Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA PENDAFTARAN SELEKSI ADMINISTRASI PPG KEMENDIKBUD TAHUN 2023

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

CARA PENDAFTARAN SELEKSI ADMINISTRASI PPG KEMENDIKBUD TAHUN 2023

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Cara Pendaftaran Seleksi Administrasi PPG Kemendikbud Tahun 2023

Angin segar bagi PNS, PPPK, Guru Honorer dan GTY yang belum memiliki sertifikat pendidik atau belum pernah mengikuti Program Profesi Guru (PPG). Pasalnya pada tahun 2023 ini terdapat kesempatan untuk bisa mengikuti seleksi PPG apabila syarat dan ketentuannya terpenuhi.

Berdasarkan Surat Edaran Kemendikbud Ristek Guru dan Tenaga Kependidikan dengan nomor 0869/B2/GT.00.05/2023 tertanggal 27 Mei 2023 perihal Pendaftaran dan Seleksi Administrasi Program Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2023, beikut secara lengkap isi surat edaran tersebut secara lengkap:

Yth.

1.    Kepala Dinas Pendidikan Provinsi; dan

2.    Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia

Menindaklanjuti surat kami Nomor: 0655/B2/GT.00.08/2023 tanggal 18 April 2023 tentang Pemutakhiran Data Guru Calon Peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2023, Direktorat Pendidikan Profesi Guru akan melaksanakan Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan Tahun 2023.

Berkenaan dengan hal tersebut, dengan hormat kami sampaikan beberapa informasi sebagai berikut.

1. Persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu:

a. terdaftar  pada  data  pokok  pendidikan  Kementerian  Pendidikan,  Kebudayaan,  Riset,  dan Teknologi;

b. terdata sebagai sasaran peserta seleksi administrasi PPG Dalam Jabatan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal GTK;

c. memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK);

d. masih aktif sebagai guru atau guru yang diberi tugas sebagai Kepala Sekolah;

e. sehat jasmani dan rohani;

f. berkelakuan baik;

g. berusia setinggi-tingginya 58 tahun pada tanggal 31 Desember 2023.

2. Calon peserta seleksi administrasi sebagaimana tercantum pada lampiran I terbagi menjadi dua kategori sebagai berikut:

a. Sasaran Kategori A yaitu guru yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi pada tahun 2022 sebanyak 352.668 orang;

b. Sasaran Kategori B yaitu guru yang belum mengikuti atau belum lulus seleksi administrasi sebanyak 564.387 orang.

3. Bagi guru sasaran Kategori A tidak perlu mengikuti seleksi admnistrasi tahun 2023. Guru sasaran Kategori A perlu melakukan penyesuaian bidang studi dikarenakan adanya perubahan nomenklatur Bidang Studi PPG Dalam Jabatan tahun 2023, mulai tanggal 10 sampai dengan 15 Juni 2023. Informasi selengkapnya dapat dilihat pada lampiran II.

4. Bagi guru sasaran Kategori B wajib mengikuti seleksi administrasi mulai tanggal 30 Mei 2023, sebagaimana informasi dan jadwal pada lampiran III dan tabel linieritas pada lampiran IV. Persyaratan administrasi agar diunggah melalui laman https://ppg.kemdikbud.go.id menggunakan akun SIMPKB masing-masing.

Selanjutnya kami mohon bantuan Saudara untuk menyampaikan informasi di atas kepada guru sesuai kewenangannya.

Dari isi surat edaran tersebut dapat diketahui bahwa nantinya bagi PNS, PPPK, Guru Honorer dan GTY yang menjadi sasaran calon peserta PPG Tahun 2023 akan dibagi menjadi 2 kategori, yaitu Kategori A dan Kategori B.

Antar kategori A dan kategori B terdapat perbedaan sebagai calon peserta PPG Tahun 2023 ini, yang mana untuk kategori A itu tidak perlu mengikuti seleksi administrasi sedangkan untuk kategori B diharuskan mengikuti seleksi administrasi sesuai dengan point nomor 3 dan 4 diatas.

Download Surat Edaran Pendaftaran dan Seleksi PPG Daljab Tahun 2023 disini 

Download Pakta Integritas Pendaftaran dan Seleksi PPG Daljab Tahun 2023 disini

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Cara Pendaftaran Seleksi Administrasi PPG Kemendikbud Tahun 2023. Yang mana tentunya ini menjadi angin segar bagi guru baik PNS/PPPK/Guru Honorer/GTY yang belum memiliki sertifikat pendidik atau belum pernah mengikuti PPG berkesempatan menjadi Calon Peserta PPG Daljab Tahun 2023. Dan bagi Guru Honorer yang memenuhi persyaratan tentu berkesempatan menjadi calon peserta seleksi administrasi PPG Daljab Tahun 2023.

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai Cara Pendaftaran Seleksi Administrasi PPG Kemendikbud Tahun 2023, agar sekiranya dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.   

Posting Komentar untuk "CARA PENDAFTARAN SELEKSI ADMINISTRASI PPG KEMENDIKBUD TAHUN 2023"