Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(PPT) MEDIA DAN BAHAN MANIPULATIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Media pembelajaran dalam pembelajaran matematika SD adalah alat bantu pembelajaran yang digunakan untuk menampilkan, mempresentasikan, menyajikan, atau menjelaskan bahan pelajaran kepada peserta didik, yang mana alat-alat itu sendiri bukan merupakan bagian dari pelajaran yang diberikan.

Jenis media dapat dikelompokkan dari aspek-aspek yang berbeda, misalnya ;

1. Dari bahan, berupa media cetak dan media non cetak

2. Dari tayangan, berupa media proyeksi dan media non proyeksi

3. Dari kelistrikan, berupa media elektronik dan media non-elektronik

4. Dari ukuran kemajuan, media sederhana dan media modern

A. MEDIA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD

Keuntungan penggunaan media pembelajaran :

  1. Lebih menarik dan tidak membosankan siswa
  2. Lebih mudah dipahami karena dibantu visualisasi yang dapat memperjelas uraian
  3. Lebih bertahan lama dan mudah diingat karena siswa lebih terkesan dengan terhadap tampilan dan tayangan
  4. Mampu melibatkan peserta pembelajaran lebih banyak dan lebih tersebar
  5. Dapat digunakan berulang kali untuk peningkatan penguasaan materi(kaset, vcd, dvd, film)
  6. Lebih efektif karena dapat mengurangi waktu pembelajaran.

Jenis-jenis media dan penggunaannya 

  1. Papan tulis / white boad
  2. Papan grafik, hampir sama dengan papan tulis , tetapi fungsinya untuk mempermudah guru dalam membuat grafik. Papan ini mempunyai kotak-kotak berskala tetap yang dpat dipakai untuk merancang koordinat dari titik-titik yang diperlukan untuk membuat grafik
  3. Papan tempel, dapat diletakkan didalam atau di luar kelas. Jika didalam kelas dipasang disamping kelas tidak didepan. Fungsinya untuk memasang informasi , menempel kliping dari koran , majalah atau brosur yang berkaitan dengan pelajaran atau kemajuan iptek, dan untuk memasang karya-karya siswa yang terpilih. 
  4. Media cetak, dapat dibawa dan dibaca dimana saja dan kapan saja. Dapat berupa LKS, buku paket, petunjuk praktek, lpaoran, modul dan buku kerja.
  5. Kalkulator, termasuk media elektronik yang mudah didapati dengan harga terjangkau. Termasuk alat hitung canggih yang mampu melakukan perhitungan dengan cepat dan akurat: a. Kalkulator sebagai alat bantu berhitung, b. Kalkulator sebagai alat bantu meningkatkan pemahaman konsep matematika, c. Kalkulator sebagai alat bantu belajar pemecahan masalah
  6. Komputer, perangkat lunak(software) misalnya MAT LAB, MAT CAD, DERIVE, MATHEMTICA, MAPLE) memuat topik-topik penyelesaian persoalan matematika(misalnya polinomial, grafik fungsi, pendiferensialan, pengintegralan, grafik dimensi tiga, matriks dan permasalahannya)

B. BAHAN MANIPULATIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD

Gatot Muhsetyo, dkk (2007: 2. 31) mendefinisikan bahwa “Bahan manipulatif adalah bahan yang dapat dimanipulasikan dengan tangan, diputar, dipegang, dibalik, dipindah, diatur atau ditata atau dipotong-potong”. Dari pendapat tersebut dapat dipahami bahwa bahan manipulalatif yaitu bahan yang dapat dimain-mainkan dengan tangan. Alat ini terkait langsung dan bagian dari penjelasan konsep uraian-uraian materi yang disampaikan.

1. Fungsi Bahan Manipulatif

Bahan manipulatif berfungsi untuk menyederhanakan konsep-konsep yang sulit atau sukar, menyajikan bahan yang relatif abstrak menjadi lebih nyata, menjelaskan pengertian atau konsep secara lebih konkrit, menjelaskan sifat-sifat tertentu yang terkait dengan pengerjaan hitung dan sifat-sifat bangun geometri, serta memperlihatkan fakta-fakta (Gatot Muhsetyo, dkk, 2007: 2. 20).

2. Contoh Bahan Manipulatif

a) Bahan Manipulatif dari Kertas

  1. Bahan kertas ini mudah diperoleh dengan warna yang beragam, dari kertas manila yang dibeli di toko atau dari bekas berbagai sampul tak terpakai, dari karton pembungkus makanan atau minuman.
  2. Manfaat dari bahan manipulatif kertas atau karton ini antara lain untuk menjelaskan pecahan, Konsep pecahan dengan menggunakan berbagai bangun geometri, misalnya persegi, persegi panjang, jajarangenjang, belah ketupat, segitiga, lingkaran, dll.

b) Bahan Manipulatif dari Kayu

Bahan dari kayu ini dapat dihias dengan berbagai warna yang menarik untuk menjelaskan konsep numeral, kesamaan bilangan, dan operasi bilangan bulat.

c) Bahan Manipulatif dari Lidi

Pecahan dapat dimanipulasikan dengan lidi dengan warna yang menarik digunakan untuk menjelaskan konsep satuan, puluhan, ratusan untuk siswa SD kelas rendah.

d) Bahan Maniplatif dari Kertas Bertitik atau Berpetak

Kertas bertitik dapat bersifat persegi atau bersifat isometri. Model ini dapat digunakan untuk menjelaskan banyak hal yang terkait dengan geometri. Menjelaskan bangun datar dan sifat-sifatnya, hubungan antar bangun datar  dan luas bangun datar.

Download (PPT) Media dan Bahan Manipulatif Dalam Pembelajaran Matematika SD disini

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan tentang Media dan Bahan Manipulatif Pada Pembelajaran Matematika SD. Semoga denganmembaca artikel ini kita sebagai guru yang ada di Sekolah Dasar dapat mengembengkan dan membuat media pembelajaran berbahan manipulatif untuk pembelajaran Matematika. dengan adanya media yang bagus, maka menjadikan siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran di kelas terutama pada mata pelajaran matematika.

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami.

Posting Komentar untuk "(PPT) MEDIA DAN BAHAN MANIPULATIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD"