Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGERTIAN SERTA RUANG LINGKUP PENDIDIKAN ISLAM DAN AJARAN ISLAM

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

PENGERTIAN SERTA RUANG LINGKUP PENDIDIKAN ISLAM DAN AJARAN ISLAM

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Pengertian Serta Ruang Lingkup Pendidikan Islam Dan Ajaran Islam

Dalam kesempatan kali ini mimin akan membagikan tentang pengertian serta ruang lingkup mengenai Pendidikan islam dan juga ajaran islam, yang mana keduanya sama-sama sebagai sarana dengan tujuan untuk memberikan Pendidikan atau pengajaran terhadap setiap manusia sesuai dengan nilai-nilai yang telah tertanam pada ajaran agama islam.

Pengertian Serta Ruang Lingkup Pendidikan Islam Dan Ajaran Islam

1. Pendidikan Islam

Pendidikan islam menurut Rahmat Hidayat memiliki arti sebagai Pendidikan yang dilaksanakan berdasarkan pola ajaran islam. Pendidikan islam selalu merujuk pada ajaran dan nilai-nilai yang diambil dari Al-Qur’an, Sunnah, Ijtihad para ulama klasik, serta perjalanan Panjang interaksi umat islam terkait Pendidikan selama sejarah panjangnya. Pendidikan islam juga memiliki arti sebagai pembekalan moral islami kepada peserta didik sehingga peserta didik dapat meningkatkan kualitas dirinya baik secara jasmani maupun rohani yang dikuatkan oleh nilai-nilai keislaman dan ketuhanan.

Adapun ruang lingkup Pendidikan Islam, diantaranya:

  • Tujuan Pendidikan Ilmu, pendidikan Islam bertujuan untuk meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan, dan pengalaman peserta didik tentang agama Islam, sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  • Pendidik adalah orang yang bertugas menfasilitasi atau membantu siswa selama proses penbelajaran berlangsung.
  • Peserta didik, Siswa sebagai objek utama dalam pendidikan memegang peranan yang sangat strategis.
  • Model Pendidikan Islam, seperti halnya model pemprosesan, model pribadi, model interaksi, model perilaku siswa.
  • Materi Pendidikan Islam , materi yang harus dipahami oleh peserta didik adalah Al-Qur’an sebagai tuntunan atau pedoman dalam kehidupan.
  • Alat Pendidikan Islam, adalah alat-alat yang dapat digunakan selama melaksanakan pendidikan Islam, agar tujuan pendidikan Islam tersebut lebih berhasil.
  • Evaluasi, merupakan salah satu komponen sistem pembelajaran pada khususnya, dan sistem pendidikan pada umumnya. 

2. Ajaran Islam

Ajaran Islam ini terdiri dari 2 kata, yaitu “ajaran” dan “islam”. Menurut KBBI ajaran memiliki makna sebagai segala sesuatu yang diajarkan, nasihat, petuah, petunjuk dan paham. Sedangkan islam merupakan agama yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai nabi dan rasul terakhir untuk menjadi pedoman hidup seluruh manusia hingga akhir zaman. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ajaran islam merupakan suatu pengetahuan yang terkandung atau berhubungan dengan agama, khususnya agama islam.

Ruang Lingkup adalah penjelasan tentang batasan suatu masalah. Dalam hal ini ruang lingkup ajaran Islam adalah penjelasan tentang-tentang batasan dalam agama Islam. Adapun ruang lingkup ajaran islam, diantaranya:

  • Aqidah, yaitu secara bahasa berasal dari kata akhada yakidu,aqidah artinya adalah sesuatu yang tertancap dalam hati, mengakar kuat dan kokoh terhadap suatu dzat tanpa ada keraguan sedikitpun.
  • Syariat, yaitu hukum dan aturan yang mengatur segala aspek kehidupan baik itu untuk Muslim maupun non-muslim (seluruh manusia).
  • Akhlak, yaitu tingkah laku sesorang yang didorong berdasarkan kesadaran untuk melakukan suatu perbuatan. Contohnya akhlak terhadap orang tua, tetangga, teman, hewan dan lainnya

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Pengertian Serta Ruang Lingkup Pendidikan Islam Dan Ajaran Islam. Yang mana Pendidikan dan ajaran islam ini sangat penting untuk diajarkan kepada orang lain agar setiap manusia memiliki akhlak yang mulia dan dapat membentengi dirinya dari pengaruh-pengaruh budaya luar yang dapat merusak kehidupannya. Pendidikan ini dapat dilakukan dilingkungan sekolah, pesantren, rumah tangga maupun dilingkungan masyarakat. Untuk itu sangatlah penting memberikan Pendidikan dan pengajaran kepada orang lain sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW dengan harapan manusia tidak menyimpang dari jalan kebenaran.

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai pengertian dan ruang lingkup Pendidikan serta ajaran islam ini agar sekiranya  dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "PENGERTIAN SERTA RUANG LINGKUP PENDIDIKAN ISLAM DAN AJARAN ISLAM"