Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGERTIAN ILMU, PENDIDIKAN, ISLAM SECARA ETIMOLOGI DAN TERMINOLOGI

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

PENGERTIAN ILMU, PENDIDIKAN, ISLAM SECARA ETIMOLOGI DAN TERMINOLOGI

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Pengertian Ilmu, Pendidikan, Islam Secara Etimologi dan Terminologi

Pengertian dari Ilmu, Pendidikan dan Islam secara Pengertian secera etimologi dan trimonologi, yaitu:

A. Pengertian Ilmu Secara Etimologi Dan Terminologi

Ilmu secara Etimologi berasal dari bahasa Arab, yaitu `ilm ( علم ) yang memiliki makna mengetahui atau perbuatan yang bertujuan untuk mengetahui segala sesuatu. Dan secara Terminologi ilmu adalah bentuk pengetahuan tentang sesuatu yang datang dari Allah, yang mana ilmu tersebut diturunkan kepada para nabi dan rasul serta alam yang diciptakan-Nya, termasuk manusia dan apa saja yang ada pada diantara langit dan bumi ini, atau pengetahuan yang sistematis dan bersifat ilmiah. Jadi, dapat simpulkan bahwa ilmu secara etimologi adalah suatu proses kegiatan penelitian terhadap suatu gejala atau kondisi pada suatu bidang dengan menggunakan berbagai prosedur, metode ilmiah untuk menghasilkan suatu kebenaran ilmiah yang empiris, sistematis, objektif, analitis, dan verifikatif. Sedangkan Ilmu secara terminologi adalah pengetahuan yang sistematis dan bersifat ilmiah.

B. Pengertian Pendidikan Secara Etimologi Dan Terminologi

Secara Etimologi Pendidikan berasal dari kata dasar “didik” yang kemudian mendapatkan imbuhan pe-an. Kata didik tersebut berubah menjadi kata kerja mendidik yang memiliki arti untuk membantu anak dalam menguasai aneka pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai yang diwariskan oleh keluarga atau masyarakat. Pendidikan juga berasal dari bahasa Yunani, yaitu paedagogy yang mengandung makna seorang anak yang pergi dan pulang sekolah diantar oleh seorang pelayan dan pelayan yang mengantar dan menjemput tersebut disebut sebagai paedagogos. Dengan demikian, arti Pendidikan secara bahasa adalah ilmu untuk menuntun anak untuk memiliki pengetahuan. Sedangkan Pendidikan secara terminologi memiliki beberapa pengertian menurut para ahli, diantaranya:

  • Menurut Ki Hajar Dewantara memberikan definisi Pendidikan sebagai tuntunan didalam hidup tumbuhnya anak-anak. Maksudnya Pendidikan menuntun segala kekuatan pada anak-anak agar mereka sebagai manusia dan anggota dari masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.
  • Menurut John Dewey memberi batasan Pendidikan sebagai proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional ke arah alam dan sesame manusia.
  • Menurut J.J. Rousseau berpendapat Pendidikan adalah memberi kita perbekalan yang tidak ada pada masa kanak-kanak tetapi diperlukan pada masa dewasa.   

C. Pengertian Islam Secara Etimologi Dan Terminologi

Dari segi etimologi Islam dapat diambil dari kata “aslama”, yang berarti menyerah kepada kehendak Allah SWT, kemudian dari kata “silmun” yang berarti damai dengan Allah SWT dan sesama makhluk, serta dari kata “salima” yang berarti selamat dunia dan akhirat. Pengertian Islam dari segi terminologi secara khusus yaitu; Islam adalah agama Allah yang dibawa dan diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW dengan perantaraan malaikat Jibril agar dijadikan pedoman hidup di dunia dan akhirat.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Ilmu Pendidikan Islam adalah pengetahuan yang diajarkan atau disampaikan kepada manusia, baik itu yang dilingkungan formal, non-formal maupun dilingkungan masayarakat sebagai bekal atau pedoman hidup yang sesuai dengan kaidah-kaidah dalam agama islam. 

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Pengertian Ilmu, Pendidikan, Islam Secara Etimologi dan Terminologi. Yang mana jika digabungkan antar Ilmu Pendidikan Islam dapat kita simpulkan bahwa pengetahuan yang diajarkan kepada masayarakt pada umumnya dan kepada peseta didik lebih khususnya mengenai pendidikan yang berbasis islami sesuai dengan kaidah-kaidah yang terkandung dalam agama. ilmu pendidikan islam ini sangat penting untuk diajarkan kepada peserta didik dari usia dini agar mereka memiliki benteng yang kokoh dalam menjalani kehidupan di era modern seperti sekarang ini dan salah satu benteng kokoh tersebut adalah pendidikan yang berlandaskan dengan ilmu agama.

Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "PENGERTIAN ILMU, PENDIDIKAN, ISLAM SECARA ETIMOLOGI DAN TERMINOLOGI"