Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PKR Model 221

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam pembelajaran kelas rangkap (PKR) sangat diperlukan, sebab melalui RPP ini pembelajaran yang akan disampaikan menjadi lebih terarah.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dapat kita rancang atau buat sendiri dengan menyesuaikan pembelajaran pada kelas rangkap yang akan kita laksanakan, dan contoh RPP yang akan saya tuliskan ini merupakan contoh RPP PKR dengan model 221.

Model 221 memiliki arti bahwa PKR yang dilakukan terdiri dari 2 mata pelajaran 2 tingkat kelas yang berbeda 1 ruangan. jadi, dapat disimpulkan bahwa RPP yang saya tuliskan ini merupakan RPP untuk 2 tingkatan kelas yang berbeda, misalnya antara kelas 3 SD dengan kelas 4 SD atau kelas 5 dengan kelas 6 SD dan seterusnya.

Lalu 2 mata pelajaran berbeda memiliki arti bahwa mata pelajaran yang akan dipelajari dalam PKR itu berbeda, misalnya kita ambil contoh PKR untuk kelas 4 dan kelas 5, untuk kelas 4 mata pelajaran IPA dan untuk kelas 5 mata pelajaran Bahasa Indonesia, nah ini lah yang dimaksud 2 mata pelajaran yang berbeda. lalu untuk 1 ruangan itu berarti 1 ruangan yang dibagi menjadi 2 bagian dalam kegiatan pembelajaran, misalnya disebalah kanan untuk kelas 4 dan sebelah kiri untuk kelas 5 atau sebaliknya.

Begitu juga dengan papan tulis akan diberikan garis pemisah dibagian tengahnya, 1 ruangan ini berlaku jika jumlah siswa tidak terlalubanyak.tapi jika jumlah siswa dalam masing-masing kelas itu sangat banyak, maka seorang guru tetap dapat melakukan kegiatan PKR hanya saja harus mengatur posisinya kapan memberikan materi di kelas 4 dan kapan memberikan materi di kelas 5. dan ini bisa dilakukan oleh guru dengan berada ditengan-tengah kelas, jika suatu kelas tersebut memiliki dinding pemisah dengan sebuah pintu yang dapat dibuka.

Berikut contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PKR Model 221


Download contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PKR Model 221 disini.

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami.

Post a Comment for " Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PKR Model 221"