Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA VERIFIKASI SISWA YANG TERDETEKSI DROP OUT (DO) DAN LULUS TIDAK MELANJUTKAN (LTM) TAHUN 2022

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

CARA VERIFIKASI SISWA YANG TERDETEKSI DROP OUT (DO) DAN LULUS TIDAK MELANJUTKAN (LTM) TAHUN 2022

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Cara Verifikasi Siswa Yang Terdeteksi Drop Out (DO) Dan Lulus Tidak Melanjutkan (LTM) Tahun 2022

Setiap satuan Pendidikan hendaknya melakukan verifikasi terhadap siswa yang terindikasi Drop Out (DO) dan Lulus Tidak Melanjutkan (LTM) pada laman https://pd.data.kemdikbud.go.id/ATS. Verifikasi ini penting untuk dilakukan agar satuan Pendidikan dapat memastikan terhadap data yang muncul disana dan terindifikasi dari hasil sinkronisasi dapodik.

Adapun data siswa yang muncul tidak mesti yang baru, tetapi data siswa yang telah laman dikeluarkan dari aplikasi dapodik. Mungkin penyebab data siswa ini muncul dengan keterangan Drop Out (DO) dan Lulus Tidak Melanjutkan (LTM) lantaran setelah dikeluarkan atau lulus dari aplikasi dapodik siswa yang bersangkutan tidak terdeteksi untuk melanjutkan sekolah di tempat lain.

Jadi, untuk melakukan verifikasi ini operator sekolah harus memastikan tentang kebenaran data siswa yang muncul dengan menanyakannya kepada guru atau kepala sekolah yang lebih mengetahui permasalahannya. Tetapi, jika anda termasuk operator sekolah yang sudah lama bekerja maka bisa saja melakukan verifikasi secara langsung lantaran sudah mengetahui setiap permasalahan siswanya tersebut.

Berikut mimin bagikan Cara Verifikasi Siswa Yang Terdeteksi Drop Out (DO) Dan Lulus Tidak Melanjutkan (LTM), yaitu:

  1. Silahkan kunjungi laman https://pd.data.kemdikbud.go.id/ATS
  2. Login dengan menggunakan username dan password dapodik terbaru
  3. Setelah berhasil login maka pada dashboard akan muncul Tabel Data ATS (Anak Tidak Sekolah)
  4. Silahkan geser kearah kanan, akan ada menu VERIFIKASI. Silahkan anda klik menu VERIFIKASI tersebut dan pilih penyebab anak Lulus Tidak Melanjutkan (LTM) atau Drop Out (DO). Misalnya siswa yang teridentifikasi Lulus Tidak Melanjutkan (LTM), maka anda dapat menanyakan Kembali kebenaran data yang muncul. Mungkin saja siswa tersebut melanjutkan ke Pondok Pesantren, jadi dengan demikian anda dapat memilih atau mengklik MELANJUTKAN KE PONDOK PESANTREN lalu menuliskan nama pesantrennya dan terakhir SIMPAN. Begitu juga dengan siswa yang teridentifikasi Drop Out (DO), silahkan klik pilihan yang ada (PUTUS SEKOLAH), kemudian tuliskan alasannya dan terakhir SIMPAN. Akan tetapi jika anda mengklik pilihan karena MENINGGAL DUNIA, maka tidak ada kolom untuk mengisi alasannya muncul.
  5. Setelah anda memilih menu SIMPAN maka secara otomatis data siswa tersebut telah terverifikasi dan tidak bisa dirubah-rubah kembali. 

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Cara Verifikasi Siswa Yang Terdeteksi Drop Out (DO) Dan Lulus Tidak Melanjutkan (LTM). Yang mana tujuannya ini adalah untuk melakukan verifikasi dan validasi terhadap siswa yang terdeteksi tidak melanjutkan sekolah dengan beberapa alasan pilihan. Anda hanya perlu memilih opsi pilihan yang sudah tersedia, lalu kemudian mengisi alasan dari opsi yang telah dipilih tadi.

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai Cara Verifikasi Siswa Yang Terdeteksi Drop Out (DO) Dan Lulus Tidak Melanjutkan (LTM) ini agar sekiranya  dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "CARA VERIFIKASI SISWA YANG TERDETEKSI DROP OUT (DO) DAN LULUS TIDAK MELANJUTKAN (LTM) TAHUN 2022"