting sebagai persyaratan yang harus diperhatikan oleh para peserta PPG diantaranya adalah:

  1. Terdata aktif di Simpatika sebagai guru dengan satuan administrasi pangkal (satminkal) di Madrasah.
  2. Belum pernah mengikuti program sertifikasi guru dan memiliki sertifikat pendidik.
  3. Memiliki kualifikasi akademik minimal S1/D4 yang linier dengan mata pelajaran yang dipilih sesuai regulasi linieritas.
  4. Memiliki NPK
  5. Memiliki SK pengangkatan sebagai guru dengan TMT paling lama di tahun 2020
  6. Berusia maksimal 58 (lima puluh delapan) tahun di bulan Agustus 2022.

Itulah beberapa poin penting yang harus dipenuhi bagi calon peserta PPG bagi guru madrasah tahun 2022, apabila dirasa semua persyaratan tersebut terpenuhi maka segeralah melakukan pendaftaran selagi masih ada waktu dan apabila salah satu persyaratan tidak terpenuhi tentunya tidak akan bisa untuk melakukan pendaftaran PPG Kemenag guru madrasah tahun 2022.

Adapun waktu dan tahapan pendaftaran bagi calon peserta seleksi akademik PPG bagi guru madrasah, yaitu:

  • 1-5 Agustus 2022, Pendaftaran calon peserta bagi guru yang memenuhi syarat dilaksanakan secara daring melalui Simpatika.
  • 5-7 Agustus 2022, Pencetakan Surat Pengantar Ujian Seleksi Akademik dari Simpatika.
  • 8-10 Agustus 2022, Pelaksanaan Seleksi Akademik.
  • 12 Agustus 2022, Pengumuman hasil Seleksi Akademik di Simpatika.

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Syarat Dan Waktu Pendaftaran Seleksi Akademik PPG Madrasah Tahun 2022. Bagi anda yang belum memiliki sertifikat pendidik dan sudah memenuhi persyaratan didalam pendaftaran maka segerala melakukan pendaftaran sebagai salah satu calon peserta PPG Madrasah tahun 2022. Dan bagi yang belum memehuni persyaratan dalam melakukan pendaftaran jangan berkecil hati, semoga masih ada kesempatan

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai seleksi akademik PPG bagi guru madrasah tahun 2022 ini agar dapat sekiranya menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "√ SYARAT DAN WAKTU PENDAFTARAN SELEKSI AKADEMIK PPG MADRASAH TAHUN 2022"