Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[PPT] BANGUN RUANG DAN LUAS, VOLUME BANGUN RUANG

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

A. Modul 5 "Bangun Ruang"

Pada modul 5 PDGK 4406 Pembelajaran Matematika SD membahas tentang "Bangun Ruang". 

Benda- benda disekitar kita seperti batu bata, kaleng mentega, drum minyak tanah, lemari, kulkas dan sebagainya, benda semacam ini mempunyai permukaan sebagai pembatasnya. Dalam geometri bangun ruang batas- batas benda seperti itu disebut permukaan tertutup sederhana.

Permukaan tertutup sedehana membagi ruang menjadi tiga himpunan titik lepas. Ketiga himpunan titik itu adalah bagian dalam, bagian luar, dan permukaan tertutup itu sendiri.  Gabungan dari bagian dalamnya dan permukaan tertutup sederhana dinamakan daerah permukaan tertutup sederhana.

Sedangkan sebuah permukaan tertutup sederhana yang terdiri dari daerah-daerah segi banyak (poligon) dinamakan bidang banyak (polyhedron). Daerah segi banyak (poligon) dari bidang banyak (polihedron) disebut sisi, ruas garis persekutuan dua sisi disebut  rusuk dan titik potong dua rusuk disebut titik sudut.

  • Bidang Banyak Beraturan

Bidang banyak beraturan adalah bidang banyak yang bidang sisinya berupa satu macam segi banyak  beraturan yang kongruen. Beberapa bidang banyak beraturan yang sudah dikena sejak zaman Yunani kuno, diantaranranya:

1. Bidang empat beraturan (tertrahedron)

2. Bidang delapan beraturan (oktahedron)

3. Bidang enam beraturan (heksahedron)

4. Bidang dua belas beraturan (isohedron)

5. Bidang dua puluh beraturan (dedocahendron)

Untuk lebih jelasnya mengenai modul 5 pada materi Bangun Ruang, dapat dilihat pada PPT dibawah ini:

 

 Download PPT Modul 5 materi Bangun Ruang disini

B. Modul 6 "Luas dan Volume Bangun Ruang"

Pada modul 6 PDGK 4406 Pembelajaran Matematika SD membahas tentang "Luas dan Volume Bangun Ruang".

Luas daerah permukaan kubus (surface) bangun ruang merupakan jumlah daerah seluruh permukaannya, yaitu luas daerah bidang-bidang lainnya. Misalkan kita akan menentukan luas permukaan sebuah kubus ABCDEFGH dengan ukuran rusuknya a cm. Hal ini sama saja dengan menentukan luas daerah seluruh bidang sisi dari kubus tersebut maka kubus memiliki 6 buah sisi berupa bujur sangkar (persegi) yang kongruen (sama dan sebangun). 

Dengan hal ini, maka secara umum dapat disimpulkan bahwa : luas daerah permukaan kubus = luas daerah seluruh bidang = sisi kubus = enam kali kuadrat yang menyatakan ukuran panjang rusuknya.

Untuk lebih jelasnya mengenai modul 6 pada materi Luas dan Volume Bangun Ruang, dapat dilihat pada PPT dibawah ini:

 

Download PPT Modul 6 materi Luas dan Volume Bangun Ruang disini

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan tentang materi modul 5 dan modul 6 pada mata kuliah Pembelajaran Matematika SD. Adapun modul 5 yaitu membahas tentang materi Bangun Ruang, sedangkan pada modul 6 yaitu membahas tentang Luas dan Isi Bangun Ruang. Dengan mempelajari modul tersebut maka kita sebagai guru dapat membuat inovasi terbaru terhadap materi pembelajaran disekolah, khususnya pada materi tentang Bangun Ruang.

Guru bisa saja mengajak siswa membuat salah satu Bangun Ruang dari peralatan yang sederhana, kemudian mempraktekkannya didepan kelas hingga akhirnya memberikan materi cara menghitung Luas dan Volume bangun ruang yang telah dibuattersebut.

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit dipahami agar sekiranya memaklumi dan memaafkannya. 

Post a Comment for "[PPT] BANGUN RUANG DAN LUAS, VOLUME BANGUN RUANG"