Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MENDAFTARKAN CALON PESERTA LOMBA OSN JENJANG SD TAHUN 2024

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

CARA MENDAFTARKAN CALON PESERTA LOMBA OSN JENJANG SD TAHUN 2024

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Cara Mendaftarkan Calon Peserta Lomba OSN Jenjang SD Tahun 2024

Masih ada waktu beberapa hari lagi hingga tanggal 03 Maret 2024 untuk mendapaftarkan siswanya menjadi calon peserta lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2024. Salah satu bidang yang menjadi ajang perlombaan OSN tingkat SD tahun 2024 adalah bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Oleh sebab itu, masing-masing satuan pendidikan dapat mengikut sertakan siswanya agar bisa berpartisipasi dalam ajang lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2024 dan untuk SD maka yang bisa di daftarkan menjadi peserta adalah tingkat kelas 4 dan 5 dengan maksimal peserta 5 orang.

Adapun pendaftaran menjadi calon peserta lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) ini dapat dilakukan oleh Operator Sekolah dengan terlebih dahulu berkonsultasi dengan Kepala Sekolah dan juga wali kelas guna memilih siswa yang mampu mengikuti perlombaan ini nantinya. BBerikut cara mendaftarkan siswa menjadi calon peserta lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2024, yaitu:

  1. Kunjungi laman Portal Registrasi Terpadu Ajang Talenta https://daftar-bpti.kemdikbud.go.id/
  2. Pilih menu Masuk Operator Dasar dan Menengah (SSO PDData) dan login dengan menggunakan akun dapodik
  3. Pada tampilan Dasbor akan terlihat tampilan menu 1) Operator, 2) Satuan Pendidikan, 3) Peserta Didik, 4) Pembimbing, 5) Ajang Talenta, dan 6) Pendaftaran.
  4. Selanjutnya silahkan pilih Peserta Didik, lalu pilih menu Tambah Peserta yang ada di pojok kanan atas dengan mengisikan NISN dan tanggal/bulan/tahun lahir siswa yang bersangkutan maka nantinya secara otomatis data siswa yang dimaksud akan ditampilkan dan segera lengkapi data yang kosong agar siswa tersebut dapat ditambahkan.
  5. Setelah seluruh siswa calon peserta lomba OSN berhasil ditambahkan, selanjutnya pilih menu Ajang Talenta dan pilih menu Olimpiade Sains Nasional SD (OSN-SD). Anda dapat mendownload Petunjuk Teknis untuk dipelajari guna sebagai persiapan sebelum mengikuti lomba dan pilih menu Detail untuk mendaftarkan para siswa sebagai calon peserta lomba OSN SD tahun 2024.
  6. Silahkan pilih menu daftar, kemudian cari siswa yang akan diikut sertakan dalam lomba dan Simpan.
  7. Selanjutnya kunjungi laman  https://sd.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/lomba/session/index?jl=osn login dengan menggunakan NPSN dan Kode Pendaftaran Satuan Pendidikan pada Dasbor di point nomor 1 di atas. Hal ini sebagai langkah finalisasi pendaftaran calon peserta lomba OSN SD pada tingkat Kabupaten/Kota. Lengkapi berkas yang diminta seperti Surat Izin Orangtua, Pakta Integritas dan Surat Keterangan Sekolah untuk nantinya di upload sebagai syarat yang harus dipenuhi oleh calon peserta lomba OSN SD tahun 2024.
  8. Langkah terakhir lakukan Genrate atau Sinkronisasi data pada laman di point nomor 6 untuk mendapatkan username dan password login di aplikasi OSN SD. Untuk aplikasi dapat di download pada Play Store handphone dengan mengetik kata kunci OSN SD dan download

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Cara Mendaftarkan Calon Peserta Lomba OSN Jenjang SD Tahun 2024. Yang mana Olimpiade Sains Nasional SD (OSN-SD) ini menjadi ajang talenta untuk peserta didik yang memiliki bakat dibidang sains dan matematika. Ini menjadi kesempatan emas bagi setiap satuan pendidikan untuk mendaftarkan peserta didiknya yang memiliki kemampuan mumpuni untuk bisa mengikuti  perlombaan Olimpiade Sains Nasional SD (OSN-SD) tahun 2024.

Bagi anda yang ingin berbagi informasi mengenai Cara Mendaftarkan Calon Peserta Lomba OSN Jenjang SD Tahun 2024 ini agar sekiranya dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "CARA MENDAFTARKAN CALON PESERTA LOMBA OSN JENJANG SD TAHUN 2024"