Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

FUNGSI MENU NOTIFIKASI DAN TARIK DATA PADA APLIKASI DAPODIK 2024

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

FUNGSI MENU NOTIFIKASI DAN TARIK DATA PADA APLIKASI DAPODIK 2024

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Fungsi Menu Notifikasi Dan Tarik Data Pada Aplikasi Dapodik 2024

Apakah anda sudah melakukan instalasi pada aplikasi dapodik versi 2024 tahun 2023 ini? Apakah anda melakukan instalasi aplikasi dapodik terbaru ini menggunakan installer atau berupa Patch nya saja?

Namun, menurut mimin anda dapat melakukan instalasi aplikasi dapoik menggunakan PATCH yang tersedia. Sebab, pembaruan aplikasi dapodik dengan PATCH dapat mempermudah dalam pengerjaannya dan juga tidak perlu melakukan Registrasi ulang. Sedangkan untuk pengguna installer sering terjadi gangguan saat melakukan registrasi awal, baik itu secara Offline menggunakan Prefill dapodik maupun secara Online.

Hal yang sering terjadi ketika melakukan Registrasi dapodik secara Offline adalah “Data Prefill Tidak Ditemukan” padahal langkah-langkah yang dilakukan sudah benar dalam menginstal aplikasi dapodik. Apabila mendapati keterangan “Data Prefill Tidak Ditemukan” maka kita sebaiknya unstal aplikasi dapodik yang ada dan lakukan instalasi hingga selesai. Adapun untuk Registrasi maka gunakanlah secara Online dengan mempertimbangkan status internet anda. Berhasil atau tidaknya registrasi online ini tergantung jaringan internet yang ada miliki, apabila jaringan internet kurang stabil, maka bisa saja registrasi selalu gagal dilakukan dan apabila jaringan internet lancar maka registrasi online dengan mudah dilakukan.

Setelah berhasil login pada aplikasi dapodik 2024, pastikan bahwa beranda dapodik tertulis versi 2024. Hal yang perlu dilakukan setelah berhasil registrasi adalah TARIK DATA. TARIK DATA ini berfungsi untuk memasukkan data-data sekolah dari server lokal, sehingga kita bisa melanjutkan dalam tahap pengerjaan aplikai dapodik semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024.

Anda yang menemukan nama PTK, Kepala Sekolah yang masih kosong, maka segeralah melakukan TARIK DATA. Untuk kegiatan tarik data ini harus dilakukan secara online. Adapun fungsi menu notifikasi yang ada pada aplikasi dapodik adalah sebagai sarana untuk memberikan informasi terkait dapodik yang digunakan. Seperti halnya, notifikasi tentnag “Kendala Tidak Terhubung Pada Saat Tarik Data dan Sinkronisasi” dan juga notifikasi mengenai “Dapodik Untuk Tahun Ajaran 2023/2024”. 

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Fungsi Menu Notifikasi Dan Tarik Data Pada Aplikasi Dapodik 2024. Yang mana fungsi Tarik Data ini adalah untuk menarik data-data lokal agar bisa muncul pada aplikasi dapodik yang baru saja diperbaharui. Untuk itu, anda tidak perlu khawatir apabila saat login pada aplikasi dapodik terbaru untuk pertama kalinya tiba-tiba data PTK, Tendik dan Peserta Didik masih kosong. Anda hanya perlu melakukan TARIK DATA secara online maka secara otomatis nantinya data tersebut akan muncul pada aplikasi dapodik yang digunakan. Adapun fitur Notifikasi ini termasuk menu baru yang bertujuan untuk memberikan pesan notifikasi kepada para pengguna aplikasi dapodik, seperti halnya “Notifikasi Tidak Terhubung saat melakukan sinkronisasi dan juga Tarik Data”.

Terakhir bagi anda yang ingin berbagai informasi Fungsi fitur-fitur lainnya Pada Aplikasi Dapodik 2024 ini agar dapat sekiranya menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya. 

Posting Komentar untuk "FUNGSI MENU NOTIFIKASI DAN TARIK DATA PADA APLIKASI DAPODIK 2024"