Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA REGISTRASI PESERTA OSN JENJANG SD TAHUN 2023

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

CARA REGISTRASI PESERTA OSN JENJANG SD TAHUN 2023

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Cara Registrasi Peserta OSN Jenjang SD Tahun 2023

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan ajang perlombaan pengetahuan bagi peserta didik yang ada disetiap satuan Pendidikan. Adapun ilmu pengetahuan yang menjadi ajang perlombaan ini adalah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Alasan mengapa dua mata pelajaran ini yang menjadi ajang perlombaan, dikarenakan Matematika dan IPA merupakan salah satu modal utama bagi kemajuan suatu bangsa, tingkat penguasaannya menjadi salah satu indikator seberapa jauh kiat suatu bangsa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologinya. Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan Matematika dan IPA yang kuat sejak dini.

Adapun para peserta yang dapat mengikuti OSN ini adalah siswa SD atau sederajat kelas IV dan kelas V, sehingga dengan demikian setiap satuan Pendidikan dapat memantau atau memilih salah satu peserta didiknya yang memiliki kompetensi mumpuni untuk mengikuti ajang perlombaan OSN ini dan segera mungkin untuk dapat melakukan pendaftaran atau registrasi.

Adapun prosedur dalam pelaksanaan ajang perlombaan OSN jenjang SD Sederajat ini, yaitu:

  • Dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi yang disiapkan panitia pusat.
  • Waktu pelaksanaan Uji Coba pada tanggal 2 - 3 mei 2023 c.  Waktu pelaksanaan pada 8 – 9 Mei 2023.
  • Sekolah dapat mengirimkan maksimal 5 (lima) peserta per bidang.
  • Babak ini memilih maksimal 5 orang peserta untuk mewakili kabupaten/kota pada OSN-P.
  • Peserta yang lolos OSN-K untuk setiap bidang ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia dan akan mengikuti OSN-P tahun 2023.
  • Balai Pengembangan Talenta Indonesia mengumumkan hasil OSN-K melalui laman website Pusat Prestasi Nasional dan media lain.

Dengan demikian, setiap satuan Pendidikan masih memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan para siswanya yang akan diikut sertakan dalam ajang perlombaan OSN pada tahun 2023 ini.

Adapun persayaratan yang harus dipenuhi oleh calon peserta lomba OSN ini, antara lain:

  1. Peserta adalah warga negara Indonesia (WNI) yang mewakili sekolahnya.
  2. Peserta didik kelas IV dan V SD/MI atau yang sederajat di tahun ajaran 2022/2023 saat pelaksanaan OSN-K, dengan kelahiran tanggal 1 Agustus 2010 dan setelahnya.
  3. Peserta memiliki kompetensi pada bidang Matematika atau IPA.
  4. Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, dan perunggu pada OSN-SD tingkat nasional tahun sebelumnya pada bidang yang sama.
  5. Peserta  belum  pernah  meraih  medali    emas,  perak, dan perunggu pada lomba tingkat internasional yaitu International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) dan International Mathematics Competition  (IMC) pada tahun sebelumnya untuk bidang yang sama.

Apabila persyaratan yang telah ditentukan sudah terpenuhi, maka selanjutnya pihak sekolah melalui operator sekolah dapat melakukan pendaftaran agar siswanya yang berkompeten pada bidang tersebut dapat mengikuti perlombaan dengan baik.

Berikut cara melakukan Registrasi atau pendaftaran untuk mengikuti ajang perlombaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2023, yaitu:  

  1. Registrasi dilakukan oleh sekolah dengan menggunakan SSO PDData pada laman Portal Registrasi Terpadu Ajang Talenta http://daftar-bpti.kemdikbud.go.id/
  2. Setelah itu sekolah melanjutkan registrasi pada laman https://sd.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/lomba/session/index?jl=osn untuk mengunggah kelengkapan berkas dan membuat akun tes peserta.
  3. Pelaksanaan registrasi dilakukan melalui sistem aplikasi pendaftaran lomba Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
  4. Pendaftaran dilakukan oleh sekolah dengan melengkapi data peserta OSN SD secara akurat dan benar.
  5. Sekolah mengunggah surat keterangan sekolah pada laman pendaftaran.

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Cara Registrasi Peserta OSN Jenjang SD Tahun 2023. Yang mana untuk pendaftarannya itu sendiri dimulai pada bulan Mei Tahun 2023 mendatang, dengan demikian setiap satuan Pendidikan dapat mempersiapkan diri dan mempersiapkan calon pesertanya untuk mengikuti ajang perlombaan sain tersebut.

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai informasi mengenai ajang perlombaan sains yang dikenal dengan nama OSN ini agar sekiranya  dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "CARA REGISTRASI PESERTA OSN JENJANG SD TAHUN 2023"