Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MEMBUAT DAFTAR RIWAYAT HIDUP YANG BAIK DAN BENAR

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

CARA MEMBUAT DAFTAR RIWAYAT HIDUP YANG BAIK DAN BENAR

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Yang Baik Dan Benar

Bagi anda yang ingin melamar suatu pekerjaan tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang Namanya Daftar Riwayat hidup atau yang sekarang disebut dengan Curriculum Vitae (CV). Setiap perusahaan yang ingin anda tentu sering menjadikan CV sebagai salah satu syarat yang harus dihadirkan dalam membuat berkas lamaran pekerjaan. Sejatinya CV atau daftar riwayat hidup ini adalah untuk memberikan gambar tentang data pribadi, baik itu berupa pengalaman bekerja, akademik, alamat dan data yang lainnya.

Untuk membuat daftar Riwayat hidup ini kita bisa mengetiknya langsung melalui aplikasi Microsoft word, tetapi bagi orang yang tidak paham mengenai IT tentu akan merasa kesulitan dalam membuatnya. Oleh sebab itu, daftar Riwayat hidup ini sudah ada tersedia dalam bentuka cetakan dikertas dan kita hanya perlu mengisinya dengan polpen. Dan bagi yang ingin membuat daftar Riwayat hidup agar lebih menarik maka tentunya bisa memanfaatkan beragam aplikasi yang tersedia, mulai dari yang online maupun offline. Aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat daftar Riwayat hidup ini, diantaranya canva, resume.com, visual CV, resume.io, resumonk, connectCV, resume genius, atau situs lainnya.

Untuk membuat daftar hidup yang menarik, maka setidaknya ada beberapa poin yang harus terpenuhi didalamnya, diantaranya:

1. Identitas Diri

Identitas diri menjadi point yang terpenting dalam membuat daftar riwayat hidup. Di dalam identitas diri mencakup nama lengkap, alamat, nomor handphone, dan alamat email yang aktif. Pastikan juga bahwa nomor handphone yang Anda cantumkan adalah nomor aktif yang Anda gunakan saat ini karena dengan nomor tersebutlah, perusahaan akan menghubungi Anda. 

2. Riwayat Pendidikan

Anda bisa menambahkan daftar Riwayat Pendidikan dalam membuat daftar Riwayat hidup. Anda dapat menambahkan daftar Riwayat Pendidikan pada tingkat terakhir atau jika ingin bisa menambahkannya mulai dari jenjang SD-SMA/SMK sederajat. 

3. Keahlian 

Semakin banyak keahlian yang anda isikan pada lemabr daftar Riwayat hidup maka semakin positif pula hasil yang akan diterima nantinya. Jadi, sebelum memutuskan untuk melamar suatu pekerjaan pastikan terlebih dahulu bahwa anda telah memiliki beberapa keahlian yang sangat berguna. Dengan banyaknya keahlian yang dimiliki maka semakin baik pula hasil yang akan anda dapatkan nantinya.

4. Deskripsi Pengalaman

Cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan selanjutnya yaitu menuliskan pengalaman kerja dan berbagai kemampuan yang telah Anda miliki. Anda dapat menuliskan deskripsi terhadap pengalaman yang dimiliki secara singkat, padat dan berisi agar orang dapat memahami atau mengetahui pengalaman yang anda miliki. Semakin banyak pengalaman yang dimiliki maka semakin bagus pula untuk ditambahkan pada laman kertas daftar Riwayat hidup.

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Yang Baik Dan Benar. Yang mana daftar Riwayat hidup atau CV ini sangat penting untuk dibuat dalam melangkapi berkas berkas lamaran pekerjaan anda. 

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai berbagi mengenai cara membuat daftar Riwayat hidup/CP ini agar sekiranya dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "CARA MEMBUAT DAFTAR RIWAYAT HIDUP YANG BAIK DAN BENAR"