Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[NEW] CARA MEMBUAT DAFTAR ISI DENGAN MUDAH

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

[NEW] CARA MEMBUAT DAFTAR ISI DENGAN MUDAH

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Cara Membuat Daftar Isi Dengan Mudah

Tentu yang Namanya Daftar Isi ini sudah tidak asing lagi bagi kita, berbagai macam karya ilmiah menggunakan yang namanya daftar isi ini, mulai dari skripsi, makalah, buku, tesis dan sebagainya akan selalu kita jumpai daftar isi yang berada dibagian depan. Daftar isi ini dapat memberikan informasi penting mengenai judul bab dan juga sub bagian bab yang akan dibahas dalam sebuah skripsi, makalah, buku maupun tesis dengan dilengkapi nomor pada setiap bagian halaman sehingga untuk lebih memudahkan kita dalam mencarinya.

Alasan mengapa daftar isi ini menjadi bagian terpenting dalam suatu karya ilmiah, dikarenakan oleh beberapa hal diantaranya:

  1. Untuk memudahkan penulis maupun pembaca untuk menemukan poin penting yang ingin dicari pada suatu karya ilmiah
  2. Daftar isi menjadi gambaran terhadap para pembaca untuk menemukan pokok pembahasan secara langsung
  3. Para pembaca tidak perlu membuka lembaran satu persatu untuk mencari topik penting dalam suatu karya ilmiah
  4. Dengan adanya daftar isi ini dapat memberikan kemudahan dalam mengingat hal-hal penting yang ada pada suatu karya ilmiah

Bagi anda yang sedang menempuh Perguruan tinggi tentunya sudah tidak asing lagi yang Namanya daftar isi ini dan sudah paham betul cara membuat daftar isi lantaran selalu ada tugas berbentuk karya ilmiah yang diberikan oleh dosen setiap kali ada mata kuliah. Namun, apa jadinya jika kita pertama kali mengenal yang Namanya daftar isi ini lantaran karena ada tugas yang harus diselesaikan tentunya akan membuat panik dan segera berselancar guna untuk mencari referensi untuk membuat daftar Pustaka pada suatu karya ilmiah.

[NEW] CARA MEMBUAT DAFTAR ISI DENGAN MUDAH

Meskipun telah banyak bertebaran referensi mengenai cara membuat daftar isi, namun sejatinya tidak semua orang dapat dengan mudah memahaminya. Dan dalam kesempatan kali ini mimin juga ingin berbagi cara membuat daftar isi dengan mudah dan tanpa ribet, berikut cara atau langkah-langkahnya:

  1. Silahkan anda buat sub bagian bab karya ilmiah yang telah dibuat pada halaman kosong di Microsoft word
  2. Selanjutnya silahkan blok seluruh tulisan sub bagian tadi, lalu klik kanan
  3. Pilih menu PARAGRAPH, maka akan muncul tampilan menunya
  4. Pada menu paragraph yang muncul silahkan pilih menu TABS yang berada dibagian bawah sebelah kiri
  5. Pada menu TABS, silahkan anda pilih Alignment, lalu pilih Right dan pada menu Leader pilih 2…..
  6. Terakhir klik OK
  7. Silahkan arahkan pointer pada bagian Sub BAB Karya ilimiah yang telah dibuat tadi, lalu kemudian klik tombol TAB pada keyboard maka secara otomatsf Daftar Pustaka dengan tanda titik akan terbuat
  8. Dan untuk bagian lain anda hanya perlu memilih BACKSPACE lalu kemudian mengklik ENTER maka sub bagian yang dibuat tadi akan dalam membuat tanda titik-titik pada karya ilmiah 

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Cara Membuat Daftar Isi Dengan Mudah. Yang mana tujuan dari Daftar Isi ini adalah untuk mempermudahkan bagi para pembaca untuk mencari topik yang diinginkan tanpa harus membuka lembarannya satu persatu.

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai cara lain dalam membuat daftar isi ini agar sekiranya  dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "[NEW] CARA MEMBUAT DAFTAR ISI DENGAN MUDAH"