Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[NEW] CARA MENGISI KEAKTIFAN PTK DAN TENDIK PADA APLIKASI DAPODIK

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

[NEW] CARA MENGISI KEAKTIFAN PTK DAN TENDIK PADA APLIKASI DAPODIK

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Cara Mengisi Keaktifan PTK Dan Tendik Pada Aplikasi Dapodik

Seorang PTK yang bertugas pada masing-masing satuan Pendidikan hendaknya memastikan diri bahwa statusnya aktif pada aplikasi dapodik. Terlebih lagi bagi PTK yang sudah memiliki sertifikat pendidik tentunya kita tahu bahwa salah satu syarat mendapatkan Tunjangan Profesi Guru (TPG) adalah PTK tersebut aktif pada aplikasi dapodik yang digunakan oleh sekolahnya.

Begitu juga dengan Tendik hendaknya memastikan diri bahwa statusnya pada aplikasi dapodik benar-benar aktif. Adapun yang menjadi bagian dari tendik ini antara lain:

1. Kepala sekolah

2. Penjaga sekolah

3. Petugas perpustakaan

4. Operator sekolah dan sebagainya

Adapun keaktifan PTK dan Tendik ini pada apliaksi dapodik ditandai dengan dicentangnya setiap satu bulan sekali pada menu petugasan seorang PTK atau Tendik.

Cara Mengisi Keaktifan PTK Dan Tendik Pada Aplikasi Dapodik

Adapun yang bertugas mengisi keaktifan PTK dan Tendik ini adalah seorang operator sekolah, jadi jika anda bertugas sebagai seorang guru pada maka tidak ada salahnya untuk menanyakannya pada operator sekolah tentang isian mengenai keaktifan penugasan PTK ini. Memang cukup mudah cara mengisikan keaktifan PTK dan Tendik ini, sehingga tidak jarang ada yang lupa untuk mengerjakannya dan saat info GTK sudah terbit menjadi terkejut karena PTK atau Tendik yang bersangkutan tidak valid lantaran tidak aktif pada aplikasi dapodik. 

Berikut mimin bagikan cara mengisi keaktifan PTK dan Tendik pada aplikasi dapodik, yaitu:

  1. Silahkan login pada aplikasi dapodik
  2. Masukkan username dan password
  3. Setelah berhasil login, silahkan pilih menu GTK, pilih guru dan juga tendik
  4. Klik salah satu nama PTK, lalu pilih menu penugasan
  5. Beri tanda centang pada kotak bagian nama bulan

Catatan: untuk centang keaktifan hendaknya menyesuaikan dengan bulan yang sedang berjalan, misalnya sekarang bulan September 2022 maka cukup bagian bulan September saja yang dicentang sedangkan untuk bulan yang belum dilalui tidak perlu dicentang duluan. Hal ini dikarenakan mungkin saja PTK atau Tendik yang bersangkutan akan memasuki masa pension, oleh sebab itu yang perlu dicentang adalah bulan keaktifan yang sedang berjalan.

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Cara Mengisi Keaktifan PTK Dan Tendik Pada Aplikasi Dapodik. Yang mana keaktifan PTK dan Tendik ini sangat penting untuk dilakukan terutama yang sudah memiliki sertifikat pendidik guna mendapatkan tunjangan profesi. Meskipun mudah melakukannya namun tidak sedikit yang lupa untuk mencentang keaktifan milik masing-masing PTK dan Tendik dan kebiasaan lainnya adalah untuk keaktifan ini cukup satu kali dilakukan yaitu dengan mencentang seluruh bulan padahal bulan yang sudah dicentang belum lagi dilewati.

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai manfaat keaktifan PTK dan Tendik ini agar sekiranya  dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "[NEW] CARA MENGISI KEAKTIFAN PTK DAN TENDIK PADA APLIKASI DAPODIK"