Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ALASAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PENTING DIBERIKAN KEPADA MAHASISWA

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

ALASAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PENTING DIBERIKAN KEPADA MAHASISWA

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Alasan Pendidikan Islam Penting Diberikan Kepada Mahasiswa

Mahasiswa merupakan seorang pelajar yang berada di perguruan tinggi, baik itu perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri. Seorang mahasiswa yang Bergama islam sangat penting mendapatkan Pendidikan Agama Islam lantaran nantinya ia akan memberikan bimbingan dan pembelajaran kepada orang lain yang seagama, baik itu dalam lingkungan Pendidikan maupuan lingkungan masyarakat.

Ada beberapa alasan mengapa Pendidikan Agama Islam sangat penting diberikan kepada mahasiswa, diantaranya:

  1. Mahasiswa merupakan kaum intelektual yang menjadi penerus dalam menyampaikan pengetahuan pada lingkungan masyarakat maupun lingkungan formal.
  2. Agar mahasiswa tidak salah dalam bertindak dan terjerumus kedalam paham radikalisasi
  3. Untuk menumbuhkan budi pekerti luhur, berfikir filosofis, bersikap rasional dan dinamis pada diri siswa.
  4. Mahasiswa yang tidak mengenal agama secara baik dan benar akan mudah terbawa arus pergaulan hingga akhirnya dapat menjadikannya sebagai orang yang tidak berakhlak.

Adapun dampak apabila pelajaran PAI dihapuskan untuk pelajar tingkat SD, SMP dan SMA maka akan menimbulkan beberapa permasalahan, diantaranya:

  1. Peserta didik tidak akan dapat memahami nilai-nilai agama secara baik dan benar.
  2. Peserta didik akan lebih mudah terbawa arus global lantaran kurangnya pemahaman agama sebagai pedoman hidup.
  3. Peserta didik tidak memiliki pegangan hidup dan akan bertindak sesuka hatinya tanpa mempertimbangkan hukum yang berlaku.
  4. Peserta didik akan sulit menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya, misalkan mengalami kesulitan dalam sholat, wudu’, tayamum dan sebaginya.
  5. Peserta didik tidak bisa membedakan mana yang baik untuk dilakukan dan mana yang tidak harus dilakukan dalam hidupnya.  

Pendidikan Agama Islam memiliki peran sangatlah penting untuk dipelajari, baik itu dilingkungan sekolah, keluarga maupun dilingkungan masyarakat. 

  • Dilingkungan sekolah Pendidikan Agama Islam dapat menjadi jalan dalam menyampaikan dakwah kepada peserta didik dan tata cara beribadah kepada sang pencipta. Contohnya, melalui Pendidikan Agama Islam para peserta didik dapat mengetahui cara beribadah yang benar sesuai dengan tuntunan yang diajarkan oleh Rasulullah sejak dulu, bukan yang asal-asalan.
  • Dilingkungan keluarga pun Pendidikan Agama Islam memiliki peran yang sangat penting, contohnya islam telah mengajarkan cara berumah tangga yang sakinah, mawaddah, warrahmah.
  • Begitu juga dilingkungan masyarakat, Pendidikan Agama Islam memiliki peran pentig dalam mengatur kehidupan bermasayarakat, saling membantu dan toleransi antar umat beragama. Contohnya, kita tidak menggangu apabila orang lain sedang beribadah sesuai dengan kepercayaannya. Dan yang terpenting adalah kita sebagai orang yang beragama islam tidak ikut-ikutan kebudayaan yang dilakukan oleh agama lain.

Dan hal yang harus dipersiapkan oleh calon Pendidik Agama Islam agar mampu mengembangkan kajian pendidikan Islam dalam persaingan global, diantaranya:

  1. Guru agama islam dapat memahami cara mengindentifikasikan serta menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku dan kepribadian peserta didik sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
  2. Guru agama islam memilih dan mempersiapkan sistem pendekatan belajar mengajar berdasarkan aspirasi dan pandangan hidup masyarakat.
  3. Guru agama islam hendaknya mempelajari banyak prosedur, metode dan Teknik dalam mengajar sehingga ketika terjun kedalam dunia Pendidikan dapat memberikan warna baru dalam proses pembelajaran dikelasnya. Dan dengan Teknik mengajar yang terbilang modern maka pembelajaran yang disampaikan dapat dikatakan efektif serta sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
  4. Menetapkan norma-norma dan batas meninimal keberhasilan atau kriteria dan standar keberhasilan sehingga dapat dijadikan pedoman oleh guru dalam melakukan evaluasi hasil kegiatan pembelajaran.
  5. Tentu yang terpenting adlaah bagi calon Pendidik Agama Islam harus mempunyai beragam pengetahuan yang bisa didapatkan dari bangku perkuliahan, membaca buku, pengalaman maupun belajar langsung dengan orang lain.

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Alasan Pentingnya Pendidikan Agama Islam Diberikan Kepada Mahasiswa. Karena mahasiswa merupakan orang-orang intelektual maka sudah seppantasnya diberikan Pendidikan agama islam agar mereka tidak menyimpang dari kebenaran, terlebih lagi bagi yang beragama islam. Sebelum mereka memberikan pembelajaran kepada orang lain tentu alangkah baiknya terlebih dahulu mereka mendapatkan pengetahuan yang matang dalam bidang agama.

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai pentingnya Pendidikan Agama Islam ini agar sekiranya dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "ALASAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PENTING DIBERIKAN KEPADA MAHASISWA"