Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SOLUSI GAGAL LOGIN PADA LAMAN SP DATADIK TAHUN 2022

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

SOLUSI GAGAL LOGIN PADA LAMAN SP DATADIK TAHUN 2022

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Solusi Gagal Login Pada Laman SP Datadik Tahun 2022

Bagi operator sekolah laman https://sso.datadik.kemdikbud.go.id menjadi hal yang sangat penting untuk diakses, hal ini dikarenakan beberapa fitur yang ada didalamnya dan salah satunya adalah fitur mengenai peserta didik. Apabila ada siswa yang mutasi baik itu dari sekolah negeri maupun swasta maka data siswa yang bersangkutan dapat ditambahkan secara online melalui laman SP Datadik tersebut.

Maka dari itu laman SP Datadik disebut sebagai laman Manajemen dari aplikasi dapodik. Untuk login pada laman SP Datadik ini kita hanya perlu memasukkan username dan password yang sesuai dengan aplikasi dapodik saja, namun yang menjadi permasalahan mengenai laman SP Datadik ini adalah tidak bisa login padahal username dan password yang diisikan sudah benar.

Adapun keterangan yang sering terjadi pada saat login yaitu sebagai berikut “Gagal melakukan proses autentikasi, username dan password yang anda masukan tidak cocok”. Dari permasalan ini membuat kita sebagai operator sekolah merasa bingung bagaimana cara mengatasinya dan ingin mengganti password dapodik tidak bisa dilakukan karena tidak ada tersedia laman khusus untuk mengganti password dapodik.

Kegagalan login pada laman SP Datadik tersebut membuat kita menjadi serba-salah, apalagi ada hal yang ingin dilakukan misalnya ingin menambahkan siswa yang berasal dari sekolah Non Dapodik agar bisa terdaftar pada aplikasi dapodik, sedangkan untuk lamannya itu sendiri tidak bisa diakses.

maka dari itu dalam kesempatan kali ini ada beberapa hal yang bisa mimin bagikan mengenai cara atau solusi gagal login pada laman SP Datadik Tahun 2022, berikutnya langkahnya:

  1. Silahkan anda download terlebih dahulu INSTALLER aplikasi dapodik versi 2023.a beserta dengan Prefill nya
  2. Selanjutnya unstal aplikasi dapodik yang digunakan, yaitu dapodik versi 2023.c dan jangan lupa Restart laptop anda
  3. Setelah aplikasi dapodik berhasil diunstal, berikutnya copy-pastekan installer aplikasi dapodik versi 2023.a yang sudah didownload tadi pada Local Disk: (C) dan lakukan penginstalan seperti biasanya
  4. Setelah berhasil menginstal, silahkan lakukan registrasi dengan memasukkan Kode Registrasi, alamat email (username) dan password yang akan digunakan. Khusus untuk Passwordnya gunakan ketentuan yang telah disampaikan yaitu dengan menambahkan hurup kapital, hurup kecil, tanda baca dan sebagainya. Perlu diingat bahwa password ini harus yang baru jangan menggunakna password lama yang telah digunakan
  5. Apabila ingin melakukan registrasi secara offline, maka anda dapat meletakkan prefill yang sudah didownload tadi pada folder Prefill_dapodik yang muncul setelah proses installer berlangsung. Dan apabila registrasi secara online maka harus menghubungkan dengan internter
  6. Setelah berhasil Registrasi, silahkan login pada aplikasi dapodik dan lakukan Update dengan memilih menu Pengaturan dan pilih menu CEK PEMBARUAN, silahkan lakukan pembaruan agar nantinya dapodik menjadi versi 2023.c
  7. Tahap terakhir lakukan sinkronisasi dan tunggu 1 x 24 jam, lalu coba login pada laman SP Datadik dengan username dan password baru yang telah digunakan pada aplikasi dapodik saat Registrasi tadi.

Tambahan, anda juga dapat mengupdate browser yang digunakan (mozilla atau chrome) ke versi terbaru sebelum melakukan instal ulang aplikasi dapdoik agar bisa login pada laman SP Datadik tahun 2022.  

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Solusi Gagal Login Pada Laman SP Datadik Tahun 2022. Jadi, cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti password untuk aplikasi dapodik dengan yang baru yang bisa dilakukan saat Registrasi awal pada aplikasi dapodik. Selain itu, anda juga dapat mengupdate browser untuk penggunaan aplikasi dapodik ke versi terbaru agar memudahkan kita saat mengakses laman SP Datadik.

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai cara lain mengatasi gagal login pada laman SP Datadik Tahun 2022 ini agar sekiranya dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "SOLUSI GAGAL LOGIN PADA LAMAN SP DATADIK TAHUN 2022"