Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MUDAH MEMBUAT DOKUMEN DENGAN MENGGUNAKAN SUARA

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

CARA MUDAH MEMBUAT DOKUMEN DENGAN MENGGUNAKAN SUARA

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Cara Mudah Membuat Dokumen Dengan Menggunakan Suara

Semakin berkembangnya jaman maka semakin canggih juga teknologi yang berkembang, dari masa ke masa dan dari waktu ke waktu perubahan ini selalu ada. Misalnya saja, dulu untuk membuat sebuah dokumen kita perlu menuliskannya pada selembar kertas lalu mengirimkannya sesuai tempat tujuan dengan menggunakan jasa POS.

Setelah pembuatan dokumen dengan menggunakan selembar kertas, barulah selanjutnya muncul mesin ketik manual untuk mempermudah pembuatan sebuah dokumen. Hingga sampai sekarang ini pembuatan dokumen dapat dilakukan secara digital dengan menggunakan fitur-fitur aplikasi yang telah disediakan.

Seperti contohnya pada aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft terdapat beberapa macam fitur yang sangat bermanfaat, salah satunya adalah fitur Microsoft Word. Sesuai dengan Namanya fitur Microsoft Word ini dapat dimanfaatkan sebagai media untuk membuat dokumen, misalnya membuat laporan tugas kuliah, membuat laporan untuk instansi pemerintahan dan masih banyak lagi yang laiinya.

Untuk membuat sebuah dokumen kita dapat mengetikkan huruf-huruf yang ada pada keyboard satu per satu sesuai dengan keinginan. Namun, apa jadinya andai kata kita diminta membuat dokumen dengan lembaran yang cukup banyak, tentunya akan memerlukan waktu yang cukup lama dan juga membuat kita kelelahan dalam mengetikkan dokumen tersebut. Tetapi, untuk sekarang ini kita dapat memanfaatkan fitur suara saat ingin membuat dokumen yang cukup banyak.

Dengan menggunakan fitur suara tersebut maka nantinya secara otomatis apa yang kita ucapkan akan terketik dengan sendirinya pada lembaran dokumen yang ada. Jadi, kita dapat memanfaatkan fitur suara ini untuk membantu dalam menyelesaikan pekerjaan yang sedang dilakukan tanpa harus mengetik lagi pada keyboard secara manual. 

Cara mengetik dengan fitur suara pada Microsoft Word ini dapat dilakukan pada laptop maupun pernagkat komputer atau PC yang dimiliki. Untuk mengaktifkan fitur pesan suara ini, dapat dilakukan dengan mengikuti cara atau langkah berikut ini:

  1. Pilih tombol SEARCH pada laptop atau PC, kemudian ketikkan kata kunci Control Panel dan silahkan tekan tombol enter jika sudah ketemu
  2. Untuk mempermudah tampilan, anda dapat mengubah tampilan Category menjadi Large Icons. Klik View pada pojok kanan atas, setelah tampilan berubah, klik Speech Recognition yang memiliki ikon mikrofon
  3. Selanjutnya klik Start Speech Recognition, dan ikuti setiap langkahnya dengan mengeklik Next
  4. Di bagian What Type Of Microphone Is Jack Mic (Realtek Audio), pilih Headset Microphone
  5. Klik Next, lalu kemudian ucapkan beberapa kata agar terdeteksi pada laptop atau komputer 
  6. Pilih Enable document review di halaman Improve speech recognition accuracy
  7. Kemudian pilih Use manual activation mode pada halaman Choose an activation mode
  8. Dan klik Next hingga proses selesai dan symbol mikrofon pun akan muncul
  9. Selanjutnya buka Microsoft Word dan klik ikon mikrofon tersebut, lalu ucapkan kalimat yang ingin anda tuliskan pada lembar dokumen yang telah ada.

Namun, sayangnya cara diatas cukup sulit untuk dilakukan sebab Bahasa yang mendukung adalah Bahasa inggris, Britania Raya, Kanada, India, dan Australia. Selain bahasa Inggris, ada juga bahasa Prancis, Jerman, Jepang, serta bahasa Spanyol. Untuk Bahasa Indonesia itu sendiri belum tersedia, sehingga anda jangan merasa bingung saat mengucapkan Bahasa Indonesia tiba-tiba yang muncul dipenulisan adalah Bahasa yang berbeda.

Jadi, untuk menggunakan fitur suara ini pada lembar dokumen anda dapat memanfaatkan layanan dari google secara gratis. Dan anda hanya perlu menghubungkan laptop atau komputer dengan paket internet secara online.

Berikut ini cara membuat dokumen dengan menggunakan fitur pesan suara melalui Google Dokumen dengan Bahasa Indonesia, yaitu:

  1. Ketikkan kata kunci Google Docs di mesin pencari seperti Chrome atau mozilla, dan sebagainya
  2. Masuk dengan akun Gmail yang dimiliki
  3. Pilih salah satu template di halaman Google Docs. Dan perlu diingat jangan memilih Blank atau Kosong, sebab fitur suara tidak akan muncul di pilihan tersebut;
  4. Hapus semua teks yang ada di template pilihan anda
  5. Pilih dan klik Alat atau Tools pada bagian atas halaman Google Dokumen
  6. Selanjutnya klik Dikte atau Voice typing yang disertai dengan ikon mikrofon
  7. Dan nantinya akan muncul fitur dengan simbol mikrofon terpisah dari halaman
  8. Silahkan klik ikon mikrofon tersebut dan ucapkan beberapa kalimat yang nantinya akan tertulis secara otomatis pada lembar dokumen yang tersedia.

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Cara Mudah Membuat Dokumen Dengan Menggunakan Suara. Yang mana cara ini adalah untuk memudahkan kita dalam membuat laporan pada lembar dokumen tanpa harus bersusah payah mengetiknya. Untuk mendapatkan Bahasa Indonesia kita dapat memanfaatkan layanan dari google secara online, lalu hasil dari dokumen yang dibuat tadi dapat didownload atau copy-pastekan secara langsung pada lembar dokumen Microsoft word yang telah disediakan.

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai cara lain untuk membuat dokumen dengan menggunakan pesan suara ini agar sekiranya dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "CARA MUDAH MEMBUAT DOKUMEN DENGAN MENGGUNAKAN SUARA"