Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Tujuan Tugas Akhir Program (TAP)

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Tugas Akhir Program (TAP) merupakan matakuliah untuk mahasiswa FKIP-UT yang telah memasuki akhir semester. Pada pembelajaran TAP ini diajarkan untuk bagaimana cara mengatasi atau memecahkan masalah pembelajaran, lalu kemudian mencari solusi untuk memecahkan masalah tersebut.

Selain itu Tugas Akhir Program (TAP) juga mengajarkan mahasiswa untuk menganalisa pembelajaran melalui suatu kasus yang disajikan, lalu memberikan solusi untuk kasus yang telah dianalisa tersebut. Kasus yang dimaksud adalah kasus didalam pembelajaran, baik berupa kasus dalam bentuk uraian maupun kasus dari sebuah video pembelajaran.

A. Pengertian Dari Tugas Akhir Program (TAP)

Tugas Akhir Program (TAP) adalah tugas yang harus diselesaikan atau dikerjakan oleh mahasiswa program sarjana (S1) yang sudah memenuhi persyaratan baik administrasi maupun akademik. TAP merupakan serangkaian tugas berbentuk permasalahan, kasus-kasus, atau pertanyaan yang diangkat dari masalah nyata pembelajaran bidang studi/bidang pengembangan yang harus dipecahkan oleh guru.

B. Latar Belakang Dari Tugas Akhir Program (TAP) 

Yang melatarbelakangi mahasiswa melakukan matakuliah TAP karena melalui TAP ini mahasiswa yang telah menjadi guru dilatih dan sekaligus diuji untuk menginternalisasi dan menghubungkan berbagai konsep yang telah dipelajari dengan pengalaman dan situasi nyata yang dihadapi, serta memecahkan masalah dan memperbaiki kualitas pembelajaran yang dilakukan. Muatan TAP tidak hanya sekedar berkenaan dengan pemahaman konseptual saja, tetapi lebih dari itu, mahasiswa dituntut untuk mampu menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajarinya dalam konteks pembelajaran nyata. Bahkan, lebih jauh lagi mahasiswa dituntut untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran yang secara kreatif memunculkan gagasan-gagasan dan inovasi baru untuk meningkatkan mutu pendidikan.

C. Tujuan Dari Tugas Akhir Program (TAP)

Tujuan dari matakuliah Tugas Akhir Program (TAP) adalah untuk mengukur penguasaan kompetensi akhir mahasiswa, melalui ujian yang menuntut mahasiswa mengaplikasikan pengetahuan, sikap, danketerampilan yang diperolehnya dari berbagai mata kuliah dalam memecahkan masalah-masalah pembelajaran secara komprehensif.

D. Strategi Dan Kerangka Berfikir Dalam Tugas Akhir Program (TAP)

Soal TAP berbentuk uraian yang dikemas dalam kasus pembelajaran/kegiatan pengembangan dan dilengkapi dengan serangkaian pertanyaan. Kasus merupakan peristiwa yang khas dan nyata yang terjadi dalam konteks pembelajaran/kegiatan pengembangan di kelas. Oleh sebab itu, untuk memecahkan sebuah kasus diperlukan kerangka berfikir dan strategi dalam menyelesaikannya. 

Ada 8 (delapan) kerangka berfikir atau strategi untuk menyelesaikan kasus dalam TAP, yaitu:

  1. Yang harus dilakukan adalah membaca dan mempelajari kasus dengan cermat
  2. Apabila kasus sudah dibaca dengan cermat selanjutnya lakukan indentifikasi berbagai informasi kunci atau penting yang terdapat dalam kasus
  3. Selanjutnya mengaitkan informasi-informasi tersebut sehingga muncul permasalahan atau pertanyaan dari kasus yang ada
  4. Lakukan analisa penyebab masalah dari kasus tersebut
  5. Kemudian kembangkan alternatif pemecahan masalah untuk kasus tersebut
  6. Selanjutnya analisis setiap kekuatan dan kelemahan alternatif yang telah dikembangkan sebelumnya pada poin nomor 5
  7. Kemudian pilih satu alternatif yang dianggap paling efektif untuk menyelesaikan permasalahan dalam kasus yang telah dipelajari tadi
  8. Menyusun dan menuliskan jawaban dari masalah atau kasus tersebut secara urut

E. Sistematika Penyajian Tugas Akhir Program (TAP)

Sistematika program dalam menyajikan Tugas Akhir Program (TAP) adalah dengan memberikan modul yang berisikan materi tentang TAP kepada mahasiswa sebagai panduan dalam mempelajari cara menyelesaikan masalah atau kasus dalam pembelajaran. Pada modul yang diberikan terdapat 4 bagian BAB dengan rincian sebagai berikut:

BAB I : Berisikan tentang pendahuluan yang meliputi latar belakang, tujuan dan sistematika.

BAB II : menguraikan konsep TAP yang meliputi pengertian, materi, dan bentuk TAP serta cara penyelesaian yang berisi definisi kasus serta contoh-contoh soal dan cara menganalisis kasus.

BAB III : menjelaskan tentang penyelenggaraan TAP yang meliputi persyaratan peserta TAP, cara pendaftaran TAP, pembimbingan TAP, dan pelaksanaan TAP (lokasi, waktu, dokumen ujian, dan saran menghadapi TAP), kriteria dan tugas tutor, serta tugas pengelolaan (UPBJJ).

BAB IV: penutup.   

Adapun peserta TAP adalah mahasiswa Program S1 FKIP-UT yang telah memenuhi persyaratan akademik dan administrative berikut:

  • Sudah menenmpuh mata kuliah dan memenuhi grade (nilai) semester 1-9 untuk Program Studi S1 PGSD atau semester 1-8 untuk Program S1 PGPAUD.
  • Lulus mata kuliah IDIK 4008 Penelitian TindakanKelas
  • Lulus mata kuliah Praktikum

Persyratan administratif mahasiswa, antara lain:

1) Fotokopi ijazah yang telah dilegalisir

2) Surat Keterangan Mengajar

3) Fotokopi SK Alih Kredit (bila ada)

4) Tanda bukti pendaftaran TAP

5) Tanda bukti setor SPP (bukti pembayaran)

Cara pendaftaran TAP, antara lain:

  1. Membeli berkas pendaftaran TAP di UPBJJ-UT atau di KPPF dan mempelajari buku Petunjuk Pendaftaran TAP
  2. Mengisi Tanda Bukti Setoran UT, lalu membayar biaya TAP melalui kantor cabang BRI atau ATM BRI pada jenis setoran TAP dan melengkapi persyaratan seperti: Fotokopi ijazah yang telah dilegalisir, fotokopi SK Alih Kredit (bila ada), dan Surat Keterangan Mengajar.
  3. Menyerahkan berkas pendaftaran TAP ke UPBJJ-UT paling lambat tanggal batas akhir registrasi
  4. Menerima bukti pendaftaran TAP dan UPBJJ-UT       
Demikianlah apa yang dapat saya tuliskan yaitu tentang Pengertian dan Tujuan Matakuliah Tugas Akhir Program (TAP) untuk mahasiswa FKIP-UT. Semoga artikel yang sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kalimat yang sulit untuk dipahami atau ada kesalahan didalam penulisan.

Post a Comment for "Pengertian Dan Tujuan Tugas Akhir Program (TAP)"