Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SYARAT PENDAFTARAN PPG DALJAB ANGKATAN III BAGI GURU MADRASAH TAHUN 2022

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

SYARAT PENDAFTARAN PPG DALJAB ANGKATAN III BAGI GURU MADRASAH TAHUN 2022

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Syarat Pendaftaran PPG Daljab Angkatan III Bagi Guru Madrasah Tahun 2022

Berdasarkan surat edaran tertanggal 8 September 2022 mengenai “Pembukaan Pendaftaran PPG Dalam Jabatan (Daljab) Bagi Guru Madrasah Tahun 2022” menjadi angin segar tentunya bagi guru-guru yang ada disekolah madarasah, mulai dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA), baik yang sudah PNS maupun yang Non-PNS memeliki kesempatan untuk mendaftarkan diri dalam program PPG Angkatan III Tahun 2022.

Tentunya kesempatan ini yang sudah ini jangan sampai terlewatkan bagi guru-guru madarasah yang belum memiliki sertifikat pendidik (sertifikasi). Ada beberapa ketentuan yang harus Bapak/Ibu guru madrasah ketahui sebelum melakukan pendaftaran PPG Daljab Angkatan III Tahun 2022 ini, diantaranya:

  1. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 9 s.d 13 September 2022
  2. Pendaftaran dilakukan oleh guru secara mandiri menggunakan akun individu masing-masing melalui SIMPATIKA
  3. Kandidat calon mahasiswa PPG Daljab Angkatan III Tahun 2022 akan dipilih berdasarkan regulasi yang berlaku
  4. Bagi guru madrasah yang sudah melakukan pendaftaran dan unggah Pakta Integritas diperiode sebelumnya tidak perlu melakukan pendaftaran ulang
  5. Penandatanganan Pakta Integritas bersifat hukum, sehingga calon peserta wajib mengikuti PPG sampai tuntas dengan komitmen dab daya juang yang tinggi dalam meraih kelulusan.

Dari ketentuan diatas dapat diketahui bahwa tanggal berakhirnya pendaftaran adalah 13 September 2022 itu berarti pada hari ini yaitu hari Rabu. Mungkin berakhirnya pendaftaran yaitu pada pukul 00.00 malam nanti, sehingga bagi guru madarasah yang belum melakukan pendaftaran dan belum melakukan pengecekan akun SIMPATIKAnya dapat memanfaatkan siswa waktu yang telah ada.

Dan berdasarkan surat edaran tersebut juga dijelaskan ada beberapa daftar Mapel PPG Daljab Bagi Guru Madrasah Angkatan III Tahun 2022 yang telah disediakan, seperti:

1. Akidah Akhlak

2. Al-Qur’an Hadits

3. Bahasa Arab

4. Fiqih

5. Sejarah dan Kebudayaan Islam

6. Guru Kelas MI

7. Guru Kelas RA

8. Bahasa Indonesia

9. Bahasa Inggris

10. Bahasa Jawa

11. Bimbingan dan Konseling

12. Biologi

13. Ekonomi

14. Fisika

15. Geografi

16. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

17. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

18. Kimia

19. Matematika

20. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

21. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

22. Sejarah

Kemudian ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh guru madrasah yang akan mendaftar PPG Daljab Angkatan III Tahun 2022, diantara persyaratan tersebut yaitu:

  1. Terdaftar di akun SIMPATIKA
  2. Memiliki ijazah S1 linier dengan maple PPG yang diajarkan
  3. Memiliki NUPTK dan/atau NPK
  4. Memiliki TMT mengajar (SK Pengangkatan) maksimal sampai dengan 31 Desember 2015
  5. Berusia maksimal 58 tahun saat mendaftar
  6. Lulusan seleksi akademik/pretest pada:

  • Seleksi akademik tahun 2018
  • Seleksi akademik tahun 2022
  • Seleksi akademik MA unggulan Tahun 2021

Dengan mengetahui ketentuan dan persyaratan yang telah ditetapkan maka kita sebagai guru madrasah dapat mempertimbangkan diri untuk mengikuti pendaftaran PPG Daljab Angkatan III atau tidak. Jika salah satu persyaratan saja tidak terpenuhi maka tentunya tidak akan pernah bisa mengikuti seleksi PPG tersebut.

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Syarat Pendaftaran PPG Daljab Angkatan III Bagi Guru Madrasah Tahun 2022. Yang mana ada beberapa ketentuan dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh guru madrasah yang ingin mendaftar PPG Daljab Angkatan III, seperti contohnya harus melakukan pendaftaran di tanggal yang sudah ditetapkan yaitu dari tanggal 9 s.d 13 September 2022, lalu bagi guru madrasah harus memiliki NUPTK atau NPK dan bagi guru yang belum memiliki keduanya maka tentunya tidak akan bisa melakukan pendaftaran.

Bagi anda yang ingin berbagi informasi mengenai PPG Daljab Angkatan III Tahun 2022 ini agar sekiranya  dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Post a Comment for "SYARAT PENDAFTARAN PPG DALJAB ANGKATAN III BAGI GURU MADRASAH TAHUN 2022"