Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MEKANISME PEMETAAN KOMPETENSI (PK) ONLINE PPKB GPAI TAHUN 2023

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

MEKANISME PEMETAAN KOMPETENSI (PK) ONLINE PPKB GPAI TAHUN 2023


Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Mekanisme Pemetaan Kompetensi (PK) Online PPKB GPAI Tahun 2023

Dilansir dari situs Kemenag RI, tujuan dari Pemetaan Kompetensi (PK) Online Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Pendidikan Agama Islam (PPKB GPAI) adalah sebuah program dari Direktorat Pendidikan Agama Islam Ditjen Pendidikan Islam untuk memetakan kompetensi pedagogik dan profesionalitas guru PAI untuk pengembangan Keprofesian Berkelanjutan pada tahun berjalan.

Adapun sasaran dari PK Online PPKB GPAI ini adalah para guru-guru Pendidikan Agama Islam yang ada disetiap satuan Pendidikan, baik itu satuan Pendidikan swasta maupun negeri. Selain itu, syarat utama yang harus dipenuhi agar dapat mengikuti program ini adalah terdaftar aktif pada website SIAGA PENDIS. Jadi, bagi anda yang belum melakukan pengecekan pada akun SIAGA PENDIS agar segera melakukan pengecekan untuk memastikan terdaftar sebagai salah seorang peserta PK Online PPKB GPAI Tahun 2023.

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementerian Agama Republik Indonesia dengan nomor B-1697/DJ.I/Dt.I.IV/HM.01/04/2023 perihal Pelaksanaan PK Online PPKB GPAI, terdapat beberapa informasi penting diantaranya:

  1. Pelaksanaan PK Online PPKB GPAI diikuti oleh seluruh guru PAI (PNS/PPPK/Non PNS) pada sekolah umum (PAUD/TK, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB/SMK) yang terdata di SIAGA.
  2. PK Online dilaksanakan melalui SIAGA https://www.siagapendis.com.
  3. Mekanisme pelaksanaan PK Online PPKB GPAI terlampir.
  4. Pelaksanaan PK Online PPKB GPAI dilaksanakan pada tanggal 3 s.d. 11 Mei 2023 dan jadwal susulan pada tanggal 15 s.d. 16 Mei 2023. Jadwal terlampir.
  5. Kisi-kisi soal PK Online PPKB GPAI sesuai dengan KMA No. 211 Tahun 2011 tentang Pedoman Pengembangan Standar Nasional Pendidikan Agama Islam pada Sekolah sebagaimana terlampir.
  6. Kanwil Kemenag Provinsi dapat menyampaikan informasi ini ke Kemenag Kabupaten/Kota dan Dinas Pendidikan Provinsi.  

Dengan demikian dapat diketahui bahwa kegiatan PK Online ini dilaksanakan melalui SIAGA PENDIS yang mana untuk pelaksanaannya dimulai dari tanggal 03 s.d 11 Mei 2023. Artinya pelaksanaan PK Online ini sudah berjalan dimulai dari hari ini Kamis, 03 Mei 2023.

Adapun mekanisme dari kegiatan PK Online PPKB GPAI Tahun 2023 ini, yaitu:

  1. Pelaksanaan PK Online serempak berdasarkan zona yang telah ditetapkan.
  2. PK Online terdiri dari 100 soal dengan durasi waktu 180 menit.
  3. Guru PAI secara langsung mengakses akun SIAGA masing-masing dan dapat mengerjakan soal secara online sesuai dengan jadwal.
  4. PK Online dapat dilaksanakan secara terpusat di suatu lokasi yang disepakati oleh FKG/KKG/MGMP PAI bersama pengawas dan Kasi PAI/PAKIS/PENDIS; atau secara mandiri.
  5. FKG/KKG/MGMP PAI, Pengawas dan Kasi PAI/PAKIS/PENDIS melakukan rapat koordinasi untuk menentukan skema pelaksanaan PK Online secara terpusat atau mandiri, kemudian hasil skema tersebut dilaporkan oleh Kasi PAI/PAKIS/PENDIS Kemenag Kabupaten/Kota melalui https://s.id/pkonlineppkbgpaiditpai.
  6. Mempertimbangkan kekuatan sinyal jaringan internet dan kecukupan ruangan (jika terpusat dalam satu lokasi).
  7. Hasil PK online individu bisa langsung dilihat pada akun SIAGA masing-masing.

Download SE PK Onlien PPKB GPAI Tahun 2023 disini 

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Mekanisme Pemetaan Kompetensi (PK) Online PPKB GPAI Tahun 2023. Yang mana PK Online PPKB GPAI ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan keprofesionalitas guru-guru PAI, baik itu yang berada disekolah swasta maupun negeri dari PAUD/TK, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB/SMK. Adapun persyaratan yang harus terpenuhi agar bisa mengikuti kegiatan PK Online ini adalah harus terdata atau terdaftar aktif pada akun SIAGA PENDIS masing-masing Guru PAI.

Bagi anda yang ingin berbagi mengenai Mekanisme Pemetaan Kompetensi (PK) Online PPKB GPAI Tahun 2023 ini agar sekiranya  dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.


Posting Komentar untuk "MEKANISME PEMETAAN KOMPETENSI (PK) ONLINE PPKB GPAI TAHUN 2023"