Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RILIS FITUR FUNGSI BARU PADA EMIS 4.0 TAHUN 2024

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

RILIS FITUR FUNGSI BARU PADA EMIS 4.0 TAHUN 2024

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Rilis Fungsi Fitur Baru Pada EMIS 4.0 Tahun 2024

Emis 4.0 adalah aplikasi yang akan mengintegrasikan sistem informasi dan data pendidikan Islam yang menjadi dasar kebijakan dan sumber informasi data publik. Data pendidikan menjadi kunci dalam peningkatan mutu layanan pendidikan madrasah dalam binaan Kemenag. Data pendidikan memiliki peran yang sangat krusial, mulai dari pengambilan keputusan berbasis data, menjadi dasar dalam evaluasi kebijakan dan program, menjadi dasar dalam perencanaan dan penganggaran yang tepat, menjadi pijakan dalam monitoring dan evaluasi kerja, dan menjadi sumber akuntabilitas dan transparansi.

Pada tanggal 02 Maret 2024 telah rilis fitur baru pada EMIS 4.0 yang mana fitur baru tersebut diantaranya:

1) Siswa - Batal Kelulusan Siswa (Pengelola Lembaga)

2) Siswa - Persetujuan Batal Kelulusan Siswa (Kemenag Provinsi)

3) Siswa - Menonaktifkan Siswa (Kemenag Pusat)

4) Dashboard - Dashboard Kemenag (Kemenag)

5) Kelembagaan - Melihat Detail Lembaga (Kemenag)

6) Siswa – Konfirmasi Kelulusan Siswa di Tahun Sebelumnya (Kepala Lembaga)

7) GTK – Tambah Ceklis Sync ke Simpatika saat Persetujuan GTK (Kepala Lembaga)

8) GTK - Melihat Daftar DTKS (Kemenag)

9) GTK - Melihat Daftar DTKS(Pengelola Lembaga dan Kepala Lembaga MI, MTS dan MA)

10) Siswa - Daftar Penerima PIP dan DTKS (Pengelola & Kepala Lembaga)

11) Siswa - Daftar Penerima PIP dan DTKS (Kemenag)

Sebelum rilisnya fitur terbaru pada EMIS 4.0 tertanggal 02 Maret 2024, pada tanggal 24 Februari 2024 telah dirilis fitur baru EMIS 4.0 diantaranya:

Dear Bapak/Ibu, berikut adalah informasi yang dapat kami sampaikan : Pada hari Jum’at, 24 Februari 2023 telah dilakukan Rilis Fitur Fungsi baru pada Emis 4.0 dengan detail sebagai berikut :

1. Tambah GTK baru yang terintegrasi dengan SIMPEG dan SIMPATIKA. Integrasi SIMPEG dan SIMPATIKA hanya berlaku untuk guru yang belum pernah terdaftar di aplikasi EMIS 4.0

2. Tombol verifikasi SIMPEG hanya aktif, jika instansi yang mengeluarkan SK adalah Kementrian Agama dengan status kepegawaian PNS, atau PPPK

3. Verifikasi SIMPEG bersifat mandatory, jika instansi yang mengeluarkan SK adalah Kementrian Agama dengan status kepegawaian PNS, atau PPPK

4. Jika pada saat verifikasi SIMPEG NIP tidak ditemukan tampil maka tampil pop up “Data NIP ini belum tersedia di SIMPEG. Mohon input NIP dengan benar atau lakukan Pengajuan ke SIMPEG terlebih dahulu”.

5. Jika NIP ditemukan di SIMPEG dan salah satu dari data Nama, Tempat Lahir atau Tanggal Lahir yang di inputkan di EMIS 4.0 sama dengan data yang berada di SIMPEG, maka proses verifikasi dapat dilanjutkan dengan kondisi tempat Lahir dan tanggal lahir mengikuti data SIMPEG sedangkan nama mengikuti apa yang diinputkan di EMIS 4.0

6. Data seperti No Handphone, Email, Jenis Kelamin, Tempat Lahir, Tanggal Lahir dan Agama akan mengambil dari data SIMPEG, tetapi jika data tersebut tidak lengkap maka perbaikan data dilakukan di aplikasi SIMPEG.

7. Data seperti Provinsi, Kota, dan Alamat, diambil dari data SIMPEG, tetapi jika data tersebut tidak lengkap atau tidak valid, dapat dilakukan perbaikan data di aplikasi EMIS 4.0. Penambahan inputan Pendidikan Terakhir, Pendidikan Dasar, dan Tugas Utama GTK pada form pengajuan GTK baru

8. Guru dengan Pendidikan terakhir S1 akan dikirim ke SIMPATIKA

9. Tenaga Kependidikan akan Dikirim ke SIMPATIKA tanpa batasan Pendidikan

10. Calon guru tidak dikirimkan ke SIMPATIKA

11. Tombol ubah data di daftar gtk diubah menjadi tombol Aksi yang terdapat 2 pilihan ubah data dan lihat detail

12. Pengelola Lembaga dan Kepala Lembaga dapat mencetak lembar S02c untuk GTK baru di halaman detail GTK.

Berikut Informasi Rilisnya Fitur Baru Pada EMIS 4.0 tertanggal 02 Maret 2024:

 

Download petunjuk fitur baru pada EMIS 4.0 tertanggal 02 Maret 2024 disini

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Rilis Fungsi Fitur Baru Pada EMIS 4.0 Tahun 2024. Yang mana Emis 4.0 adalah aplikasi yang akan mengintegrasikan sistem informasi dan data pendidikan Islam yang menjadi dasar kebijakan dan sumber informasi data publik.

Bagi anda yang ingin berbagi informasi mengenai Rilis Fungsi Fitur Baru Pada EMIS 4.0 Tahun 2024 ini agar sekiranya dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "RILIS FITUR FUNGSI BARU PADA EMIS 4.0 TAHUN 2024"