Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PEMBARUAN DAN CARA INSTAL APLIKASI DAPODIK VERSI 2023.d UNTUK SEMESTER GENAP

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

PEMBARUAN DAN CARA INSTAL APLIKASI DAPODIK VERSI 2023.d UNTUK SEMESTER GENAP

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Pembaruan Dan Cara Instal Dapodik Versi 2023.d Untuk Semester Genap

Dilansir laman https://dapo.kemdikbud.go.id telah diketahui bahwa aplikasi dapodik untuk semester genap tahun pelajaran 2022/2023 telah dirilis dengan versi 2023.d. aplikasi dapodik yang dirilis ini terdapat 2 versi, yaitu berupa Patch (updater) dan juga berupa installernya.

Bagi anda yang sudah pernah menginstal aplikasi dapodik versi sebelumnya, yaitu versi 2023.c maka dapat mendownload Patch dapodik versi 2023.d saja lalu kemudian menginstalnya seperti biasanya. Sedangkan bagi anda yang mengalami permasalahan dengan aplikasi dapodik sebelumnya atau aplikasi dapodik versi 2023.c tidak terinstal, maka dapat mendownload Installer aplikasi dapodik versi 2023.d lalu kemudian melakukan instalasi seperti biasanya.

Adapun pembaruan dan perbaikan yang dilakukan pada Aplikasi Dapodik versi 2023.d adalah sebagai berikut:

  1. [Pembaruan] Penambahan informasi terkait bersedia menerima Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP)
  2. [Pembaruan] Penambahan sub ruang / bilik untuk prasarana kamar mandi/WC
  3. [Pembaruan] Penambahan kolom kondisi dan bobot kerusakan pada bangunan yang di dapat dari Manajemen SP
  4. [Pembaruan] Penambahan referensi ruang pusat sumber pendidikan inklusif
  5. [Perbaikan] Perbaikan input P5 pada pembelajaran bagi pelaksana Kurikulum Merdeka
  6. [Perbaikan] Perbaikan Bugs pada saat memilih Kurikulum dan tingkat pendidikan bagi jenjang KB, TPA, SPS pada jenjang PKBM/SKB
  7. [Perbaikan] Perubahan bisnis proses penginputan untuk prasaran kamar mandi/WC
  8. [Perbaikan] Perubahan wilayah hingga pemilihan desa/kelurahan pada formulir peserta didik

Cara instal aplikasi dapodik versi 2023.d dengan menggunakan patch dan juga instalernya, berikut langkah-langkahnya:

1. Untuk dapodik yang sudah ada versi sebelumnya (dapodik 2023.c), berikut langkahnya:

1) Download patch aplikasi dapodik versi 2023.d

2) Letakkan di Local Disk: (C)

3) Klik kanan pada aplikasi lalu pilih Run as Administrator

4) Lakukan penginstalan hingga selesai.

2. Untuk dapodik yang belum ada versi 2023.c nya, maka disarankan mendownload installer aplikasi dapodik versi 2023.d dan berikut langkah-langkahnya:

1) Download installer aplikasi dapodik versi 2023.d

2) Letakkan di Local Disk: (C)

3) Klik kanan pada aplikasi lalu pilih Run as Administrator

4) Lakukan penginstalan hingga selesai.

5) Setelah selesai menginstal, selanjutnya anda dapat melakukan registrasi ulang baik secara online maupun offline dengan menggunakan prefill dapodik.

Download Patch Aplikasi Dapodik 2023.d disini

Download Installer Aplikasi Dapodik 2023.d disini 

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Cara Pembaruan Dan Cara Instal Dapodik Versi 2023.d Untuk Semester Genap. Rilisnya aplikasi dapodik semester genap tahun 2023 ini menandakan bahwa proses input data setiap satuan pendidikan sudah bisa dilakukan, oleh sebab itu tentu ini menjadi tugas seorang operator sekolah untuk segera mendownload lalu kemudian menginstal aplikasi dapodik terbaru yang akan digunakan dalam menginput data di satuan pendidikan.  

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai informasi rilisnya aplikasi dapodik versi 2023.d ini agar sekiranya dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

8 komentar untuk "PEMBARUAN DAN CARA INSTAL APLIKASI DAPODIK VERSI 2023.d UNTUK SEMESTER GENAP"

  1. Kalau untuk verval ijazah di dapodik 2023 ini gimana ya kak, saya lakukan perbaikan validasi mlah gag bisa bisa ya kak, mohon petunjuknya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mampir ke website ini, untuk verval ijazah terlebih dahulu inputkan ijazah terbaru yang dimiliki melalui PTK DATADIK, kemudian TARIK DATA melalui aplikasi dapodik dan jangan lupa untuk melakukan sinkronisasi.
      adapun proses verval ijazah melalui laman INFO GTK perlu proses yang lumayan cukup lama dan tidak instan berubah.

      Hapus
  2. Data ijazah verval sebelumnya itu sudah benar kak, cuman waktu saya klik perbaikan validasi langsung hilang.saya verval ulang lagi trus tidak bisa bisa kak. Memasukan nama universitasnya selalu muncul the could result not be leaded. Ijazah saya saya cek di sivil dan ppdikikti sudah ada kak. Cuman kendala yaitu kak, kenapa waktu mencari nama perguruan tingginya di info gtk selalu not found ya. Sdh saya refresh chrome nya tapi tetep gag bisa kak ;(

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang terpentign ijazahnya sudah terinput dengan benar pada aplikasi dapodik, untuk verval ijazah di Info GTK lakukan pengecekan secara berkala saja. apalagi untuk Info GTK sudah berakhir periodenya, jadi menunggu updatenya lagi

      Hapus
  3. Kak, apakah saya harus berhubungan ke Dinas pendidikan? Biasanya update info gtk nya peridoe yg baru berapa bulan kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu bu, sebab segala sesuatu yang berhubungan dengan dapodik untuk sekarang ini melalui admin Dinas Pendidikan setempat. untuk update Info GTK biasanya per semester bu (6 bulan) dan untuk semester genap ini masih belum update lagi info GTK nya.

      Hapus
  4. Saya sudah ke admin Dinas Kak, juga tdk ada solusinya. Katanya suruh ngecek secara berkala saja ;(. Sebelumnya terimakasih kak, atas info²nya🙏

    BalasHapus