Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MENGGUNAKAN GOOGLE SITES UNTUK MEMBUAT PEMBELAJARAN INTERAKTIF

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

CARA MENGGUNAKAN GOOGLE SITES UNTUK MEMBUAT PEMBELAJARAN INTERAKTIF

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Cara Menggunakan Google Sites Untuk Membuat Pembelajaran Interaktif

Google begitu luar biasa dalam transformasi pada dunia digital, beragam fitur menarik diberikan kepada setiap orang untuk dapat di akses secara gratis. Salah satu fitur menarik yang diberikan oleh google adalah Google Sites. Mungkin google sites ini masih terdengar asing ditelinga kita, padahal fitur yang ada pada google sites ini sangatlah menarik sebab kita dapat memanfaatkannya untuk membuat materi pembelajaran interaktif bagi yang memiliki tugas sebagai tenaga kependidikan.

Google Sites adalah platform milik Google yang memungkinkan kita untuk membuat website dengan mudah.

Pada bagian pembelajaran, Google Sites dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran dengan mengkolaborasikan berbagai media lain seperti gambar, suara, dan video. Adapun manfaat dari google sites ini bagi dalam bidang pendidikan, adalah:

1) google sites dapat membuat siswa lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran

2) google sites dapat memberikan pengalaman dan kenyamanan siswa dalam belajar

3) google sites dapat memberikan materi pembelajaran yang bisa diunduh sehingga siswa dapat belajar secara mandiri dimana pun berada

4) goole sites dapat memberikan materi yang dari awal sampai akhir secara singkat dan jelas

Bagi anda yang ingin belajar dari awal untuk menggunakan google sites ini, berikut mimin berikan langkah-langkahnya:

1. Silahkan langsung akses laman google sites berikut: https://sites.google.com/

2. Silahkan login menggunakan akun gmail ataupun akun belajar.id

3. Pada laman awal google site silahkan pilih Blank site atau halaman kosong 

4. Selanjutnya anda akan melihat beberapa menu utama yang tersedia pada laman google site, seperti: menu undu, menu redu, priview, menu link, menu setting dan sebagainya. Pada bagian kanan terdapat 3 menu utama, yaitu:

a. Menu Insert, dengan fungsi untuk membuat: Text box, upload Images, menu Embed untuk mengisi URL link, lalu ada menu Drive dan terakhir ada Content Blocks

b. Pada menu Pages anda dapat membuat halaman sesuai dengan keinginan, menambah atau mengurangi, mengedit dan sebagainya

c. Terakhir ada menu Themes yang dapat anda gunakan sesuai dengan keinginan atau anda dapat mengupload theme sendiri jika sudah memilikinya.

5. Jika sudah selesai membuat materi pada halaman google sites, selanjutnya pilih dan klik Publish yang ada dipojok kanan atas, kemudian isikan web adres anda (bebas saja, contohnya mangga 2024, apel2023 dan sebagainya).

6. Jika sudah di Publish, barulah anda dapat mengklik menu salin link untuk mendapatkan link google sites yang anda gunakan, dan silahkan di share link tersebut sesuai dengan keperluan anda untuk bisa diakses oleh orang lain.

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Cara Menggunakan Google Sites Untuk Membuat Pembelajaran Interaktif. Yang mana Google Sites ini dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran interaktif dengan mengkolaborasikan berbagai media lain seperti gambar, suara, dan video. Kemudian Google Sites ini adalah platform milik Google yang memungkinkan kita untuk membuat website dengan mudah.

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai Google Sites ini agar sekiranya dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "CARA MENGGUNAKAN GOOGLE SITES UNTUK MEMBUAT PEMBELAJARAN INTERAKTIF"