Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[TERBARU] CARA MUDAH MEMPERKECIL UKURAN FILE PDF MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

[TERBARU] CARA MUDAH MEMPERKECIL UKURAN FILE PDF MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Portable Document Format atau yang sering disebut dengan PDF merupakan jenis file yang sering digunakan didalam dunia digital. File PDF menjadi pilihan yang sering dilakukan apabila mengirim suatu document untuk berbagai keperluan, misalnya untuk melamar pekerjaan maka bentuk atau jenis file yang dikirimkan adalah Jenis PDF.

Untuk mendapatkan file jenis PDF dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti:

  1. Menggunakan mesin scanner, mesin scanner memiliki fungsi untuk merubah file document yang telah dicetak menjadi file dengan jenis PDF
  2. Menggunakan aplikasi berbasis android, kita dapat memanfaatkan beragam aplikasi scanner berbasis android yang bisa diinstal langsung melalui google Play store. Pada aplikasi scanner versi android ini kita hanya perlu menjalakan aplikasi layaknya seperti halnya melakukan foto terhadap suatu document, dan menjadikan document tersebut dalam bentuk PDF
  3. Menggunakan Microsoft Office yang terpasang di laptop, salah satu bagian Microsot Office adalah Microsoft Word yang digunakan untuk menulis sebuah naskah document dan untuk Microsoft Office 2010 pada Microsoft Word setelah menulis suatu naskah maka kita bisa mengubah jenis naskah tersebut dalam bentuk File PDF. Caranya, tulis sebuah naskah pada Microsoft word, setelah selesai pilih menu File yang ada dipokok sebelah kiri atas, pilih save as, kemudian pilih “Save As Type” dengan pilihan PDF, dan terakhir klik SAVE.

Namun sayangnya jenis file PDF sering kali memiliki ukuran yang cukup besar sehingga untuk memperkecil ukurannya kita harus mengkompresnya. Misalnya, File PDF yang kita miliki berukuran 3 mb sedangkan file yang diterima adalah ± 1 mb. Tentu hal yang harus dilakukan adalah mengkompres file PDF tersebut hingga mendapatkan ukuran sesuai yang diinginkan.

Untuk memperkecil ukuran file PDF ini bisa dilakukan secara online dan bisa juga dilakukan dengan aplikasi (via windows atau android). Ada kelebihan dan kekurangan apabila memperkecil ukuran file PDF ini, misalnya karena ukuran file PDF yang terus diubah maka akan berpengaruh pada hasil yang didapatkan, seperti halnya hasil menjadi rusak tidak beraturan, file menjadi kabur dan sebagainya. Kalau kelebihannya ya dapat membantu pekerjaan kita secara mudah sehingga dapat mengirimkan file PDF untuk keperluan tertentu.

Dan dalam kesempatan kali ini mimin akan berbagi cara mudah memperkecil ukuran file PDF dengan menggunakan aplikasi android. Aplikasi android ini bernama “CamScanner” yang dapat didownload pada google Play Store masing-masing atau klik tautan linknya https://play.google.com/store/apps/details?id=com.intsig.camscanner

CARA MUDAH MEMPERKECIL UKURAN FILE PDF MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID

Aplikasi CamScanner dapat berfungsi untuk merubah jenis file menjadi PDF dan juga memiliki fungsi untuk memperkecil ukuran file PDF tanpa merusak isi dialamnya.

Untuk menjadikan file PDF menggunakan aplikasi CamScanner yaitu dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Silahkan cetak document yang akan dijadikan file PDF
  2. Silahkan buka aplikasi CamScanner
  3. Tekan tanda “Kamera” dan arahkan pada document tersebut, kemudian foto
  4. Selanjutnya file foto tersebut silahkan dibagikan, pilih Bagikan PDF dan share via WhatsAPP, Telegram, Gmail dan sebagainya
  5. Maka otomatis file akan terkirim dan berbentuk PDF

Lantas bagaimana cara memperkecil ukuran file PDF dengan menggunakan aplikasi CamScanner? Berikut mimin tuliskan cara atau langkahnya:

  1. Anda persiapkan file PDF yang akan diperkecil ukurannya
  2. Selanjutnya silahkan buka aplikasi CamScanner
  3. Pada menu “Beranda” pilih Impor Berkas, cari file PDF yang telah didownload tadi. Saran mimin “file PDF yang akan diperkecil ukurannya tersebut dikirim dan didownload via WhatsAPP” sehingga ketika memilih IMPOR BERKAS, maka file PDF akan terlihat langsung tanpa harus membuka folder penyimpan dihandphone.
  4. Setelah file PDF berhasil diimpor, selanjutnya pilih menu dengan nama PDF yang ada dipojok kanan atas. Maka akan muncul beberapa menu untuk file PDF tadi mulai dari “Anti Pemalsuan, Word, Tanda Tangan, Kompresi, dan Atur PDF”
  5. Pada menu di poin nomor 4 diatas pilih KOMPRESI, maka akan muncul 2 pilihan sesuai ukuran file PDF asal (Original Size dan Compressed Size). Anda bisa memilih COMPRESSED SIZE, kemudian pilih BAGIKAN yang ada dipojok kanan atas
  6. Setelah memilih BAGIKAN pada poin nomor 5, silahkankan pilih bagikan via WhatsAPP, Telegram, Gmail dan sebagainya      

Setelah langkah diatas anda lakukan dan file telah dibagikan, selanjutnya tinggal download saja lagi file PDF yang telah diperkecil ukurannya tersebut. Dan yang perlu anda ketahui adalah memperkecil ukuran file PDF dengan Aplikasi CamScanner ini menyesuaikan ukuran asli sebuah file, misalnya file PDF yang dimiliki berukuran 1,4 mb maka dapat diperkecil menjadi 0,67 kb.

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagika mengenai cara memperkecil ukuran file PDF dengan menggunakan aplikasi android. Dengan berkembangnya jaman diera digital seperti sekarang ini maka kita dapat mempermudah berbagai macam kegiatan, misalnya untuk melakukan scanner tidak perlu menggunakan mesin scanner. Dan bisa diganti dengan menggunakan aplikasi via android yang bisa di download langsung melalui google Play Store. Tentu ini dapat membantu mempermudah setiap pekerjaan yang sedang kita lakukan, maka dari itu kita harus pandai memanfaatkan perkembangan jaman diera digital seperti sekarang ini, salah satunya dengan menggunakan aplikasi yang ada pada handphone android anda. 

Dan bagi anda yang mengetahui cara lain yang lebih mudah untuk memperkecil ukuran file PDF, maka dapat sekiranya berbagi dengan menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.

Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya. 

Posting Komentar untuk "[TERBARU] CARA MUDAH MEMPERKECIL UKURAN FILE PDF MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID"